Header Ads

6 Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Penjualan UKM di masa Pandemi

Jaman ini merupakan jaman yang penuh dengan berbagai macam rintangan untuk dunia usaha. Tidak ada yang menyangka kalau sebuah wabah mampu merontokkan ekonomi berbagai bangsa hanya dalam waktu beberapa bulan saja.

Tidak terkecuali Indonesia, dengan banyaknya jumlah UKM di Indonesia membuat beberapa UKM terdampak dari akibat wabah pandemi ini. Mulai dari kurangnya penjualan, sampai beberapa event pameran yang harus di tunda akibat wabah ini.

UKM Indonesia
UKM Indonesia (Okezone)


Berdasarkan data dari praktisi UMKM, beberapa masalah mendasar yang dihadapai UMKM pun terbagi menjadi 5 masalah paling mendasar yaitu:

1. Penjualan Menurun.
2. Kesulitan Bahan Baku
3. Distribusi Terhambat
4. Kesulitan Permodalan
5. Produksi Terhambat

Menilik dari masalah diatas, pemerintah pun mulai menggenjot ekonomi dengan mendorong UMKM masuk ke dunia e-commerce. Penjualan secara online adalah solusi yang dianggap paling mujarab untuk saat ini. Tercatat sekarang saja sudah ada kenaikan jumlah penjual online, seperti di lansir oleh Tokopedia untuk pembuat akun baru terjadi kenaikan sekitar 250% lain halnya dengan Bukalapak yang mengaku terjadi kenaikan sekitar 70% untuk penjualan secara online.

Dari data di atas artinya sekarang UMKM pun mulai berlomba-lomba untuk menggencarkan penjualan produk mereka secara online.

Dalam dunia pemasaran online sebenarnya ada beberapa strategi yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan penjualan retail non-online.

Beberapa strategi berikut mungkin dapat anda aplikasikan dalam meningkatkan penjualan anda melalui Toko Online ataupun dalam platform E-Commerce seperti bukalapak, tokoepedia, shopee dll.

Berikut beberapa tips yang dapat anda aplikasikan sebagai teknik pemasaran anda:

1. Buat Tampilan Toko Online yang Menarik

Tidak dapat disangkal, kebanyakan pembeli di toko online akan selalu tertarik pada website yang punya tampilan rapi, tertata dan bahasa yang menarik. Pembeli tidak akan betah berlama-lama di website yang punya tampilan berantakan.

desain web bagus


Sama seperti toko asli, pembeli senang dengan keadaan toko yang bersih dan tertata rapi. Oleh karena itu buatkan tampilan toko online anda menjadi sedap dipandang. Susun gambar dan keterangan barang secara rapi dan tidak berantakan.

Jika anda tidak punya sama sekali kemampuan dalam membuat tampilan website toko online seperti itu lebih baik anda sewa seorang profesional untuk membangun website toko online yang bagus, modern, dan mobile-friendly untuk memudahkan calon pembeli anda memilih produk yang dia suka.

2. Gunakan Search Engine Marketing dan Optimasinya.

Menjual secara online, artinya anda akan dihadapkan dengan dengan ribuan bahkan jutaan pengguna e-commerce lainnya. Punya website yang bagus pun belum cukup untuk memberitahu bahwa anda ada. Hampir kebanyakan pembeli baru akan melakukan searching produk yang mereka cari di google atau istilahnya googling.

Search Engine Marketing
Search Engine Marketing (sumber:Nata Conexindo)


Jadi kalau website toko online anda tidak terlihat di hasil pencarian mereka, maka saya rasa website toko online anda tidak akan meraih hasil maksimal dalam penjualan.

Solusinya adalah, Pelajari tentang SEO dan cara meraih peringkat bagus di hasil pencarian Google. Dengan ada di peringkat atas pencarian google artinya peluang toko anda terlihat oleh pelanggan baru akan semakin tinggi, dan tentunya juga akan berpengaruh kepada hasil penjualan Toko Online anda.
Mungkin anda bisa baca sedikit artikel saya tentang "apa itu SEO dan 4 aspek paling penting dari SEO"

Jika anda merasa tidak punya waktu untuk mempelajari SEO, maka bayarlah konsultan SEO. Berani untuk berinvestasi kecil untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

3. Jalankan Program Affiliasi untuk mendongkrak penjualan.

Untuk meningkatkan penjualan, mungkin solusi ini patut dicoba. Affiliasi adalah sebuah cara menjual produk dengan memanfaatkan website orang lain dengan memasukkan link produk anda. Nanti dari hasil penjualan orang tersebut mendapatkan fee sekian persen dari penjualan.

