Header Ads

Apakah Guest Post Merupakan Hal Yang Masih Relevan dalam Mencari Backlink di 2020 ini?

Guest post adalah artikel yang di tulis oleh seorang blogger yang nantinya akan diterbitkan di blog orang lain. Tentunya dengan persetujuan si empunya blog terlebih dahulu.

Konsep Guest post sebenarnya adalah sederhana, dimana anda membuat sebuah artikel yang berkualitas dan dipasang di blog , keuntungan bagi si pemilik blog adalah mendapatkan artikel menarik yang mampu mengundang banyak pembaca. Sedangkan keuntungan bagi si pembuat artikel adalah diberikan link menuju blog nya.

guest post
Menjadi Guest Post (sumber: Rangkaian.co.id)


Hal ini menjadi seperti win-win solution antara pemilik blog dan pembuat artikel, dimana pemilik blog bisa menambah artikel yang terindeks di google dan si penulis bisa diberikan link yang membantu kenaikan nilai popularitas blog penulis sendiri.

Bagi penulis, sebenarnya masih menjadi pertanyaan apakah sebenarnya guest post ini masih menjadi hal relevan di tengah algoritma google yang terus berubah.

Sebelum kita menarik kesimpulan alangkah baiknya kita coba jabarkan beberapa hal yang dapat menjadikan guest post sebagai hal yang menguntungkan.

Mendapat Traffik Berkualitas

membuat guest post pada sebuah blog, apalagi blog yang memiliki satu tema (niche) yang sama dengan kita tentu akan membuat artikel yang kita buat akan dibaca oleh pengunjung yang memiliki minat yang sama.

Jika kita menulis di blog yang sudah nilai popularitas tinggi sudah tentu kita akan mendapat sedikit limpahan dari traffik pengunjung blog tersebut, dan disini dapat saya katakan sebagai traffik yang berkualitas.

Artinya adalah traffik dari pengunjung yang memang benar-benar ingin menggali informasi dari tautan yang mereka klik dari artikel guest post yang kita tulis, bukan pengunjung yang tidak sengaja masuk ke blog Anda karena clickbait.

Atau pengunjung yang datang ke blog Anda hanya untuk memasang link di komentar blog.

Meningkatkan popularitas blog di mata Google.

Semakin banyak traffik yang datang dari guest post maka blog anda akan semakin dikenal. Belum lagi jika dari artikel tersebut dinilai bagus dan di share ke berbagai media sosial maka sudah tentu potensi traffik yang datang akan semakin besar.

Semakin besarnya traffik yang datang maka kemungkinan untuk memperoleh eksposure blog anda ke mesin pencari semakin besar. Dan semakin banyak pembaca yang suka dengan blog anda dan rutin mengunjungi blog untuk mencari informasi maka akan meningkatkan domain authority.

Dapat dipastikan semakin populer blog dan semakin tinggi nilai Domain Authority (DA) maka akan meningkatkan posisi ranking di Search Engine.

Membangun Pengaruh Anda di dunia Online

Mungkin anda mengenal beberapa blogger-blogger besar seperti Neil Patel (versi internasional) atau Mas Sugeng, Mas Timon, Mas Luky yang punya pengaruh di dunia blogging Indonesia.

Pengaruh yang besar itu dikarenakan artikel-artikel mereka yang berkualitas dan teruji. Ini yang membuat banyak blogger yang mencoba mencari informasi terkait dunia blogging ke blog mereka.

Sama seperti halnya guest post, semakin bagus artikel anda dan semakin lengkap bahasan anda tentang sesuatu akan membuat anda dikenal oleh banyak orang sebagai panutan atau role model mereka. Tempat dimana mereka harus bertanya tentang suatu hal yang sebelumnya mereka tidak tau.

Semakin banyak guest post yang buat di blog-blog yang memiliki popularitas tinggi akan membuat anda dikenal sebagai orang yang kompeten untuk membahas suatu topik.

Tapi jika anda ingin punya pengaruh seperti ini, anda benar-benar harus mendalami hal yang menjadi bagian anda. Selalu update dengan informasi-informasi terupdate. Buat artikel-artikel guest post secara berkualitas, maka tinggal tunggu waktunya sampai nama anda menjadi terkenal dan yang pasti meningkatkan traffik ke blog anda sendiri.



Apakah Guest post masih menjadi pilihan tepat untuk membangun link building.

Setelah kita bahas tentang beberapa keuntungan yang dapat diambil dari guest post , maka berikut beberapa hal yang membuat saya sedikit berpikir apakah guest post masih relevan dalam membangun blog masa kini.

guest post
sumber: Neil Patel


Dari beberapa sumber yang saya baca dari blog luar negeri, beberapa mengatakan bahwa Guest Post bukan lah sarana yang baik lagi untuk meningkatkan nilai SEO Blog.

Guest Post dan Link Building melalui komentar merupakan strategi SEO yang sudah kuno atau dikatakan tidak zaman lagi. Tetapi jika tujuan anda membuat guest post untuk membangun popularitas dan influence sesuai dengan apa yang saya tulis diatas, maka hal tersebut masih sangat relevan.

Kesimpulan saya sampai disini adalah, guest post merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan beberapa poin yang saya rangkum seperti berikut

1. Guest Post adalah sarana untuk membangun hubungan antar website, menjalin tali silahturahmi antar pemilik blog.

2. Guest Post tidak bisa dijadikan sarana untuk membangun link bulding lagi seperti tahun 2017 dulu. Beberapa petinggi Google pun menyatakan jika target anda adalah menaikkan SEO maka guest post bukan solusinya.

3. Guest Post mampu menaikkan popularitas anda dan blog anda di mesin pencari, namun dengan syarat tulisan-tulisan anda harus benar-benar berkualitas dan teruji serta menjawab pertanyaan pengunjung blog.


Blog Indonesia yang menerima Guest Post 

Di Indonesia, masih banyak sekali blog yang masih menerima guest post, diantaranya sbb:

1. https://ngetik.id/penulis-tamu/
2. https://www.febriyanlukito.com/menjadi-guest-post/
3. https://www.divedirektori.biz.id/2019/10/menerima-guest-post.html
4. https://www.marahmerah.com/guest/

Sebenarnya masih banyak lagi, tinggal ketikkan keyword di google search "menerima guest post", maka nanti akan muncul banyak blog serta website yang menerima guest post.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.