Header Ads

Jangan Cuma Riset Keyword, Optimalkan Konten untuk Penuhi Keinginan Pembaca

Hari ini banyak sekali kita temukan ratusan bahkan ribuan artikel di Internet yang membahas tentang bagaimana melakukan riset keyword dengan benar sebagai strategi SEO terbaik untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke blog.

Sebut saja blog-blog besar seperti blog nya Mas Sugeng, Febrian Lukito dan Blog Panduanim membahas mengenai riset keyword ini secara detail. Dan ribuan orang sudah mempraktikkan apa yang sudah di ajarkan master-master di bidang tips dan tutorial blogging di Indonesia ini.

riset keyword
(sumber: pixabay)


Sebagai seorang blogger memang kita di wajibkan untuk melakukan riset keyword sebelum kita membuat artikel, hal ini berfungsi agar apa yang kita tulis berpotensi dibaca pengunjung yang memasukkan keyword melalui mesin pencari. Dan hasilnya pun tidak main-main, dari hasil riset keyword yang jitu kita bisa memperoleh banyak traffik dari hasil pencarian organik google search.

Namun sebagai seorang blogger kita juga memiliki tanggung jawab lain, yaitu memberikan artikel yang informatif kepada pembaca kita. Bukan melulu sebuah artikel yang memiliki keyword dengan pencarian ribuan setiap bulannya. Oleh karena itu saya katakan pada judul artikel ini jangan terpaku pada riset keyword.

ketahui keinginan pembaca
(sumber: digifish.agency)


Saya tidak bilang riset keyword tidak penting, hanya saja untuk membuat artikel jangan selalu terpaku pada proses riset keyword. Alhasil artikel anda hanya akan membahas hal-hal populer saja.
Ada sebagian informasi di luaran sana yang dicari sedikit orang namun akan sangat berarti jika mereka membacanya.

Jika anda melakukannya, saya percaya blog anda akan memiliki banyak pembaca loyal yang rutin mengunjungi blog anda hanya untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Dan tenang, promosi akan terjadi melalui tombol share it ke sosial media mereka jika mereka mengganggap artikel anda menarik.

Umumnya pembaca menyukai blog dengan beberapa syarat berikut:

  • Menjawab pertanyaan pembaca secara simple dan jelas
  • Memiliki konten yang kreatif dan unik dengan sedikit kesalahan tata bahasa dalam penulisannya.
  • Informasi dan fakta yang relevan dengan apa yang pembaca ingin ketahui.
Dan pembaca juga menyukai artikel yang:
  • Fresh
  • Menghibur
  • Memainkan perasaan pembaca
  • Artikel yang pantas untuk di share ke orang terdekat mereka
  • Unik
Nah, sekarang tinggal bagaimana caranya kita mengetahui apa yang pembaca kita mau. Karena disinilah poin nya sebagai seorang blogger kita mampu mengetahui apa yang diinginkan pembaca kita, bukan sekedar melakukan riset keyword dan publish. Buatlah hubungan yang intens dan personal dengan pembaca anda.

Berikut beberapa cara untuk mengetahui apa yang pembaca anda inginkan.

1. Cari tau apa yang pembaca anda inginkan.

Buat pooling di blog anda untuk memberikan pilihan tentang informasi apa yang mereka inginkan. Apakah informasi video, artikel atau grafik. Temukan ini dan buat seperti apa yang mereka mau.

2. Cari tau melalui pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul di Internet.

Biasanya di website-website seperti yahoo answer, google support, quora, medium, kaskus dan masih banyak lagi website di luaran sana yang banyak kita temukan pertanyaan-pertanyaan seputar apa saja.
Ambil satu pertanyaan disana yang diminati banyak pembaca dan bahas lah secara detail mengenai hal tersebut di blog anda.

3. Perhatikan kolom komentar blog dan terlibatlah disana.

Di Beberapa blog saya sering kali melihat pemilik blog yang mematikan tombol komentar mereka. Terlepas dari alasan apapun, sebenarnya sayang kalau mereka tidak memasang kolom komentar. Karena dari sini lah pemilik blog dan pengunjung bisa saling berinteraksi dan membangun hubungan yang intent.

Pemilik blog pun akhirnya bisa mengetahui apa yang pembacanya inginkan dan pembaca pun terpuaskan rasa ingin tahunya mengenai sebuah artikel.

4. Perhatikan data demografik di google analytic.

Melalui google analytic kita bisa melihat demografik dari pengunjung anda. Mulai dari jenis kelamin, umur, suku bangsa, lokasi dll. Sesuaikan artikel anda dengan data demografik yang tersaji dari google analytic.

Sebagai contoh jika pembaca anda kebanyakan dari umur 25-40 akan sangat potensial untuk membahas hal-hal yang sifatnya kekinian. Seperti lifestyle, gaya hidup dll.

5. Perhatikan kualitas dari Konten/Artikel anda.

Bagaimana ciri sebuah konten berkualitas? artikel berkualitas adalah konten yang berisi dengan hal-hal yang mampu menjawab pertanyaan pembaca secara jelas dan tanpa bertele-tele. Bukan artikel yang hanya di penuhi keyword untuk mengakali mesin pencari tetapi artikel yang mampu menjawab pertanyaan pembaca untuk suatu hal yang ingin di ketahuinya.

Hindari juga typo dalam menulis, oleh karena itu penting sekali untuk membaca ulang artikel yang di tulis sebelum di publish di blog. Semakin banyak typo dalam penulisan, maka kredibilitas dari sebuah artikel tersebut di pertanyakan karena seakan-akan dibuat hanya untuk mengejar kuota artikel saja.

Kesimpulan:

Alhasil jika anda mulai mengadopsi tips ini , menggabungkan antara riset keyword dengan kebutuhan pembaca maka saya percaya blog anda akan dikenal banyak orang dan memiliki pembaca-pembaca yang setia menunggu updatean artikel blog anda.

Jadi tunggu apalagi, kombinasikan teknik ini dan buatlah blog anda semakin populer.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.