Header Ads

Kerja sampingan sebagai penulis online

Menulis bagi sebagian orang, sudah dijadikan mata pencaharian utama. Saya ambil contoh penulis, buku, novel ,jurnalis dll. Dengan menulis anda bisa membicarakan hal apa saja yang dituangkan dalam kertas atau berbentuk artikel online. Hal itu tentunya dapat menjadi lahan bisnis buat anda yang menggemari atau mempunyai hobi menulis.

Menjadi penulis online


Buat anda yang baru mengenal dunia ini, mungkin ini saat nya memulai. Karena potensinya yang lumayan besar, kegiatan ini dapat anda jadikan sebagai kerja sampingan yang penghasilannya lumayan.

Langkah awal 

Buat anda yang baru mulai, dan sedang mempertimbangkan untuk mencoba jenis pekerjaan ini ada baiknya anda membaca artikel ini sebagai referensi memulai jenis kerjaan sampingan sebagai penulis online. Langkah awal memulai nya adalah dengan menawarkan diri ke redaksi-redaksi sekolah atau redaksi kemahasiswaan. Cobalah menawarkan diri sebagai penulis lepas di majalah mereka. Bisa tentang apa saja yang anda sukai.

Kumpulkan berbagai macam tulisan anda dalam satu kliping. Ini akan berguna buat anda nantinya, sebagai portfolio. Cara lain adalah dengan cara menjadi penulis tamu di berbagai macam blog atau website. Sekalipun gratis dan anda tidak dibayar, jangan khawatir karena ini adalah langkah besar untuk memulai karir anda sebagai penulis online. Selalu sertakan nama dan no.telp yang bisa dihubungi di setiap artikel yang anda tulis. Ini berguna untuk anda dalam membuat networking atau pertemanan.

Cara lainnnya yang cukup efektif adalah dengan membuat blog di blog-blog gratisan seperti blogspot, wordpress. Dengan begini karya anda akan mudah di lihat oleh orang lain. Ini juga membantu anda untuk meningkatkan networking anda di dunia penulis online.

Potensi Penghasilan

Apakah anda tau berapa artikel yang di dapat seorang penulis online setiap bulan? jawabannya sangat banyak. Menurut data Internetlivestats tahun 2020 saja jumlah Website yang aktif adalah sekitar 1,7 Miliar Website. Dari situ saja kita bisa lihat berapa potensi penghasilan dari blog-blog yang ingin memesan artikel untuk menjaga kelangsungan updating blog nya. Akan saya tampilkan tabel harga dari beberapa website jasa penulisan artikel. Tabel kita ambil contoh dari website www.JasaPenulisanArtikel.com.

Contoh Tabel harga jasa penulisan artikel.
Bayangkan jika dalam satu hari anda mendapat orderan artikel sejumlah 3 artikel saja. Jumlah yang anda dapatkan untuk pemesanan 500 kata (Yang sesuai standar SEO). Anda akan mendapatkan Rp. 60.000 dalam sehari hanyak untuk bekerja selama 1 jam, karena estimasi saya untuk 1 artikel tidak lebih dari 15 menit jika anda sudah menguasai bahannya.

Perhitungan ini jika hanya 3 artikel saja, bagaimana jika sudah menjadi penulis yang dikenal potensi penghasilan anda pasti bisa jauh lebih besar dari yang saya jabarkan tadi. Sebagai referensi untuk penulis luar negeri di www.iwriter.com bisa jauh lebih besar. Untuk satu artikel dengan harga terendah (200 kata) anda dapat kan sekitar $1.25 per artikel.

Cara melamar menjadi Penulis Online


Untuk membuka usaha sampingan sebagai penulis, ada beberapa cara. Tapi saran saya pertama kali anda memasarkan jasa penulisan artikel melalui website yang menyediakan tempat buat penulis-penulis online.
Untuk Indonesia saat ini yang bisa anda coba masukkan resume anda adalah www.sribulancer.com,
disini anda akan di pertemukan dengan pengguna jasa penulis online, dan harga juga biasanya tidak jauh-jauh dari standar penulisan artikel. Gunakanlah kesempatan ini dengan memasukkan portfolio, kliping , blog yang sudah pernah anda buat dalam profil akun sribulancer anda. Jalinlah komunikasi yang baik dengan calon pengguna jasa anda. Semakin baik maka semakin sering pengguna jasa anda melakukan repeat order.

Untuk pasar luar negeri,  mungkin anda bisa mencoba di www.iwriter.com, konsepnya hampir sama dengan sribulancer hanya bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris, dan calon pengguna jasa anda pun orang luar negeri. Semakin baik komunikasi anda dengan calon pengguna jasa, maka semakin baik juga untuk bisnis anda di masa depan. Pengguna jasa anda akan melihat anda sebagai seorang yang bisa di ajak kerja sama dan bisa berpartner dengan dia. Jika sudah begitu semua artikel untuk blognya pasti akan diserahkan ke anda.

Coba mendaftar penjadi Konten Kreator Lokal.

Beberapa Media lokal sekarang juga punya platform khusus untuk menjaring penulis-penulis lokal yang ini menuangkan ide-ide nya melalui tulisan. Mungkin anda bisa mencoba salah satu nya, penghasilannya juga tidak sembarangan.

Untuk Media seperti Brillio.com berani membayar Rp. 200.000 untuk setiap artikel yang mereka terbitkan, Untuk viva melalui segment V-Storynya akan membayar tulisan per view dari pembaca mereka.

Berikut beberapa Media yang membuka lowongan sebagai penulis Online:

1. Kaskus Kreator
2. Brillio
3. IDN Times
4. Vivanews
5. Kompasiana
6.UC News.

Sepertinya masih banyak yang lainnya, silahkan di searching by google ya...

Menjadi penulis jaman sekarang cukup menjanjikan, dengan penghasilan yang juga bisa besar tergantung dari kualitas tulisan yang dibuat. Jadi asah terus kemampuan anda menulis dan jadi penulis besar yang bisa dibayar mahal.

9 komentar:

  1. emang eak kalo pandai nulis, bisa menghasilkan byk uang.. cm terkadang bayaran penulis itu kecil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. besar atau kecilnya tergantung bro, tergantung pengalaman dan jumlah artikel yang ditulis :)

      Hapus
  2. emang enak kalo pandai nulis, bisa menghasilkan byk uang.. cm terkadang bayaran penulis itu kecil.

    BalasHapus
  3. Kalo ane sih jadi pemburu kuis ato kontes nulis. Lumayan, buat biaya kuliah nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sip bro, itu juga alternatif mencari penghasilan dari menulis...

      Hapus
  4. Baru pernah ditanyain rate card nulis di blog aja nih selama aktif ngeblog, kayaknya saya mau cobain ah ngajuin resume ke sribulancer. :D

    BalasHapus
  5. ternyata ada juga jasa penulisan artikel. selain menulis artikel, cerpen/puisi bisakah? karena surat kabarpun ada yang sampai membayar 1jt lebih untuk cerpen yang dimuat. wow

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada bro Adhy, biasanya sih tergantung penulisnya...harga seorang kolumnis terkenal tentu berbeda dengan harga pemula seperti kita..hehhe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.