Header Ads

20 cara pintar mendapatkan backlink gratis dan berkualitas

Blogging merupakan suatu aktivitas yang dewasa ini berkembang secara cepat menjadi sebuah hobi dan juga bagian aktivitas yang mendatangkan penghasilan. Entah tujuan anda untuk hobi ataupun mendapatkan penghasilan, inti dari blogging sebenarnya adalah mendapatkan pembaca atau dengan kata lain traffik ke blog.

Cara mendapatkan backlink gratis


Satu dari sekian banyak cara memperoleh traffik yang paling populer adalah dengan melalui backlink. Sejumlah link yang terdapat dalam artikel, forum, kolom komentar yang mengarah ke blog kita, dinamakan sebagai backlink. Disini saya akan menjabarkan sejumlah metode yang dapat kita gunakan untuk memperoleh backlink berkualitas

Berikut beberapa metode yang dapat digunakan oleh blogger untuk mendapatkan backlink:

1. Buat sebuah artikel yang menarik
Apapun yang mungkin anda lakukan sebagai seorang blogger, anda tidak dapat menyangkal pentingnya kualitas konten dari artikel. Cobalah untuk membuat sebuah artikel yang benar-benar informatif, yang memuat berbagai sumber terpercaya dan berguna untuk si pembaca. Semakin artikel anda menarik di mata pembaca, maka ada kemungkinan pembaca akan share berita yang mereka baca dengan link yang mengarah ke blog anda.

2. Mendapatkan link dari website populer.
Mungkin anda pernah mendengar situs Vivalog? situs berita populer tersebut menyediakan halaman khusus untuk menyaring berita-berita populer dari berbagai macam blog berbahasa Indonesia. Jika anda beruntung berita andapun bisa masuk di Vivalog, dan jika sudah tampil disana, maka garansi ratusan traffik per hari pun bisa anda dapatkan.

3. Mendapatkan perhatian dari khalayak ramai melalui networking.
Lakukan posting di sejumlah forum dan isi bagian sumber dengan link yang menuju ke blog anda. Sejumlah orang sering menggunakan forum sebagai tempat berbagi ilmu atau berita terbaru, dan tentunya sebuah link di sebuah postingan disana akan membantu anda menambah backlink yang memberikan traffik.

4. Sosial Media
Sosial media merupakan backlink yang paling populer untuk sebuah blog dewasa ini. Buat akun sosial media seperti twitter, facebook, Instagram dll untuk memperoleh backlink Buat akun-akun tersebut sebelum anda membuat sebuah blog. Berusahalah mendapatkan like sebanyak mungkin. Setiap posting yang anda lakukan di blog, lakukan juga di sosial media yang anda punya. Selipkan judul berita atau gambar yang menarik perhatian para pengikut anda. Semakin menarik maka semakin banyak orang yang akan mengklik menuju ke blog anda.

5.Tunjukkan pencapaian anda
Jika anda pernah mendapat pencapaian di niche anda seperti meraih juara 1 di kontes SEO atau sejenisnya, maka tunjukkanlah hasil pencapaian tersebut di berbagai forum, sosial media dan platform media sosial internet lainnya. Bagi sebagian orang mengikuti seseorang yang sukses adalah salah satu jalan menuju sukses. Tunjukkan kepada mereka siapa diri anda dan pencapaian apa yang telah anda raih.

6. Jadi lah blogger tamu (guest posting)
Carilah blog lain yang memiliki fitur "guest blogging". Guest blogging merupakan fiture dalam sebuah blog yang memungkinkan blogger lain untuk menyumbang satu atau lebih artikel ke dalam blog tersebut. Dan biasanya ada satu link di dalam artikel yang mengarah ke blog si blogger. Guest blogging merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk memperoleh backlink.

7. Temukan link anda di blog lain
Carilah website yang dimana salah satu artikelnya memuat tentang anda tetapi tidak mencantumkan link. Setelah anda mendapatkannya, segera kirim email kepada pemilik blog karena telah menceritakan tentang anda dalam blognya. Ucapkan terima kasih kepada pemilik blog karena menceritakan tentang anda tentunya sekalian meminta agar memberi link yang mengarah ke blog anda dalam artikel tersebut. Ada banyak tool yang bisa mencari artikel yang berisi tentang blog anda di internet, pilih salah satu dan gunakan untuk mencari artikel-artikel yang memuat tentang blog anda.

8. Gunakan Yahoo Answers.
Dewasa ini banyak orang yang sering mendapatkan jawaban mereka di Yahoo Answers untuk mengatasi masalah mereka sehari-hari. Pilih salah satu pertanyaan dalam Yahoo Answers dan berikan jawaban yang sesuai sembari menyelipkan referensi jawaban yang berupa link ke blog anda. Ingat jawaban dan referensi link yang anda berikan harus relevan dengan isi pertanyaan. Jika tidak relevan atau tidak sesuai maka visitor tidak akan mengunjungi blog anda lagi.

9. Minta review blog anda di blogging forum.
Pilihlah salah satu forum dan buatlah thread yang khusus untuk review blog. Di Indonesia forum seperti ads.id memiliki forum khusus yang memuat blog-blog baru untuk di review, buatlah thread disana dan biarkan orang-orang menilai tentang blog anda. Sekaligus untuk menambah backlink dari forum tersebut.

