Header Ads

5 Cara Membuat Artikel Pendek dan Menarik

Beberapa tulisan saya di Tipsblogindonesia.xyz memiliki artikel dengan jumlah kata yang tidak lebih dari 500 karakter. Biasanya karena mungkin sedang jenuh, atau harus buru-buru karena ada pekerjaan lain yang menunggu.

Kadang pula menulis pendek merupakan solusi yang mudah pada saat kita menghadapi writer's block. Dimana ide untuk menulis panjang sama sekali tidak ada, namun anda ingin sekali menambahkan artikel dalam blog yang anda punya.

artikel pendek dan menarik
Menulis artikel pendek (sumber:The balance Career)


Tapi sebenarnya menulis pendek juga memiliki beberapa keuntungan tersendiri dibanding menulis panjang.

Beberapa keuntungan menulis artikel pendek yaitu:


  • Mencegah kita untuk terlalu jauh dalam kejenuhan menulis,tetap jaga mood anda untuk blog.


  •  Menulis pendek dapat membuat pembaca langsung kepada inti masalah, dan loncat ke halaman lain dalam blog anda. Sehingga menambah pageviews.


  • Menulis pendek tidak terlalu membuat anda capek pada saat menyunting atau edit kata-kata yang tidak penting.


Artikel pendek (sumber : APKpure.com)


Tapi meskipun artikel pendek, kita harus tetap membuatnya semenarik mungkin untuk pembaca.
Analoginya seperti ini

Buat Artikel pendek dan menarik, maka pembaca dan pembuat artikel merasa puas dengan apa yang dibaca, dan tentunya blog Anda akan mendapat perhatian lebih.

Buat Artiel pendek tapi tidak menarik, artinya isi dari konten artikel anda tidak informatif atau berisi bahasa yang membingungkan. Tentunya ini akan mengecewakan pembaca anda sehingga bounce rate anda menjadi tinggi dan akhirnya buruk di mata google.


penulis artikel
Penulis Artikel (sumber: Constant Content)


Berikut beberapa cara untuk membuat artikel pendek dan menarik:

Jangan lebih dari 400-500 kata.

Gunakan tool penghitung kata, tetap fokus untuk jumlah kata tersebut dan jangan melebihi apa yang sudah di rencanakan.

Tetap Fokus pada Ide Artikel

Menulis pendek mengharuskan kita untuk tetap fokus pada inti masalah yang mau kita bahas, jangan keluar dari batas-batas tersebut.

Anggaplah artikel anda sebagai makanan pembuka, dan blog anda sebagai hidangan Utama

Tentu pada saat ingin menulis artikel anda ingin membuat pembaca anda puas dengan informasi yang mereka dapat. Jadi, tulislah semua yang anda tau di dalam artikel tersebut. Jangan ada yang disimpan, jika pembaca anda merasa mendapat informasi lengkap dalam satu artikel anda, maka tentu dia akan mencari informasi lagi dari artikel anda yang lain.

Edit dan Buang kata-kata yang tidak penting.

Perhatikan kata-kata anda dengan seksama dalam artikel pendek tersebut. Buang kata-kata yang bisa dibuang, jangan terlalu banyak menggunakan kata-kata yang tidak penting untuk menyampaikan ide.

Pastikan anda punya daging dalam isi artikel.

Maksud saya, daging itu adalah ide dan poin-poin yang jelas yang disampaikan dalam artikel. Jangan membuang waktu pembaca anda untuk membaca artikel yang hanya berisi kulit-kulit saja. Straight to the poin dan ke intinya.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.