Header Ads

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, dan raih Pendapatan Maksimal Anda

Apakah anda lelah dengan pekerjaan anda sekarang? Atau anda bosan dengan rutinitas yang itu-itu saja? Mungkin anda ingin mencoba sebuah tantangan baru dalam memperoleh penghasilan.

Mendapat Uang dari blog mungkin bisa menjadi salah satu pilihan metode bisnis yang paling moncerr saat ini. Mengapa saya katakan demikian. Hari ini jutaan orang mencari seluruh hal yang mereka inginkan melalui internet dan artinya banyak peluang yang bisa ditemukan disana.



Jadi tunggu apalagi, mulailah membangun karir anda disana sembari bekerja di dunia nyata. Tokh menjadi Blogger tidak akan menyita banyak waktu anda.

Sebenarnya ada banyak keuntungan yang dapat diperoleh dari Menjadi Blogger diantaranya sbb:

Waktu dan Lokasi yang bebas anda tentukan sendiri

Menjadi blogger atau pebisnis online anda memiliki waktu yang bebas. Tidak perlu bangun pagi-pagi unuk mengejar jam masuk kantor, atau begadang hanya untuk mengejar deadline pekerjaan. Anda bebas menentukan bangun jam berapa dan bekerja dimana saja.

Anda bisa membawa laptop ke Starbuck terdekat, pesan segelas kopi dan membuat artikel, sesimple itu. Dan potensi penghasilannya bisa hampir sama dengan gaji yang anda dapat atau bahkan lebih.

Pekerjaan yang serba terotomasi.

Jika anda menjadi seorang blogger, anda tidak butuh melakukan pengepakkan barang, sampai pada proses pengiriman, hanya tinggal mensubmit link produk baru dalam website dan biarkan pengunjung website memilih produk yang diinginkan dengan mengklik link produk di artikel

Selanjutnya jika ada pembelian biar pemilik barang yang mengatur pengepakan sampai pada pengiriman barang ke alamat pembeli.

Itulah beberapa keuntungan bekerja secara online, menarik bukan. Jadi tinggal tunggu apalagi. Jangan jadikan diri anda penonton, sementara calon blogger lainnya sudah mulai banyak dan berkembang.

Menjadi blogger bagi sebagian orang adalah sebuah hobi yang menyenangkan. Melalui Blog tulisan anda berpotensi dibaca hingga ribuan orang per harinya. Sungguh sebuah hal yang menyenangkan bagi seorang penulis .

Tapi disamping itu ternyata blog juga merupakan hobi yang bisa menghasilkan uang. Banyak contoh blogger di Indonesia yang menjadi kan blog sebagai tempat mereka memanen pendapatan dari hasil menulis artikel.

Berdasarkan data jumlah blogger di Indonesia pada tahun 2015 tercatat hanya sekitar 3,5% dari jumlah pengguna Internet di Indonesia sekitar 88,1 juta pengguna. Artinya potensi penghasilan masih besar karena perbandingan pemilik blog dan pembaca yang masih terlalu jauh.

Sebagai gambaran, untuk penghasilan rata-rata blogger Indonesia (sumber: Tirto), adalah sekitar 5-7 juta rupiah. Penghasilan di dapat dari Adsense, Link Afiliasi , sponsored post dll.

Sebagai contoh seorang ibu muda pemilik blog www.ameliasubarkah.net mendapatkan sekitar 5 juta dari penghasilannya sebagai seorang blogger. Tetapi angka ini belum termasuk dengan pendapatan yang dia peroleh dari aktivitas buzzer dan lomba-lomba skala nasional.

Belum lagi dengan blog milik Elisa Koorag yang mengaku bisa meraup antara 7,5 - 15 juta per bulannya ini luar produk dan voucher. Jadi sebenarnya peluang dengan menjadi Blogger cukup menjanjikan.

Berikut beberapa cara mendapatkan uang dari blog yang anda punya:

1. Melalui Iklan CPC atau CPM

Salah satu pilihan paling umum yang biasanya di pilih oleh blogger untuk menghasilkan uang dari blog pribadinya.

- CPC/PCC ads : Konsep iklan di mana anda memasang banner di blog, dan akan dibayar jika ada pengunjung blog anda yang mengklik banner tersebut.

