Header Ads

6 Teknik Menulis Artikel Sesuai Aturan SEO, rasakan lonjakan traffiknya

Apakah anda seorang penulis konten? atau anda seorang pemilik blogger? jika ya, maka tentu anda harus mengetahui cara menulis konten yang baik dan benar sesuai dengan aturan SEO.
Karena sejatinya menulis di blog dan jurnal ilmiah memiliki beberapa perbedaan mendasar.

Jika di jurnal ilmiah, semakin panjang anda menulis dan semakin dalam pembahasan anda maka akan semakin baik nilai tulisan tersebut. Untuk sebuah artikel blog memiliki prinsip yang sedikit berbeda, artikel anda dipandang baik oleh mesin pencari jika isi artikel bermanfaat, straight to the point alias tidak bertele-tele, dan pengunjung artikel anda betah berlama-lama di halaman artikel yang anda buat tersebut.

Berikut ada 6 Tips yang mungkin dapat anda gunakan sebagai prinsip dasar menulis artikel secara kaidah SEO. Karena anda tentu tidak mau tulisan yang anda tulis berada di halaman 50 google kan?

Berikut 6 tips tersebut:

1. Tulislah untuk pembaca Anda.

Dewasa ini kebanyakan website perusahaan-perusahaan besar memiliki sesuatu yang salah dalam artikel-artikelnya. Kebanyakan membahas hanya tentang perusahaan, produk atau jasanya saja.
Cobalah buat artikel yang berisi sesuatu yang menjawab pertanyaan pembaca.

Kenali Pengunjung Anda


Buatlah artikel yang sifatnya informatif terkait apa yang dibutuhkan pembaca anda. Jangan melulu membahas sesuatu yang sifatnya hanya menjual, tapi sekali-sekali berikan space dalam blog anda untuk membantu pembaca anda mengatasi suatu hal dalam hidupnya, seperti seputar tips dan trick, atau perkembangan terbaru dari sesuatu hal yang kira-kira dibutuhkan pengunjung blog/website.

2. Buatlah Judul yang menarik

Judul Artikel merupakan satu baris kalimat yang berisi beberapa kata untuk mengungkapkan sesuatu yang dibahas di dalam konten. Buatlah sebuah Judul yang menarik dan berikan punch linenya anda disana.



Buat Judul Artikel yang mengandung kata kunci artikel tersebut. Karena yang muncul dalam hasil pencarian adalah Judul Artikel dan Meta tag anda. Sehingga tidak ada alasan lagi untuk tidak perduli dengan 2 hal penting tersebut.


3. Tulislah sebuah artikel yang kaya akan kata kunci.

Buatlah sebuah artikel yang mengandung banyak kata kunci yang sesuai dengan artikel tersebut. Biarkan google dan pembaca tahu apa yang anda tulis dalam artikel itu. Isi dengan kata-kata kunci yang anda incar, letakakn di paragraf atas, tengah dan paragraf terakhir dalam artikel. Jika bisa berikan tulisan tebal pada kata kunci tersebut.



Tapi ingat, dalam menulis kata kunci, haruslah tetap mengikuti kaidah-kaidah penulisan. Jangan membuat bacaan dalam paragraf menjadi rancu dan tidak enak dibaca. Terkadang ketidaktepatan meletakkan kata kunci dalam paragraf membuat artikel menjadi tidak enak dibaca dan akan meningkatkan bounce rate blog. Ini akan sangat buruk di mata google.

Apa itu bounce rate silahkan baca di artikel saya sebelumnya "Apa itu Bounce Rate" 


4. Masukkan gambar dan foto yang sesuai.



Masukkan gambar dalam postingan anda. Setiap gambar akan membuat sebuah article menjadi menarik. Dengan gambar pengunjung akan lebih betah berlama-lama di blog anda, sarana instagram pun bisa menjadi promosi bagi blog dengan memasukkan gambar yang ada dalam postingan.

Selain itu gambar juga membantu pembaca untuk melihat data secara konkrit dan tergambar sehingga mudah diingat. Dengan adanya gambar yang sesuai di sebuah artikel terkadang juga membantu terlihat di google search khusus bagian gambar secara lebih mudah dan tentunya ini juga mampu meningkat peringkat di google search engine.

5. Manfaatkan Sosial Media.

Sosial Media merupakan tools yang sangat berguna untuk meraih backlink dan pengunjung baru. Coba lakukan sharing artikel yang baru anda buat di Sosial Media seperti facebook, Instagram, atau Twitter.



Kemampuan sosial media meraih pengunjung tidak perlu diperdebatkan lagi, karena dengan jangkauanya ke ratusan juta pengguna maka peluang anda pun semakin besar untuk mendapatkan pengunjung ke blog anda.

Dan ini sangat berkaitan erat dengan tips no 2 tadi tentang bagaimana membuat judul yang menarik. Yang di lihat oleh pengguna internet jika melihat sebuah tautan /link yang ada di media sosial adalah Judul dari sebuah artikel. Jadi usahakan judul yang anda buat juga menarik sehingga mampu menarik minat pengguna Media Sosial untuk meng klik tautan atau link yang anda share.

6. Buat Internal Link dalam artikel

Jika anda sedang membuat artikel yang kira-kira ada hubungannya dengan artikel lain yang sudah anda buat sebelumnya usahakan buat link ke arah post sebelumnya tersebut. Hal ini di lakukan untuk memperkuat authority atau tingkat kepercayaan artikel tersebut di mata google.
Referensi yang memperkuat sebuah artikel sangat berpengaruh di mata pembaca.

Hal ini mendorong pembaca untuk mengklik link tersebut dan menemukan informasi yang mereka cari dan relate dengan informasi yang mereka baca di artikel.

Demikian 6 teknik menulis sesuai aturan SEO, jika anda lakukan dengan benar dan secara konsisten serta ditambah dengan teknik SEO lainnya anda akan merasakan lonjakan traffik secara signifikan dalam beberapa hari ke depan.


2 komentar:

  1. Thankyou gan infonya :D Jadi nambah semangat blogging nih hehe

    BalasHapus
  2. Mksh mas, saya coba ikuti tahab oer tahap ...

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.