Header Ads

Strategi SEO Usang yang Sudah Harus Anda Tinggalkan di 2022.

Membuat Blog merupakan sebuah hobby yang menyenangkan bagi semua penulis artikel di internet. Bagaimana tidak jika artikel yang kamu buat mampu dibaca ratusan bahkan ribuan orang setiap harinya.

Belum lagi jika ditambah dengan undangan seminar atau workshop terkait bidang penulisan artikel tersebut. Merupakan sebuah kepuasan pribadi jika apa yang anda kuasai di akui oleh orang lain, apalagi jika diminta secara khusus untuk memberi bimbingan terkait itu.

Namun untuk sampai ke titik tersebut, terkadang penulis harus lumayan bekerja keras sampai namanya dikenal orang. Salah satu caranya adalah dengan membuat blog pribadi yang menjangkau hingga ribuan pembaca. 

Kebutuhan membuat blog menjadi populer sekarang bukan cuma kebutuhan penulis saja, toko online sampai ke perusahaan besar yang sedang membentuk branding pun memerlukan branding di Internet melalui blog mereka masing-masing. Sebut saja Apple, Google, IBM, MAERSK dan masih banyak yang menggunakan blog sebagai alat untuk membentuk branding mereka di Internet.

Hal ini tentu saja dikarenakan Internet menjadi sebuah kebutuhan penting masyarakat Dunia saat ini. Secara data saja pengguna Internet Dunia sudah mencapai 4,5 miliar orang dan terus bertambah (source :internetlivestats). 

Dengan jumlah pengguna sebesar itu merupakan pasar yang sangat besar jika anda ingin dikenal disana atau bahkan berbisnis di Internet. Namun, meskipun dengan potensi pengguna sebesar itu tidak berarti mudah untuk bersaing di Internet. Saat ini saja sudah ada sekitar 1,7 Miliar website baru dan masih terus bertambah.

Akhirnya untuk menentukan mana blog yang terkenal dan yang tidak adalah tergantung dari strategi masing-masing blog. Strategi yang menentukan tingkat persaingan blog inilah yang biasa kita sebut dengan SEO (Search Engine Optimization).


strategi salah dalam SEO
sumber: Alamy Stock Photo

Buat teman-teman yang belum paham apa itu SEO, mungkin ada baiknya membaca artikel saya dulu yang berjudul "Apa itu SEO? dan 4 Aspek Penting dalam SEO"

Ilmu tentang SEO ini sekarang sudah banyak sekali bertebaran di Internet. Dan banyak informasi valid disana tentang cara membuat blog anda populer, namun terkadang juga ada beberapa blog yang kurang update dalam memberikan informasi terkait SEO ini sehingga kadang menjadi informasi yang sudah tidak valid lagi karena tidak di sesuaikan dengan jaman.

Ilmu tentang SEO akan selalu berubah-berubah di sesuaikan dengan algoritma Google yang juga selalu berubah-berubah. Biasanya jadwal perubahan algoritma google dalam 1 tahun ini bisa terjadi 3 sampai 4 kali dalam setahun.

Contoh saja algoritma google terakhir bulan Mei 2022 yang saya bahas di artikel saya yang berjudul "Perubahan Algoritma Google, Ancaman untuk Blog lama yang sudah high rank".

Dikarenakan algoritma google yang berubah-ubah ini lah maka saya akan memberi setidaknya 5 strategi SEO usang yang sebaiknya anda tinggalkan di tahun 2022 ini diantaranya adalah sebagai berkut:

1. Submit URL ke Website Direktori

Di Beberapa tahun lalu, submit ke Website Direktori semacam blogfare merupakan sebuah Strategi SEO wajib bagi para pemilik blog setelah memposting sebuah artikel.
Efeknya pun luar biasa setelah kita submit, kita akan mendapat sampai ribuan backlink dari seluruh penjuru dunia.

