Header Ads

7 Cara menjadi freelancer sukses dan membuat klien kembali order




Ini adalah salah satu kunci sukses seorang freelancer, habiskan lebih sedikit waktu untuk mendapatkan pekerjaan, dan habiskan lebih banyak waktu untuk seorang klien yang melakukan repeat order.

Bagaimana cara membuat anda seorang freelancer mendapatkan order berkali-kali? berikut adalah beberapa saran dari Media terkenal yang biasa merekrut freelancer untuk melakukan pekerjaan mereka.

1. Pahami apa yang sebenarnya klien anda inginkan

Ini adalah sebuah jawaban wajib untuk semua freelancer dimanapun. Pahami dan mengerti apa yang klien anda inginkan.

Di permukaan klien akan meminta anda melakukan semua tugas, menulis artikel, melakukan promosi digital, merancang logo dll,

tetapi kenyataannya adalah, semua customer ingin sesuatu yang lebih dalam dan lebih luas. Mereka ingin pekerjaan mereka menjadi lebih mudah, mereka ingin kita menyelesaikan masalah dan bukan menambah persoalan mereka.



2. Mampu memprediksi dan mencegah masalah yang mungkin terjadi

Sebelum anda melakukan deal pekerjaan dengan klien , anda harus memperhitungkan semua hal dan memperkirakan masalah yang bisa saja terjadi. Anda harus menegosiasikannya di awal dengan calon klien anda.

Hal itu bisa saja membuat waktu project menjadi lebih lama, harga menjadi lebih tinggi dan wilayah pekerjaan menjadi lebih luas. Apapun yang terjadi bicarakan hal ini di depan, jangan menunda-nunda untuk dibicarakan pada saat project berjalan. Hal ini akan lebih baik dibicarakan di depan sebelum deal dengan calon klien anda.



3. Selalu ada setiap saat pada saat klien membutuhkan.

seorang freelancer yang hebat akan selalu ada pada saat klien membutuhkan meskipun saat itu mereka bukan bagian dari tim project. Mereka mampu hadir untuk memberikan informasi terupdate ke klien,membantu menjabarkan masalah dan menawarkan penyelesaiannya.

Mereka tau kapan harus pergi dan kapan harus datang ke kantor untuk melakukan pembicaraan terkait project.



4. Memahami kekuatan sebuah komunikasi

Ya, itulah kenyataan sebenarnya. Komunikasi adalah kekuatan yang menyatukan antara freelancer dan klien.

Seorang freelancer bukan hanya mampu berkata "Pak, ini pekerjaan saya sudah selesai" .

Seorang freelancer harus mampu menjalin hubungan yang erat dengan klien, menyarankan sesuatu untuk kemajuan klien. Menginisiasi pertemuan untuk membicarakan kebutuhan klien. Kekurangan yang terlihat di mata freelancer dsb.

Hal ini membuat klien akan benar-benar percaya akan kemampuan anda, dan jika berlangsung terus menerus akan membuat mereka akan bergantung pada kemampuan anda.



5. Terbuka dan transparan

Pada saat anda menjadi seorang freelancer di lingkungan konsultan, manfaatkan kemampuan orang-orang di sekitar anda untuk mencapai tujuan proyek. Jangan ragu meskipun anda hanya seorang pekerja temporary.

Jadi bagian dari team, dan terbuka untuk semua informasi yang anda punya terkait project. Hal ini jelas akan sangat bermanfaat dalam kemajuan sebuah proyek.

Keterbukaan dalam tim akan sangat membantu pada saat membagi sebuah ide, masalah bahkan pemecahan masalah. Jadi bagian dari tim, bagi rasa kecemasan dan frustasi anda. Hal ini akan membuat orang sekeliling anda merasa anda bagian dari mereka.



6. Jadilah seseorang, yang membuat orang senang bekerja dengannya

Pada saat anda memperoleh proyek, perlakukan orang-orang sekeliling anda dengan baik, lakukan apa yang harus anda lakukan dan lakukan pekerjaan anda sebaik mungkin.

Pada saat anda tidak melakukan hal maksimal dalam melakukan pekerjaan anda di suatu proyek, maka anda akan dianggap memperlambat pekerjaan dan jelas ini akan membuat orang-orang diseliling anda tidak senang karena akan menjadi kegagalan tim. Cepat atau lambat pekerjaan tim anda akan di monitoring ketua proyek dan tentunya bisa saja berakhir di departemen HRD.

Jika ini terjadi maka nantinya mengakibatkan seluruh orang di tim anda kecewa yang tentunya berimbas ke kegagalan proyek. Hal ini pasti akan mengakibatkan klien tidak akan menggunakan jasa anda kembali.



7. Berikan lebih dari apa yang anda punya.

Sebagai seorang freelancer anda harus mengerjakan apa yang harus anda lakukan, bahkan kalau bisa lakukan lebih dari itu. Bangun relasi yang positif dengan rekan kerja anda.

Seorang freelancer biasanya dituntut untuk membuktikan mereka sedikit lebih baik. Karena jika tidak, perusahaan tidak ragu untuk memecat anda dalam rangka melakukan penghematan cost.

Dunia freelancer dipenuhi oleh banyak orang yang punya kemampuan yang sama dengan anda. Anda akan bersaing dengan orang-orang yang memiliki bakat yang sama. Jadi sangat penting untuk mengambil bagian anda, buat anda menjadi berarti, jadikan pekerjaan klien anda menjadi lebih mudah. Dan anda akan menjadi freelancer yang ingin disewa oleh semua orang.



(ifex Jacobus)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.