10. Tulislah artikel yang kontroversial dan postingkan link nya di forum
Artikel kontroversial biasanya selalu digemari oleh pembaca. Buatlah judul artikel yang membuat orang lain penasaran dan selipkan di dalam sosial media, forum atau sosial bookmark. Ingat bahwa artikel tersebut harus benar-benar bermanfaat untuk pembaca bukan hanya sekedar memasang judul yang kontroversial namun isi artikelnya kosong. Jika itu yang terjadi bisa saja pembaca akan tidak menyukai blog anda dan meninggalkannya.

11. Buat artikel yang berisi perbandingan orang-orang hebat dalam niche artikel anda.
Orang-orang selalu senang dengan yang namanya perbandingan. Buat artikel yang berisi perbandingan orang-orang hebat. Misalnya niche blog anda bertema tentang kuliner, maka buatlah artikel yang membandingkan antara chef-chef cantik antara Farah Queen dan Chef Aiko. Buatlah perbandingan antara masakan mereka, profil mereka dll. Orang yang menyenangi artikel anda akan menshare artikel anda ke forum atau sosial media, tentunya dengan ini akan menjadi ladang backlink gratis buat blog anda.

12. Mendapat pelanggan blog
Ajaklah pembaca blog anda menjadi pelanggan newsletter. Newsletter bisa menjadi salah satu ladang backlink gratis yang berkualitas, manjakan pelanggan anda dengan artikel-artikel yang bermutu. Tentunya tidak lupa sembari menyelipkan backlink di email newsletter yang anda kirimkan.

13. Manfaatkan domain .gov. atau .edu.
Anda tidak dapat memanfaatkan domain-domain sejenis kecuali anda lembaga pemerintah atau badan pendidikan. Anda dapat mengemail website yang menggunakan domain ini dan menjelaskan tentang blog anda dan partisipasi blog anda untuk masalah pendidikan dan kepemerintahan. Jika anda mendapatkan link dari website sejenis ini, maka backlink yang anda dapatkan akan dinilai lebih tinggi di mata google.

14. Buat halaman wikipedia yang mengarah ke blog anda.
Wikipedia di tulis oleh penggunanya seperti kita. Berikan lah beberapa informasi tentang blog anda disana dan selipkan link referensi yang mengarah ke blog yang anda punya. Link dari wikipedia juga termasuk backlink yang dinilai berkualitas di mata google search.

15. Menulis postingan dengan 10 cara....
Orang akan tertarik dengan artikel-artikel seperti 10 cara membersihkan mobil..... atau 10 peristiwa menyeramkan di tahun ini. Berdasarkan pengalaman saya tulisan-tulisan seperti ini lebih banyak menarik pembaca di banding tulisan yang tidak ada unsur numeriknya seperti cara membersihkan mobil atau peristiwa menyeramkan di tahun ini. Meskipun sering kali artikel-artikel seperti ini tidak otentik, tetapi tetap saja selalu menarik minat pembaca lebih banyak. Merupakan sumber backlink yang baik karena biasanya artikel seperti ini akan banyak di share oleh pembaca.

16.Membuat sebuah judul artikel yang menggemparkan.
Sebuah judul artikel yang menggemparkan seperti "Samsung ingin membeli Apple" akan mendatang ribuan share dan akan mendapatkan backlink yang sangat banyak karena judul berita tersebut agak mencengangkan. Sering sekali saya mendapatkan berita-berita seperti ini, dengan judul yang seperti itu seperti "Rhoma Irama tewas tertabrak mobil" pada saat saya buka link nya ternyata itu adalah nama kucing, dan pemiliknya memberikan nama tersebut karena memang penggemar Rhoma Irama. Berita ini mendapatkan lebih dari 1000an share yang berarti juga 1000an backlink bagi si empunya berita.

17. Gunakan gambar yang menarik. 
Sebuah gambar diagram memuat ribuan data dalam satu gambar. Dan apakah anda tau bahwa sebuah gambar bisa menarik banyak pembaca. Cobalah memberikan gambar dalam artikel anda, entah berupa foto, animasi, video atau apapun yang berupa gambar. Jika gambar yang anda sajikan menarik tentu saja akan menarik ratusan bahkan ribuan backlink dari berita yang share oleh pembaca anda.

18. Buat artikel review tentang hal terbaru yang berhubungan dengan niche anda.
Buat sebagian orang, mengikuti berita terbaru tentang sebuah produk merupakan hal yang sangat penting. Jika blog anda bertema tentang gadget maka buat lah sebuah artikel review tentang produk gadget terbaru seperti Produk Iphone Apple terbaru, meskipun anda tidak memiliki produk apple terbaru tidak masalah, cari website luar negeri yang membahas itu dan jadikan sebagai referensi untuk artikel terbaru anda.

19. Buat halaman khusus tentang berita
Berita selalu merupakan hal penting bagi banyak orang. Buatlah sebuah page khusus yang memuat berita-berita terbaru seputar niche anda. Saya yakin hal itu akan mendatangkan banyak backlink jika anda rajin mengupdate berita terbaru di page tersebut.

20. Gunakan koran atau majalah.
Banyak orang menganggap bahwa koran atau majalah masih merupakan sumber informasi terbaik untuk sekarang. Dan sebagian koran atau majalah menyediakan kolom khusus untuk para orang yang berpengalaman menulis artikel disana. Cobalah melamar disana dengan menghubungi bagian editor. Jika mereka mengganggap anda layak maka anda bisa mengirimkan artikel disana dan jangan lupa untuk menyebutkan blog anda sebagai referensi artikel yang bagus.


Demikian 20 cara yang dapat anda gunakan untuk mendapatkan backlink gratis ke blog anda. Semoga bermanfaat, Keep posting and Happy blogging @Ifex_xavier

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.