- CPM ads: Konsep iklan dimana anda akan dibayar per 1000 view, untuk harga berbeda-beda tergantung negara dan niche blog. Jadi semakin banyak pengunjung blog anda, maka kemungkinan pendapatan dari iklan ini pun semakin besar.

Nah, dari kedua konsep iklan tersebut kebanyakan pemilik blog paling akrab dengan yang namanya google adsense. Google adsense membantu anda untuk mempertemukan anda dengan pengiklan tanpa harus kita sebagai blogger yang sibuk mencari nya.

Kita hanya diberikan script yang tinggal kita pasang di blog kita, dan biarkan google yang menentukan iklan apa yang pas dan cocok dengan tema blog.

Selain google adsense ada juga penyedia iklan lain seperti chitika, infolinks dan medianet serta masih banyak lagi.

2. Menjual Iklan Pribadi

Biasanya untuk blog yang sudah memiliki traffik yang tinggi si pengiklan akan langsung menhubungi pemilik blog tanpa melalui perantara seperti google ads.

Selain iklan CPC dan CPM, anda bisa menjual slot iklan pribadi yang langsun berhubungan dengan pemilik produk yang mau diiklankan.

Model iklan bisa di lakukan menggunakan link, banner atau artikel sponsor yang khusus disediakan untuk pengiklan, harganya pun bervariasi tergantung kesepakatan.

Keuntungan menggunakan konsep iklan seperti ini adalah anda bebas menentukan rate harga iklan sendiri tanpa harus mengikuti rate dari penyedia iklan.

3. Link afiliasi

Sebelumnya jika anda belum tau apa itu afiliasi, lebih baik anda baca dulu artikel saya sebelumnya yang berjudul "Apa itu Bisnis Afiliasi dan Bagaimana cara menjadi Afiliate Marketer yang sukses"

Afiliasi merupakan salah satu tool yang bagus juga untuk menghasilkan uang melalui blog, konsepnya sebagai berikut

- Si Pengiklan memiliki produk yang mau mereka jual, dan dia setuju untuk memberikan fee setiap kali ada penjualan produk mereka yang melalui blog kita.
- Pengiklan memberikan kita unik link yang berfungsi mentracking apakah pembeli tersebut berasal dari blog kita apa bukan.
- Pemilik blog memanfaatkan link unik tersebut yang bisa berupa link, atau banner. Dan seandainya ada pembeli yang melakukan pembelian melalui link atau banner tersebut, pemilik blog mendapatkan komisi penjualan.

Nah biasanya beberapa blogger bekerja sama dengan e-commerce besar seperti Lazada, Berybenka, Zalora yang menyediakan platform afiliasi tersebut.

4. Menjual produk digital.

Kalau anda tidak menginginkan ada iklan dalam blog anda, anda masih bisa menghasilkan uang melalui menjual produk digital.

Produk digital yang dimaksud dapat berupa
- ebook
- Lagu
- Seminar Online
- Plugin
- Tema Blog

Apa saja yang bisa anda buat dan berguna untuk pembeli anda. Tapi tentunya yang anda jual harus memperhatikan keoriginalan produk serta hak cipta

5. Jual Membership VIP

Buat halaman dalam blog yang berisi tutorial lengkap, namun terbatas hanya untuk keanggotaan yang berbayar. Informasi yang dijual pun harus berisi informasi secara lengkap dan original serta eksklusif.

Setiap pengunjung yang ingin mendapat kan informasi tersebut harus membayar keanggotaan untuk mengaksesnya.

Untuk membuka sistem seperti ini, anda harus memiliki basis audiens yang kuat terlebih dahulu dan sudah harus memiliki branding terhadap suatu tema.


Penutup:

Demikian 5 cara paling umum yang biasa digunakan blogger sebagai cara mendapatkan uang dari blog mereka masing masing. Sebenarnya ada banyak cara mendapat uang dari blog, namun setiap blogger memiliki cara-cara yang berbeda-beda tergantung kondisi dan tema blog.

Setelah membaca artikel ini tentang 5 cara mendapatkan uang dari blog di atas, mungkin ini saat nya anda harus memulai karir menjadi blogger tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama anda.

Lakukan kegiatan blog dengan santai sampai blog anda mulai menghasilkan.






Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.