Dan saat itu pun blog kita akan bernilai baik dimata google, karena algoritma google yang menilai bahwa popularitas blog kita tinggi disebabkan banyaknya link yang mengarah ke blog kita.

Tetapi kenyataannya berbeda sekarang, justru terbalik blog yang berani mensubmit ke web direktori baru akan di banned oleh google dan akhirnya akan hilang dari pencarian. Karena sekarang web direktori merupakan hal yang dianggap melakukan kegiatan SEO dengan cara yang curang atau spamming.

Berdasarkan data yang saya liat di Blog Moz ada banyak daftar website direktori yang sudah di banned dan di penalti google.

List Web Direktori yang Di Banned Google
Sumber: Moz.com

List Web Direktori yang Di Banned Google
Sumber : Moz.com
Per sekarang saja sudah hampir sekitar 50% website direktori yang ada di Internet sudah di Banned oleh google sehingga hilang dari pencarian. Hal ini kemudian di pertegas lagi dengan perkataan dari Matts Cutts Kepala Bagian Spam Search Google yang mengatakan:

Perkataan Matt Cutts tentang link building
Sumber: ReadWrite.com
dari data-data diatas, sudah jelas bahwa di tahun 2022 strategi SEO yang melibatkan web direktori dianggap sebagai spamming dan berpotensi di banned oleh google.


2. Jual Beli Link di Artikel

Yang dimaksud dari jual beli links adalah si penjual link menyediakan artikel yang ada dalam blog nya, untuk disisipi url dari pembeli link di dalam kata atau kalimat dalam artikel.
misal: dalam kalimat "tips artikel tentang blogging" kemudian saya sisipi di kata blogging artikel yang menuju blog saya. (cuba arahkan kursor ke kata blogging).

Di sebagian blog masih ada yang menjual link-link semacam ini, dan masih juga ada yang membeli link-link semacam ini. Strategi SEO yang sesuai pada jamannya namun berbeda dengan sekarang.

Jual beli link merupakan tindakan yang sangat beresiko bagi blog anda. Mungkin secara kasat mata akan susah untuk diketahui apakah blog terlibat dalam jual beli link apa tidak. Tapi percayalah Google punya cara untuk mengetahui tindakan tidak wajar apa yang terjadi dalam proses Jual Beli links tersebut.

Google pun sudah dengan tegas mengatakan bahwa jual beli link merupakan sesuatu yang dianggap curang dalam proses building backlink.

Jual Beli Link praktek SEO yang salah
sumber: Readwrite.com
Sebenarnya terkait jual beli links ini sudah pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya yang berjudul "Praktek SEO yang menurunkan peringkat di Google , Jual Beli Links"

Jadi sudah jelas bahwa praktik ini merupakan sebuah tindakan ilegal dalam usaha untuk menaikkan popularitas blog di mata google search.

3. Private Blog Network atau biasa kita sebut PBN.

PBN adalah sebuah praktek atau saya katakan Strategi SEO dimana si pemilik blog memiliki blog-blog lain yang mengarah ke pada blog Utama. Tujuannya adalah semakin banyak backlink yang mengarah ke Blog Utama akan meningkatkan peringkat blog utama di mesin pencarian google.

Karena kata kuncinya adalah backlink, jadi dahulu pada saat algoritma google belum secanggih sekarang orang-orang berlomba-lomba membuat backlink dengan segala macam cara.

Untuk skemanya kira-kira seperti ini

skema PBN SEO
sumber: quora id

Skema seperti ini sudah sangat jelas melanggar peraturan dari google seperti yang tertulis sbb:

sumber: SearchEngineland.com


4. Tukar Menukar Link atau biasanya kita sebut Link Exchange

Salah satu Strategi SEO dengan menerapkan praktek seperti ini sudah lama sekali di lakukan, bagi blogger-blogger lama hal seperti ini pasti sering terdengar atau minimal pasti pernah mendengar tentang praktek ini.

