Header Ads

Apa itu Clickbait? dan 4 Dampak Negatifnya Bagi Blog

Pernahkah anda menemukan Headline berita di Internet yang sangat bombastis seperti ini "7 Rahasia Terbesar Di Dunia, no 5 Sangat Mengejutkan". Jika pernah, ya itu adalah salah satu contoh dari clickbait. Tapi apa sebenarnya clickbait, berikut penjelasannya.

Apa Itu Clickbait?

Clickbait adalah sebuah kalimat Judul yang biasanya sangat sensasional dengan tujuan agar pengunjung meng klik tautan tersebut. Terkadang isi dari artikel dengan Judul Artikel yang di klik biasanya berbeda, inilah mengapa di sebut clikbait. Sebuah judul yang sensasional tapi setelah dibuka isinya tidak se sensasional itu.

Apa itu clickbait


Inilah mengapa kebanyakan orang tidak menyenangi model-model clickbait seperti ini. Karena biasanya pemilik konten menggunakan cara-cara ini untuk meraih traffik yang tinggi untuk blog mereka, sedangkan setelah di kunjungi tautan tersebut pengunjung tidak mendapat berita yang sesuai ekpektasi mereka.

Dampak Negatif untuk Blog yang menggunakan metode clickbait

Clickbait dapat mengundang Pengunjung yang Salah.

Pada saat kita membangun sebuah blog baru, tentu saja kita menginginkan pembaca yang suka dan setia membaca postingan-postingan kita. Kita membutuhkan pengunjung yang benar-benar menunggu postingan kita terbaru.



Dengan Clickbait akan susah untuk mendapatkan pembaca setia seperti itu. Mereka cenderung datang ke blog anda hanya karena penasaran dengan isi Judul anda yang bombastis. Setelah itu mereka tidak akan pernah datang kembali.

Jika tujuannya hanya mengejar traffik blog mungkin cara ini bisa saja berlaku, tapi kalau untuk menjadi blog yang punya banyak pengikut dan pembaca setia maka cara ini saya jamin tidak akan berhasil.

Clickbait dapat menyebabkan tingkat bounce rate anda tinggi, sehingga blog anda akan buruk di mata google.

Logikanya begini, pada saat pengunjung datang ke blog hasil dari meng klik clickbait yang anda pasang dan ternyata berita yang di sampaikan tidak semenarik yang dia harapkan, maka mereka pasti akan pergi begitu saja. Dengan beberapakali terjadi seperti itu maka ini akan menyebabkan tingkat bounce rate anda tinggi, karena durasi visitor anda yang kecil setiap kali berkunjung ke blog anda.



Jika anda ingin tahu apa arti bounce rate, silahkan baca dulu di artikel saya yang berjudul Apa arti Bounce Rate? disini penjelasannya.

Semakin tinggi nilai bounce rate, maka google akan membaca bahwa blog anda tidak menarik di mata pembaca. Karena tidak menariknya itu maka tentu saja akan membuat ranking blog anda jatuh di mesin pencarian. Ini artinya clickbait sukses mendatangkan traffik tetapi sekaligus membuat ranking blog anda jatuh.

Anda mungkin saja akan mengecewakan pengunjung yang mengklik clickbait anda.

Sama seperti diatas, pembaca yang men klik tautan anda dan berharap dengan berita yang dia cari akhirnya harus kecewa dengan konten yang dia baca. Kekecewaan dari pembaca yang terjadi beberapa kali akan membuat ketidak percayaan pembaca akan konten/isi blog.



alhasil blog anda akan dianggap tidak kompeten oleh audiens anda sendiri. Ketidakpercayaan dari pembaca akan menyebabkan pengikut blog anda menurun dan akhirnya bisa menyebabkan kehilangan pembaca rutin. Jika ini terjadi maka tinggal tunggu saat nya blog anda kehilangan traffik karena tidak muncul lagi di hasil pencarian.

Clickbait akan mengacaukan data penting yang berguna dari statistik pengunjung blog.

Saya coba mengasumsikan anda adalah seorang pemilik blog yang menggunakan clickbait yang traffiknya per day mencapai 5000 hit/day. Dan anda menyiapkan space untuk iklan dalam blog anda.
Namun pemilik iklan ingin mengetahui tentang data statistik pengunjung di blog anda.



