Header Ads

Penasaran tentang Bagaimana Mesin Pencari Web Bekerja? Berikut Penjelasannya

Sebagai blogger, kita semua berharap agar apa yang kita tulis dapat di lihat banyak orang. Oleh karena itu tentunya kita berharap agar blog kita masuk di halaman satu mesin pencarian google.

Dewasa ini banyak orang yang mengejar bagaimana caranya agar bisa masuk di list page one google agar makin banyak di lihat oleh pengunjung. Banyak cara yang di lakukan baik dengan cara mengoptimasi artikel, atau menggunakan white SEO bahkan terkadang juga menggunakan hal-hal yang tidak disukai google.

Oleh karena itu untuk menentukan strategi yang tepat dalam bersaing memperebutkan ranking pencarian di google, kita harus tau dulu bagaimana sebenarnya mesin pencari web ini bekerja.

Melalui artikel ini, saya akan coba merangkum mengenai cara kerja mesin pencari google

Secara garis besar google melakukan 3 tahap dalam pencariannya yaitu sebagai berikut:



1. Crawling
2. Indexing
3. Crawling Result



1. Proses Crawling 

Proses ini adalah proses dimana google melakukan crawling ke semua halaman yang ada dalam satu blog/ website. Setiap halaman dalam blog akan di kunjungi oleh google robots sambil melakukan pengumpulan data mengenai apa saja informasi yang ada dalam page tersebut.

Proses Crawling


Semua data tersebut nantinya akan di kumpulkan ke server google untuk disimpan. Data tersebut berupa informasi apa saja yang ada di halaman tersebut, link apa saja, jenis artikel dan semua hal lainnya yang tersimpan dalam setiap halaman web.

Selain itu google juga melakukan penelusuran ke halaman web dengan menggunakan sitemap blog yang sudah di submit ke dalam google search console.

2. Proses Indexing.


Proses Indexing


Dari data-data yang di dapat dari hasil crawling tadi, akhirnya data akan di index oleh google. Dan google akan menentukan ranking setiap page tersebut melalui parameter-parameter yang ada. Seperti

- Update tidaknya halaman tersebut.
- Relevan atau tidak nya dengan situasi terkini
- Menarik atau tidak nya di mata pembaca (melihat dari bounce)
- Berapa traffik halaman tersebut.

3. Penyajian Hasil Pencarian

Setelah melakukan crawling dan indexing, akhirnya google akan menentukan page mana dari sekian juta page yang google index untuk menentukan mana yang di halaman pertama, kedua dst.
Hal ini biasanya tergantung pada algoritma google. Yang mana akan ditentukan oleh kurang lebih sekitar 200 faktor.

Contoh Search Result

Dari tahap 3 ini lah maka kita bisa melihat hasil pencarian google yang biasa kita lihat setelah mengetik keyword yang kita cari.

Demikian lah penjelasan tentang bagaimana mesin pencari web seperti google bekerja. Mudah-mudahan dengan penjelasan ini bisa membantu para blogger untuk menentukan strategi yang sesuai dalam melakukan optimisasi SEO masing-masing halaman.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.