Pages

Monday, February 1, 2016

Satu aktivitas tambahan yang sebaiknya seorang blogger lakukan setiap hari


Jika ada pertanyaan untuk para blogger, apa yang harus dilakukan seorang pemilik blog setiap hari ? pasti semua akan menjawab, menulis artikel. Jawaban yang benar, karena kekuatan sebuah blog melalui artikel atau konten yang dibuat secara rutin. Tapi ada satu hal lagi yang seharusnya pemilik blog lakukan setiap hari untuk blog mereka.

Aktivitas seorang blogger

Aktivitas ini hampir sama pentingnya dengan menulis artikel, dan juga tidak jauh dari seputaran artikel/konten dalam blog. Menyesuaikan isi artikel lama dengan kondisi terbaru merupakan hal yang hampir sama pentingnya dengan menulis artikel baru. Tentu anda tidak ingin sebuah artikel yang menarik banyak pembaca tetapi isinya tidak relevan dengan keadaan sekarang. Misalnya artikel anda berjudul, hp terbaru zaman sekarang. Artikel yang anda buat tahun 2013 tentu sudah tidak relevan pada tahun 2016.

Berikut yang harus anda lakukan:

1. Pilihlah salah satu artikel

Pilih satu artikel yang mempunyai performasi baik

Pilihlah satu artikel yang telah berusia lebih dari setahun atau lebih. Pilihlah artikel-artikel tersebut berdasarkan kriteria ini:
  • Artikel tersebut memiliki performansi yang bagus, baik dari traffik maupun jumlah komentar.
  • Artikel tersebut sudah expired, sudah tidak relevan dengan keadaan sekarang.
  • Artikel tersebut anda nilai sebuah artikel yang bagus namun belum mendapat hasil yang optimal dari jumlah pengunjung.
Menurut saya lebih baik kalau anda memilih artikel yang sifatnya tidak lekang oleh waktu, seperti artikel tentang tutorial bukan artikel berita yang cepat masa expire nya.

2. Lakukan update artikel


update artikel secara reguler

 Update artikel ini akan saya bagi menjadi 3 bagian penting :

1. Update isi artikel
update artikel ini bisa berupa apa saja. Menulis ulang keseluruhan artikel atau bagian-bagian tertentu saja. Mengganti gambar baru, diagram baru atau menambahkan sesuatu dalam isi artikel agar relevan dengan zaman sekarang, intinya adalah membuat artikel tersebut berguna bagi pembacanya.

2. Update SEO (search engine optimisation)
lakukan update SEO untuk artikel tersebut, seperti memasukkan nya kembali ke google addurl dan lakukan perubahan meta tag, title agar lebih sesuai dan relevan pada masa sekarang. Anda boleh juga menanamkan link ke artikel terbaru anda di blog agar semakin relevan dan berguna untuk pembaca anda.

3. Update Sosial Optimisation
Perubahan internet sangat cepat, sosial media 3 tahun lalu dan jaman sekarang sungguh amat berbeda. Kalau jaman dahulu mungkin anda mengenal friendster atau facebook, namun jaman sekarang sudah berubah. Instagram, pinterest, path, atau twitter menjadi pilihan lain yang sangat cepat berkembang. Gantilah gambar dari artikel tersebut menjadi lebih bagus agar lebih mudah mensharenya di Instagram atau pinterest.

3. Share dan publish ulang artikel.

Republish artikel lama

Dengan artikel yang sudah di update tadi, ada baiknya anda mulai melakukan optimasi artikel kembali. Lakukan exposure terhadap artikel yang baru anda update tadi, saya membaginya kembali dalam 3 bagian:

1. Mempublish ulang artikel yang sudah di update
Tidak semua artikel yang anda update harus anda publish kembali, pilihlah beberapa artikel tertentu saja yang anda rasa cocok untuk di publish ulang. Pilihlah artikel yang pernah memiliki visitor tinggi, atau pernah menjadi artikel populer di blog anda. Cara mempublish nya pun cukup mudah, hanya mengganti schedule publishnya.

2. Sosial media
Sharing semua artikel yang sudah di update tadi ke sosial media. Lakukan sharing artikel secara terjadwal ke sosial media seperti facebook, twitter, instagram, pinterest dll. Ini akan meningkatkan exposure terhadap artikel yang sudah anda update.

3. Buat artikel followup
Seiring berjalannya waktu terkadang sebuah artikel lama tidak cukup untuk menjelaskan semuanya, harus ada artikel lain yang memperjelas artikel pertama. Buat artikel baru dan buat link dari yang mengarah ke artikel lama. Ini dapat membantu untuk mendapatkan traffik kembali ke artikel lama yang sudah anda update.

Demikian beberapa hal yang dapat anda pertimbangkan sebagai salah satu aktivitas tambahan bagi para blogger. Karena hal-hal ini berkaitan dengan bagaimana memberikan pembaca anda suatu artikel yang berguna bagi mereka dan sesuai dengan apa yang mereka cari. Keep posting dan Happy blogging @Ifex_xavier

1 comments:

  1. Thanks infonya.. iya saya sering artikel lama enggak saya utak-atik lagi, padahal bisa diolah lagi ya..

    ReplyDelete