Seperti misalnya

- Daerah mana mereka tinggal
- Artikel mana yang paling mereka sukai
- berapa lama rata-rata untuk mereka menghabiskan waktu di blog anda.
- Bahasa apa yang mereka gunakan
- Perangkat apa yang mereka pakai.

Untuk sebuah blog yang traffiknya tinggi karena clickbait, data seperti ini akan sangat sulit sekali diambil. Jikalaupun bisa kemungkinan besar data nya tidak akurat.

Karena logika, data seperti apa yang mau di ambil dari blog yang durasi pembaca nya rata-rata hanya sekitar 1-3 detik.

Clickbait merupakan metode lama dan kuno.

Jujur saja, dulu pada awal muncul berita dengan headline yang heboh saya seringkali merasa tertipu karena pasti saya klik. Namun lama-kelamaan metode tersebut sudah tidak mempan lagi buat saya.
Sama halnya seperti pengguna internet yang lain. Mereka sudah terlalu bosan untuk melihat clickbait-clickbait seperti itu lagi.



Metode ini untuk sekarang sudah sangat kuno dan saya percaya sudah tidak terlalu memiliki efek yang sama pada saat pertama kali. Pengguna internet sekarang lebih cepat untuk belajar karena arus informasi yang cepat. Pengguna internet saat ini tentu berbeda dengan pengguna internet 1 minggu yang lalu.


Jadi, Bagaimana cara meraih atensi pengunjung dengan cara yang lebih baik?

Judul, ya judul memainkan peran penting dari sebuah artikel yang di share. Pada banyak kasus, sering kali sebuah berita menarik dan berisi tidak memiliki eksposure yang cukup dikarenakan Judul atau Headline yang kurang menarik. Anda boleh saja menggunakan judul yang menggemparkan seperti clickbait, tapi ingat isi dalam artikel tersebut harus sesuai dengan judul yang anda tuliskan. Jika tidak efek negatifnya akan sangat terasa seperti dampak yang saya tulis di atas.

1. Buat Judul yang jujur

Cara menarik pengunjung dengan jujur tanpa memanipulasi mereka adalah dengan concern ke tentang apa yang mereka ingin ketahui, kemudian fokus ke isi konten yang menjawab kebutuhan pembaca lalu terakhir ke Judul.
Pertimbangkan mengapa pengunjung harus membaca artikel anda, apakah artikel anda mampu menjawab pertanyaan mereka, dan terakhir apakah layak artikel anda di share di media sosial atau sejenisnya?.
Jika hal-hal tersebut mampu anda penuhi maka bisa di pastikan pembaca anda puas dengan apa yang mereka baca dan biasanya untuk artikel yang mampu menjawab pertanyaan pembaca maka tingkat presentasi di sharenya pun akan semakin  besar.

Jenis Judul yang paling disukai adalah:
 
Angka (4 alasan mengapa.....)
Bagaimana (Bagaimana cara....)
Pertanyaan...

Dengan Judul yang menarik , anda dapat mengoptimalkannya di search engine.

2. Optimalkan Judul Artikel untuk mesin pencari

Menerapkan kata kunci (keyword) tidak hanya berlaku unuk artikel saja, namun juga berlaku untuk judul artikel. Anda dapat menggunakan alat/ tool untuk menentukan kata kunci seperti keyword planner google dan menemukan kata-kata yang paling banyak di cari. Setelah anda menemukan kata kunci yang sesuai anda dapat membuat / merangkai Judul yang cerdas, dan tetap pertahankan kata kunci tersebut di dalam artikel. 


Kesimpulannya untuk jaman sekarang lebih baik metode clickbait yang berbeda dengan isi konten ditinggalkan. Lebih baik gunakan metode seperti mencari headline berita yang baik dan sesuai dengan isi konten. Kemudian berikan penjelasan dalam konten yang sesuai dengan headline yang tersebut serta berikan pembahasan yang mendalam untuk pembaca anda.

Demikian artikel saya tentang apa itu clickbait? serta dampak negatifnya, semoga informasi yang saya berikan ini bermanfaat untuk teman-teman semua. Tetap semangat blogging ya kawan.

1 komentar:

  1. Gitu ya mas, trus kalo nggak gitu susah dapat traffic 😁

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.