Praktek ini seperti jual beli link, hanya saja ini versi gratis nya. Dua pemilik blogger saling bertukar link untuk disisipi link milik blogger satunya. Saya menanam link ke arah blog mu, dan kamu menanam link yang mengarah ke blog saya.

Hal ini juga di anggap google sebagai cara mengakali google untuk meraih peringkat baik di mesin pencarian. Dan google sudah menetapkan cara ini sebagai tindakan Ilegal dan akan mempengaruhi hasil pencarian blog tersebut di google search.

Praktek Tukar menukar Link di larang
sumber: Google guidelines
5. Komentar Spam di kolom Komentar Blog

Berkomentar di blog masih sering di lakukan oleh pemilik-pemilik blog pada saat melakukan blogwalking. Menurut aturan google melakukan blog commenting sama sekali tidak melanggar aturan google.

komentar spam di blog
sumber: Shiq4.wordpress.com


Malah sebenarnya memberi komentar di Blog akan membuat kita menjalin interaksi dengan blogger lain sehingga membuat blog kita dikenal dan bisa saja pengunjung lain yang membaca komentar kita akan tertarik mengunjungi blog Anda karena komentar kita yang menarik.

Namun, jika tujuan kita memberi komentar di blog dengan tujuan membangun backlink maka saya rasa anda salah menentukan strategi SEO anda. Hal ini dikarenakan sudah lama google tidak membaca link yang tertanam di komentar blog backlink.

Hal ini di lakukan google dikarenakan kolom komentar dijadikan sarana untuk menyebar spam.
Semenjak itu akhirnya banyak kolom komentar yang ada di blog merupakan link no follow, artinya link yang bagi google tidak ada artinya karena tidak dihitung sebagai faktor penunjang popularitas suatu blog.

Alasan mengapa google tidak menghitung komentar spam tersebut sebagai berikut:

- Spam komentar dapat mengganggu penilaian kualitas konten artikel yang dibuat pemilik blog.
- Spam komentar merusak reputasi artikel yang sebenarnya bagus di mata pembaca.
- Spam komentar kadang menanamkan link yang tidak jelas arahnya sehingga berpengaruh negatif pada pembaca yang mengunjungi artikel.

Itulah alasan mengapa sekarang jika tujuan anda membuat komentar blog untuk membangun backlink maka anda salah sasaran, karena google sudah tidak menghitung itu lagi. Kecuali jika tujuan untuk membuat sarana silahturahmi maka ini praktek yang sah-sah saja.

6. Panjang Konten yang terlalu banyak

Menulis konten dengan panjang lebih dari 1000 kata sepertinya merupakan langkah SEO yang bagus, namun terkadang menulis dengan jumlah kata yang terlalu banyak akan menurunkan minat baca pembaca blog anda, apalagi jika kesannya terlalu di paksakan. Di pastikan pengunjung akan merasa bosan dan meninggalkan blog anda.

Daripada berpatokan pada panjang konten , lebih baik ada fokus kepada informasi yang diberikan dalam konten. Sehingga pembaca dapat memperoleh poin-poin penting yang ingin anda sampaikan tanpa bertele-tele. Sebaliknya jika anda merasa sebuah hal yang bisa di jelaskan dengan 750 kata namun menurut anda bisa menambahkan informasi tambahan lainnya menjadi 1000 kata itu juga baik.
Intinya jangan berpatokan dari jumlah panjang konten, namun berusahalah memberikan informasi yang dibutuhkan pembaca.

Kesimpulan:

Dalam artikel diatas akhirnya kita sampai pada kesimpulan bahwa strategi SEO yang tepat akan selalu berubah-ubah mengikuti algoritma google yang selalu berubah dari masa ke masa. Hal ini memang sengaja di lakukan google uuntuk mencegah praktek-praktek buruk untuk mengakali algoritma google dalam rangka meraih hasil pencarian teratas di mesin pencari.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.