Header Ads

5 Ide Bisnis yang naik pamor di masa COVID19


Pandemik Covid-19 hampir mempengaruhi seluruh sektor kehidupan di Indonesia bahkan dunia. Terjadi kepanikan yang luar biasa melebihi yang pernah di prediksi manusia, korban bertambah puluhan ribu setiap harinya dan korban meninggal yang juga turut bertambah.
Sampai sekarang belum ada obat untuk penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. Tetapi selalu ada harapan di tengah pandemi ini, vaksin yang sudah mulai diujicoba di beberapa negara. Kita berharap segera di temukan dan dunia akan berjalan normal seperti sedia kala.
Dalam sektor ekonomi, kita pun mengalami banyak hal yang sebelumnya tidak pernah kita sangka, mulai dari kebangkrutan perusahaan-perusahaan sampai pada PHK besar-besaran. Sekarang saja tercatat 1,5 juta pekerja terdampak corona dengan 10% diantaranya terkena PHK seperti yang disampaikan oleh menaker Ibu Ida Fauziyah (sumber: Kompas.com)
Dengan situasi seperti ini, kita diharapkan mencari solusi alternatif untuk tetap melanjutkan hidup. Termasuk dalam dunia bisnis. Ada beberapa ide bisnis yang penulis rangkum yaitu sebagai berikut:

Marketplace barang/ bahan makanan,




dengan keadaan seperti sekarang orang akan berpikir 2x untuk keluar dan berbaur dengan kerumunan. Resiko yang di dapat akan sangat besar dibandingkan bertahan di rumah dan menunggu pesanan. Sebagai contoh saja TaniHub, Happy Fresh, Tukangsayur.co mengalami lonjakan pesanan selama pandemi ini belum lagi dengan toko online seperti lazada, tokopedia dll. Jadi tidak ada salahnya ada mencoba bisnis ini 

Aplikasi belajar Online



Bagi anda yang punya latar belakang sebagai pekerja pendidik mungkin ini saat nya untuk mencoba peruntungan anda dengan menjadi guru les online atau mendaftar sebagai pendidik di aplikasi online. Aplikasi sejenis ini sangat dibutuhkan dalam keadaan darurat seperti sekarang, dan menurut penulis bisa saja menjadi trend baru di dunia pendidikan jaman mendatang.


Jasa Janitor/ Pembersih.




Di masa yang seperti sekarang, tingkat kehigienisan pasti akan selalu menjadi perhatian utama. Mulai dari ketersediaan hand sanitizer, bahkan sampai ketersediaan disinfektan. Untuk kebersihan kantor dan rumah serta gedung-gedung bukanlah pekerjaan yang mudah butuh orang-orang yang punya spesialisasi di jenis pekerjaan ini. Dengan mempersiapkan alat APD dan alat pembersih serta pengetahuan yang memadai tentang kesehatan lingkungan maka sudah menjadi modal utama untuk memulai bisnis ini.

Kurir Delivery




Hampir semua tempat makan yang berada di kawasan PSBB sudah tidak boleh menerima pengunjung yang makan di tempat seperti dulu. Solusinya adalah takeaway. Bagi sebagian orang mungkin untuk keluar dan take away makanan akan sangat merepotkan sehingga kemungkinan untuk menggunakan jasa kurir sangat lah besar. Bayangkan saja, berdasarkan data pesanan untuk Grabfood dan Go-food mengalami peningkatan hampir 86%, ini artinya peluang bisnis di usaha jenis ini sangatlah besar.

Konsultasi Online Dokter dan Apotek




Situs seperti Halodoc dan alodokter melaporkan terjadi peningkatan konsultasi sebesar 400% dari masa sebelum pandemi. Hal ini menunjukkan naiknya tingkat aware konsumen terhadap obat-obatan serta multivitamin dalam rangka menjaga imun tubuh. Bahkan di beberapa apotek konvensional pun terkadang sampai kehabisan stock multivitamin dan alat kesehatan. Peluang yang sangat besar jika anda adalah seorang tenaga kesehatan di masa ini. 


Itulah kiranya 5 peluang bisnis yang mungkin tumbuh dalam masa pandemi ini. Penulis pun berharap agar masa-masa sulit ini akan dapat kita lalui. Seperti kata pepatah, sebuah gembok tidak akan pernah tercipta tanpa ada kuncinya, begitupun juga Tuhan menciptakan cobaan ini pasti juga ada dengan penyembuhnya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.