Header Ads

Kapan waktu yang tepat untuk menguangkan blog

Sebuah pertanyaan umum yang kadang saya dapatkan dari teman-teman blogger adalah kapan waktu yang tepat untuk menguangkan blog?.

Saya memahami bahwa sebagian blogger biasanya ingin membangun audiens dulu sebelum mulai menguangkan blognya. Dan terkadang juga para blogger merasa memerlukan pembaca dahulu sebelum mulai memasang iklan di blog yang mereka punya. Padahal faktanya memulai memasang iklan kapanpun sama saja, anda harus tetap belajar cara memasang iklan yang benar dan menurut saya menguangkan blog sejak awal blog dibuat lebih baik dibandingkan anda menunggu blog sampai memiliki pembaca.

waktu yang tepat untuk beriklan di blog


Pernahkah anda mendengar pemilik toko bertanya "kapan seharusnya saya mulai menjual barang" Apakah menunggu sampai pengunjung toko ramai? tidak...pemilik toko menjual barang pada hari pertama toko tersebut di buka.

Atau seperti surat kabar yang mulai menerbitkan iklan pada hari pertama mereka terbit, kantor bisnis menjual barang melalui staff sales dari hari pertama buka, tempat fitness mulai membuka penerimaan member di hari pertama mereka buka lalu mengapa sebuah blog tidak melakukan hal yang sama?

Menurut saya sebenarnya ada beberapa keuntungan mulai memasarkan iklan atau menguangkan blog semenjak pertama blog dibuat, berikut beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan :

1. Pertama kali anda meuangkan blog pendapatan yang anda terima akan sangat kecil atau bahkan tidak sama sekali, tetapi jangan khawatir. Justru karena itu anda mendapatkan motivasi untuk mendapatkan pendapatan yang lebih besar dengan memasang iklan di hari pertama anda membuat blog.

2. Kedua, memasang iklan di blog membutuhkan keahlian khusus,seperti penempatan iklan yang optimal dan cara mendaftar di platform iklan seperti adsense atau amazon. Semakin awal anda meuangkan blog maka akan semakin banyak hal yang mampu anda pelajari lebih dahulu. Banyak blogger yang sampai sekarang masih belum mengetahui cara menempatkan slot iklan yang benar di blog mereka, jadi apa salahnya anda mulai belajar dari awal anda mengelola blog.

3. Yang terakhir dan yang paling penting adalah anda sudah menjelaskan kepada pembaca anda tujuan awal membuat blog. Kebanyakan pembaca terkadang menganggap blog adalah sebuah hobi, dan jika anda tidak menjelaskan dari awal anda menjabarkan tujuan anda membuat blog bisa saja pengunjung anda kecewa karena mendapatkan sebuah iklan yang terpampang di blog yang mereka baca.


Tetapi ada beberapa strategi yang tidak cocok untuk diiklankan di hari pertama anda membuat blog, diantaranya adalah:

Jika anda menargetkan penghasilan blog melalui advertiser atau sponsor secara langsung mungkin yang paling tepat adalah menunggu traffik pengunjung ke blog anda mencukupi sesuai dengan syarat sponsor/pengiklan. Karena tidak mungkin ada pengiklan yang mau memasang iklan di blog anda jika blog anda masih sepi pengunjung.


Kedua, jika blog anda mengiklankan ebook yang anda punya atau kursus yang anda ingin selenggarakan, maka strategi mengiklankan dari hari pertama sangat tidak cocok untuk anda gunakan. Akan lebih baik jika anda menggunakan ebook affiliasi dari blog lain atau jasa kursus dari blogger lain sembari anda mengembangkan blog anda sendiri terlebih dahulu. Karena saya yakin pembaca tidak akan mempercayai blog anda jika mereka belum mengenal anda.

Jadi kapan sebaiknya anda menguangkan blog anda? anda sendiri yang menentukan sesuai dengan strategi yang anda gunakan. Untuk blog seperti yang saya punya saya menerapkan memasang iklan di hari pertama saya membuat blog. Demikian kiranya artikel saya tentang waktu yang tepat menguangkan blog Keep posting and happy blogging @Ifex_Xavier




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.