Header Ads

Cara membuat artikel kurang dari 15 menit

Dalam melakukan penulisan artikel untuk blog yang saya punya, saya biasanya mempunyai batas waktu tertentu. Batas tersebut biasanya saya sesuaikan dengan isi artikel nya. Tetapi biasanya untuk menulis artikel-artikel sederhana saya tidak pernah menghabiskan waktu lebih dari 15 menit dalam membuatnya. Bagaimana cara saya melakukannya ? disini akan saya jabarkan cara membuat artikel kurang dari 15 menit.

gambar 1: cara membuat artikel singkat


Saya percaya dalam dunia perbloggingan, kita semua berpendapat bahwa artikel adalah raja. Karena yang mempengaruhi traffik dan jumlah pencarian adalah artikel yang ada di dalam blog kita. Tetapi jika anda adalah seorang yang memiliki jadwal padat atau seorang pekerja yang memiliki rutinitas setiap harinya, saya yakin anda tidak akan sanggup untuk menulis sebuah artikel sebanyak 2000 kata atau dengan kata lain anda menghabiskan waktu berjam-berjam di depan layar komputer hanya untuk menulis satu artikel saja.

Membuat artikel dengan cepat tidak menjamin anda dapat membuat artikel dengan baik. Oleh karena itu saya akan berikan 7 tips sederhana bagaimana cara membuat artikel secara cepat kurang dari 15 menit tetapi tanpa meninggalkan sisi kualitas sebuah artikel.

1.  Tuliskan setiap ide yang muncul di kepala anda
Saat sebuah ide tercetus di kepala anda, cepat ambil pena dan buku saku. Segeralah tulis dalam catatan anda. Kebanyakan blogger dan penulis artikel lepas sering mengambil setengah dari waktu mereka hanya untuk menemukan ide dalam menulis sebuah artikel. Jika anda melakukan apa yang saya katakan ini, anda akan lebih cepat setengah kali dari mereka.

2. Biarkan ide anda berkembang
Ide-ide yang sudah anda catat tadi, biarkan beberapa saat. Tidak usah memaksa untuk menulis saat itu jaga. Biarkan ide tersebut tertanam dalam kepala anda untuk beberapa lama sembari anda mencari ide-ide lain yang akan mendukung ide anda yang tadi. Pada saat tiba waktu anda untuk menulis, saya yakin anda akan memiliki data yang sangat banyak sehingga menjadi referensi yang baik dalam membuat sebuah artikel utuh.

3. Edit artikel anda sebelum anda mulai menulis
Maksud saya disini, semua ide tadi yang telah anda temukan. Pilihlah secara selektif, jangan semua anda masukkan dalam satu artikel. Ingat, artikel ini membahas cara membuat artikel kurang dari 15 menit. Pilih beberapa ide yang benar-benar relevan saja. Gunakan ide yang tidak terpakai tadi sebagai referensi dalam menulis artikel selanjutnya.

4. Buat poin-poin penting
Buat poin-poin penting menggunakan nomor atau tanda poin. Dengan menggunakan cara ini anda akan dengan mudah melakukan transisi dari satu ide ke ide lainnya. Dengan begini juga, pembaca lebih mudah menangkap inti dari ide yang anda sampaikan.

5. Jaga artikel anda tetap pendek.
Jika anda ingin menyelesaikan artikel anda kurang dari 15 menit. Jagalah artikel yang anda buat agar tidak lebih dari 500 kata. Jangan mentang-mentang anda membuat artikel berkualitas lalu anda ingin menuangkan semua pikiran anda dalam artikel tersebut. Jaga artikel agar tetap menjadi artikel pendek dengan banyak informasi yang dibutuhkan pembaca.

6. Jika anda stuck dengan ide, stop dulu
Pada saat menulis lalu tiba-tiba anda bingung dengan apalagi yang ingin anda tulis, saran saya stop dulu dan simpan dokumen anda. Lakukan pekerjaan lainnya sampai nanti ide itu muncul kembali, buka dokumen anda dan lanjutkan. Dengan cara begini anda akan menghemat banyak waktu dibandingkan jika anda menunggu di depan komputer menunggu ide anda datang kembali.

7. Jangan pernah lama-lama menyimpan ide
Mungkin pada saat anda melihat daftar ide yang anda catat, anda menyimpan ide terbaik untuk anda tulis nanti. Ingat, anda bukan ingin menghemat waktu nanti, anda ingin menghemat waktu yang sekarang. Membuat artikel berdasarkan ide yang anda tau akan lebih mudah dan jauh menghemat lebih banyak waktu.

Ikuti langkah-langkah yang saya jabarkan diatas dan saya yakin semakin sering anda melakukannya anda akan semakin terlatih untuk membuat artikel dalam waktu yang singkat. 









2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.