Header Ads

Apa itu SEO? berikut definisi dan 4 aspek paling penting dari SEO

Definisi SEO

SEO merupakan kependekan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan sebuah proses meningkatkan jumlah pengunjung ke sebuah website dengan memastikan website tersebut menduduki peringkat yang baik di mesin pencari seperti google search, bing, yahoo dll.

Search Engine Optimation

Proses SEO ini nantinya akan melibatkan sejumlah strategi, teknik dan taktik untuk meningkatkan ranking website agar mendapat peringkat baik di mesin pencari.

Dengan peringkat web yang baik maka akan meningkatkan jumlah traffik pengunjung yang mampir di website/blog anda.

Berdasarkan traffik tersebut akan saya jelaskan 3 hal penting terkait traffik SEO

1. Kualitas traffik 

Kualitas traffik merupakan penilaian untuk setiap traffik yang masuk ke website anda melalui hasil pencarian. Kualitas traffik dikatakan jelek jika pengunjung yang datang ke website anda tidak menemukan apa yang dia cari.

Sebagai contoh, jika website anda menjual jam tangan rolex sedangkan pengunjung website anda memasukkan keyword Casio dari google. Artinya pengunjung yang datang bukanlah pengunjung yang benar-benar ingin datang ke website anda.

Biasanya hal ini terjadi karena adanya clickbait, judul artikel yang tidak sesuai dengan apa yang ada dalam konten artikel website. Apa itu clickbait silahkan baca di artikel saya ini.

2. Kuantitas Traffik

Kuantitas merupakan berapa banyak traffik yang masuk ke website anda. Hal ini erat kaitannya dengan hasil pencarian yang menempati halaman pertama google, atau tambahan traffik dari referensi situs lain seperti facebook, forum atau dari blog commenting.

Semakin tinggi traffik yang anda dapat maka akan semakin populer website anda di mata google. Ini salah satu faktor penilaian yang penting. Tapi jangan mencoba-coba untuk membeli traffik dari luar, google akan dengan sangat mudah mengetahui ini dan tidak segan-segan menghilangkan anda dari hasil pencarian.

3. Hasil Pencarian Organic

Traffik dari hasil pencarian organic adalah traffic yang paling dicari-cari pemilik website. Anda akan semakin banyak dilihat oleh pengunjung website karena web yang anda punya muncul di peringkat atas hasil pencarian google. Untuk meningkatkan hal ini maka diperlukan yang nama nya SEO.


Bagaimana SEO Bekerja

Mungkin dalam keseharian anda sekarang ini tidak lepas dari keajaiban google dan mesin pencari lain. Misalkan pada saat anda ingin mencari HP, anda tinggal memasukkan model HP dan Merk nya saja ke dalam google search dan tidak perlu menunggu lama keluar list HP lengkap dengan spesifikasi dan harga nya yang di dapat dari semua toko online yang ada di Internet.

Pernahkan anda berpikir bagaimana google bisa melakukan itu?, Google bekerja dengan menggunakan crawler, sebuah robot yang akan merayapi seluruh website yang ada di Internet. Dari sini google robot tersebut akan mengumpulkan informasi terkait isi dari website tersebut.

Google akan membagi berdasarkan niche (bidang), fungsi, jenis dan lain sebagainya dari setiap website yang dia kunjungi. Sehingga nantinya pengguna akan dengan mudah mencari apa yang mereka butuhkan di internet.

Dari data yang di kumpulkan google robot tersebut, google akan memberi rating pada setiap website berdasarkan pada kualitas website tersebut, semakin tinggi rating yang anda peroleh maka makin besar kemungkinan website anda muncul di halaman pertama pencarian google. Ini lah yang kita nama kan SEO secara praktis.

Berikut untuk contoh gambarnya

contoh hasil pencarian google
Contoh hasil pencarian (sumber:Komunitas Pakar Online)

Untuk hasil yang ada logo ads, artinya link tersebut muncul di pencarian karena membayar untuk iklan di google. Sedangkan yang muncul dibawahnya adalah link website yang muncul karena pencarian organik yang di tentukan kualitas SEO masing-masing website.

Aspek Penting dalam Penilaian SEO

Setelah membaca keterangan di atas, sekarang saya akan menggambarkan tentang definisi SEO melalui sebuah gambar piramid yang akan membagi SEO berdasarkan 4 aspek yang memiliki pengaruh terbesar dalam posisi website anda di mesin pencari. 4 Aspek tersebut akan di susun berdasarkan aspek paling penting di dasar piramid.

Pengertian SEO dan 4 aspek terpenting dalam SEO

Berikut adalah penjelasan dari gambar diatas:

Konten dan desain 
Pastikan website anda memiliki konten atau artikel yang berkualitas dan didukung oleh desain web yang menarik serta navigasi yang mudah. Hal ini dikarenakan algoritma google terbaru yang menilai sebuah website agar layak masuk di peringkat tertinggi google dengan memperhitungkan tingkat bounce rate, waktu rata-rata seorang pengunjung di website anda, dan kecepatan loading website.

Keyword (Kata kunci)
Salah satu cara untuk mendapat peringkat di google adalah dengan mencocokkan kata kunci. Sebelum anda menulis pastikan judul yang anda tulis sesuai dengan apa yang di cari kebanyakan orang di Internet dan kata-kata yang mereka masukkan ke dalam pencarian. Optimalkan artikel anda dengan memastikan kata kunci muncul di judul, meta deskripsi, isi artikel, gambar atau mungkin video jika anda memilikinya dalam sebuah artikel.

Links 
Semakin banyak link berkualitas yang mengarah ke website anda akan semakin meningkatkan popularitas web di mata google. Google terkenal karena algoritma ini. Bangunlah link anda dengan cara yang baik. Lakukan lah guest posting, berkomentar di blog-blog lain. Jangan melakukan jual beli link karena itu dianggap ilegal dan sanksi yang berat apalagi jika anda melakukan spamming.

Sosial Media
Dalam beberapa tahun terakhir, google mulai memperhitungkan sosial media sebagai penilai popularitas sebuah website. Ini termasuk tombol like, comment, retwit, shares yang biasanya ada di perangkat sosial media seperti facebook, twitter, instagram, pinterest dll. Jadi manfaat kan sosial media sebagai salah satu strategi anda untuk meningkatkan popularitas website.

Demikian pengertian SEO dan 4 aspek terpentingnya. Semoga bermanfaat untuk anda. Keep posting dan Happy Blogging @Ifex_xavier

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.