Penjualan secara Affiliasi
Penjualan Affiliasi (sumber:Exabytes)


Hal ini sudah banyak di lakukan diantaranya oleh Lazada, Zalora, Tokopedia. Rata-rata platform e-commerce sekarang sudah banyak menggunakan teknik itu. Mungkin anda bisa baca sedikit artikel saya tentang "bagaimana cara sukses dalam bisnis affiliasi."

Dengan affiliasi setidaknya akan mengurangi beban anda untuk mencapai target penjualan. Biarkan affiliasi anda mencari pembeli dengan cara-cara jitu mereka sendiri, dan tunggu penjualan anda meningkat.

4. Cari Konsultan atau Penyedia Jasa terkait pemasaran Online

Kalau anda masih baru di dunia Marketing Online, ada baiknya anda cuba sewa jasa konsultan atau website penyedia jasa tersebut. Lebih baik anda menanam sedikit investasi mencari jasa tersebut, daripada anda membuang waktu untuk mulai mempelajari suatu hal baru.

Konsultan SEO
Konsultan SEO (sumber:SEOxLink)


Mempelajari SEO dan Penjualan Marketing merupakan sebuah ilmu yang kompleks dan tidak bisa anda kuasai dalam waktu semalam. Butuh waktu lama untuk memahami cara kerja mesin pencari, dan psikologi customer online.

Butuh Orang yang sudah memahami hal tersebut dari awal, dan bersedia membagikan ilmunya untuk anda. Tentunya ini akan membuat anda lebih berkonsentrasi pada peningkatan produk dan proses pengiriman barang sedangkan untuk masalah marketing serahkan pada Konsultan yang sudah anda bayar tersebut.

5. Gunakan Email Marketing

Email Marketing bukan hanya sebatas mengirim email saja, tetapi juga mengirim berdasarkan kriteria masing-masing penerima Email. Buatlah list contact email berdasarkan kriteria kebiasaan pembeli.
Mengirim email ke orang yang tepat biasanya akan lebih efektif dibandingkan mengirim email ke sembarang orang.

Email Marketing
Email Marketing (sumber:Majapahit Teknologi)


Misalnya saja, mengirim list produk baju pria ke wanita tentu tidak akan terlalu efektif mendongkrak penjualan. Atau mengirim list jam tangan Rolex ke penggemar Casio tentu juga akan tidak terlalu efektif.

Solusinya adalah membagi contact penerima email berdasarkan kriteria-kriteria tertentu untuk email marketing yang lebih efektif dan efisien.

6. Gunakan Fitur Pendaftaran Email

Berikan opsi kepada customer yang mengunjungi website anda untuk mendaftar menggunakan email. Email-email customer yang mendaftar akan membuat kita menjadi lebih terhubung dengan customer.

berlangganan email
Berlanggan Email (sumber:Pinterest)


Berikan email-email terbaru seputar produk toko anda, atau updatean produk baru. Gunakan kesempatan itu juga untuk mengirim email seputar survei tingkat kepuasan konsumen atau bahkan untuk menentukan produk apa yang paling di sukai dari keseluruhan produk anda.

Opsi ini akan membuat anda menjadi lebih terhubung ke customer bahkan dari sini juga anda bisa menentukan strategi penjualan produk kedepannya.


Penutup:

Demikian kiranya, 6 strategi ampuh untuk mendongkrang penjualan anda di masa Pandemi ini. Tentu kita berharap pandemi yang terjadi segera selesai dan dunia usaha mulai normal kembali seperti sedia kala.

UKM merupakan unsur penting dalam ekonomi Indonesia. Pertumbuhan ekonomi yang terjadi di Negara ini sebagian besar dipengaruhi oleh maju tidak nya kesejahteraan UKM di Indonesia. Sehingga besar harapan kita semua agar UKM terus menjalankan roda ekonominya di tengah masa sulit ini.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.