Header Ads

11 alasan mengapa harus memulai blog sejak usia muda

Era digital sudah merubah cara kita menjalani hidup. Berubah dalam artian dalam mengemukan sebuah ide atau gagasan jaman sekarang lebih populer melalui media online, dibandingkan harus berbicara langsung (face to face). Itulah alasan utama mengapa dewasa ini perkembangan blog menjadi sangat pesat. Membagi pengetahuan yang mereka punya atau belajar sesuatu dari blog lain merupakan sesuatu yang biasanya di lakukan oleh siapapun dengan media online.



Siapapun anda pengusaha, pekerja, pengangguran, anak sekolah siapa saja bisa menjalankan sebuah blog. Ada banyak keuntungan untuk menjalankan sebuah blog, di artikel ini saya akan membahas 11 alasan mengapa blog seharusnya di mulai sejak dini.

1. Lakukan apa yang Anda suka.
Menurut sebuah penelitian di Amerika, mendapatkan 51,7% orang Amerika tidak puas dengan pekerjaan yang mereka kerjakan sekarang dan ini adalah fakta yang agak menyedihkan. Mungkin anda pernah mendengar pepatah ini "Do what you love, love what you do" Lakukan apa yang anda suka, dan cintai apa yang anda lakukan. Faktanya pepatah ini adalah salah satu kunci menuju kesuksesan. Dengan blog anda bebas menentukan tema yang anda sukai, dan itu adalah awal menuju sebuah pekerjaan yang anda cintai.

2. Menunjukkan kemampuan Anda.
Jika anda memulai sebuah blog dengan tema yang anda sukai, maka itu berarti anda sudah memulai untuk mengembangkan kemampuan anda sebagai seorang ahli. Karena sebuah blog menuntut penulis untuk menggali lebih banyak ilmu yang sesuai dengan tema blog. Selain itu dengan blog anda mampu menunjukkan keahlian anda ke khalayak ramai, dan bukan tidak mungkin anda bisa di rekrut karena keahlian tersebut.

3. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi.
Dalam menjalankan sebuah blog, anda di tuntut untuk menjalin komunikasi dengan pembaca,blogger lain dan kadang-kadang dengan klien pemasang iklan. Dan tidak jarang banyak komentar-komentar negatif di blog yang harus anda balas dengan bijak. Komentar-komentar ini akan melatih anda bagaimana berkomunikasi secara baik dan bijak.

4. Mengasah kemampuan menulis anda.
Jika anda tidak suka menulis, menjalankan blog akan melatih anda menulis. Menulis artikel di blog tentu tidak sama dengan menulis makalah kuliah, tetapi setidaknya anda akan mengetahu penempatan tanda koma, titik, kalimat pertanyaan dan pernyataan dll. Semakin sering anda menulis maka akan menambah skill anda dalam menulis dan tentunya akan membantu dalam dunia akademis anda.

5. Melatih kemampuan melakukan riset.
Menulis blog biasanya tidak jauh dari kegiatan melakukan riset. Dan dalam dunia akademik pun skill untuk melakukan riset ini sangat di perlukan. Menjadi blogger tentunya akan mengembangkan kemampuan anda untuk skill riset ini dan ini akan sangat berguna.

6. Membangun sebuah otoritas online.
Menjalankan sebuah blog berarti ingin menunjukkan keahlian anda di suatu niche atau bidang tertentu. Hampir semua blogger berkeinginan untuk menjadi orang yang di akui keahliannya oleh pembaca blog. Seorang blogger yang sudah di akui kepiawaiannya di suatu niche secara otomatis akan memiliki sejumlah pengikut atau biasanya kita sebut otoritas online. Contohnya blogger fashion seperti Dian Pelangi, atau Jena hara.

7. Membangun kontak bisnis.
Dengan blog anda akan banyak mendapatkan komentar-komentar menarik di blog anda. Meskipun sebagian blogger mungkin tidak terlalu mementingkan komentar, tetapi sebenarnya dari komentar-komentar tersebut anda sedang membangun sebuah komunitas pertemanan. Dari sebuah komentar anda bisa mengenal siapa si pemberi komentar dan dari sana anda bisa mulai mengenal orang-orang baru yang mungkin suatu saat anda membutuhkan mereka untuk sekedar berbagi ilmu atau bahkan menjadi relasi bisnis.

8.  Memulai karir.
Saat ini blog menjadi suatu platform yang berkembang pesat. Hampir semua bidang ilmu di dunia sudah dibahas dalam dunia blogging. Dan tidak sedikit dari blog-blog tersebut yang memiliki pendapatan sangat besar. Tidak salah jika blogger jaman sekarang dijadikan sebuah pilihan karir dengan potensi pendapatan yang sama atau bahkan lebih dari pendapatan karyawan kantoran biasa.

9. Membantu dalam perkembangan diri.
Hidup adalah sebuah proses belajar terus menerus yang tidak pernah berhenti. Selalu ada hal baru yang harus dipelajari seiring dengan bertambahnya umur, perkembangan zaman dll. Sama halnya dengan blogger, anda memilih satu tema yang menarik menurut anda, dan anda pun berkembang bersama dengan tema yang anda pilih tersebut agar blog anda tidak ketinggalan jaman.

10. Menambah pengalaman di portfolio
Dewasa ini kita tahu betapa sulitnya seorang fresh graduate dalam mencari kerja. Karena kebanyakan perusahaan lebih memilih seseorang yang berpengalaman. Dengan adanya blog anda dapat menuliskan pengalaman dan pengetahuan anda disana. Dan tentunya ini adalah modal plus buat anda agar terlihat lebih di mata penguji atau pembaca CV anda apalagi jika niche yang anda bahas berguna untuk perkembangan perusahaan.

11. Bersenang-senang.
Blog menjadi sebuah alat bagi sebagian orang untuk bersenang-senang. Anda dapat berbagi tentang apa saja yang anda suka, begitupun sebaliknya anda pun dapat mengetahui apa yang blogger lain share. Anda dapat berbagi foto, video atau apapun di blog anda.

Demikianlah 11 alasan mengapa anda harus memulai blog semenjak muda. Blog zaman sekarang tidak hanya di pakai oleh marketer online tetapi siapa saja, bahkan anak sekolah pun menggunakan blog. Blog seharusnya di ajarkan selagi usia muda karena dengan blogging anda akan diajarkan cara mengkombinasi antara bekerja, berkembang dan bersenang-senang. Demikian artikel ini semoga bermanfaat Keep posting and Happy blogging @Ifex_xavier


1 komentar:

  1. Alhamdulillah udah ngeblog :D bisa memulai bisnis sih, tapi juga untuk berbagi pengalaman :)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.