Header Ads

Bagaimana cara riset kata kunci menggunakan siaran TV

Saya sering membaca banyak macam artikel tentang cara melakukan riset keyword. Kebanyakan blogger biasanya menggunakan tool-tool SEO seperti adwords keyword planner dan berbagai macam tools lain yang bertebaran di Internet. Berbagai tools yang disediakan untuk melakukan riset keyword ini kebanyakan mewajibkan anda untuk mendaftar dahulu untuk melakukan riset, bahkan ada yang mewajibkan penggunanya untuk membayaran pendaftaran member.

Riset keyword dengan siaran TV


Kalau saya, biasanya sering menggunakan adwords keyword planer karena gratis. Tapi tahukah anda bahwa sebenarnya ada banyak cara yang jauh lebih mudah dalam melakukan riset keyword. Salah satunya adalah dengan menonton TV.

Televisi sudah menjadi bagian hidup sebagian besar masyarakat Indonesia. Mungkin hampir tidak ada orang yang tidak pernah melihat siaran TV dalam kegiatan sehari-harinya, kecuali orang tersebut benar-benar sibuk dengan rutinitas nya setiap hari. TV menjadi pilihan sebagian besar masyarakat untuk melakukan refreshing. Hanya dengan duduk di depan layar TV dan menikmati siaran yang di sajikan.

Sebenarnya hal ini menjadi peluang untuk para blogger dalam melakukan aktivitas bloggingnya. Apa saja berita yang sedang trend di Indonesia dan luar negeri dapat anda saksikan di televisi, dan biasanya apa saja yang trend akan meledak pencariannya di Internet. Ini lah yang akan kita manfaatkan, berikut akan saya jabarkan bagaimana cara melakukan metode ini

 Yang perlu anda siapkan:

1. TV dengan channel lokal dan dunia
2. Laptop/PC yang siaga yang terhubung internet.
3. Segelas Kopi (optional)
4. Rokok (Optional) kebetulan penulis tidak merokok.

Cara menggunakan metode ini

Caranya adalah, duduk di depan TV anda, nikmati siaran apa saja hari itu. Perhatikan juga iklannya. Misalnya hari itu anda menonton iklan tentang HP samsung terbaru, dan jika anda perhatikan di iklan tersebut tidak ada spesifikasi lengkapnya., maka disinilah kesempatan anda. Segera cari referensinya di internet dan tuliskan itu di blog anda. Hal ini juga berlaku untuk siaran lain seperti pertandingan sepakbola, atau kejadian politik.

Untuk pertandingan bola, tontonlah pertandingan hari itu sambil mengikuti update di website luar negeri semacam live score dan tuliskan hasil pertandingan terupdate. Untuk berita politik atau kasus hukum seperti kasus pembunuhan mirna cukup menonton TV dan tuliskan apa yang anda lihat di TV sebagai perkembangan terbaru kasus ini. Hal ini juga berlaku untuk kontes-kontes di TV semacam IMB, Indonesian Idol, Dacademy dll.

Ini beberapa contoh keyword yang bisa anda kembangkan menjadi keyword:

1. Hasil pertandingan la liga tanggal 1 Februari 2016
2. Hasil sms Dacademy Indosiar (update 1 Februari 2016)
3. Jessica tertangkap sebagai pembunuh Mirna.(update 1 Februari 2016)

masih banyak hal lainnya yang dapat anda explore sebagai keyword dalam penulisan artikel.Sesuaikan dengan berita yang trending saat itu.
Setiap metode selalu ada kelebihan dan kekurangannya:

Kelebihan metode ini:
1. Jika kita melakukan dengan cepat, akan sangat mudah kita mendapatkan ranking pertama di google search.
2. Bisa mendongkrak traffik kunjungan ke blog dengan cepat.
3. Untuk kata kunci tentang spesifikasi produk biasanya akan mampu bertahan lama di hasil pencarian google.

Kekurangan metode ini:
1. Sangat instan, cepat naik tetapi cepat juga turunnya karena di pengaruhi berita trending 1-2 hari.
2. Banyak saingan, jika tidak cepat anda mungkin akan tercecer di halaman 2 atau 3 hasil pencarian.
3. Anda harus rajin mempublish artikel, karena trend selalu berubah setiap waktu.

Demikian kiranya apa yang saya dapat sampaikan tentang bagaimana cara meriset kata kunci menggunakan siaran TV. Keep posting dan happy blogging @Ifex_xavier

Referensi artikel: http://ads.id/forums/showthread.php/151485-Cara-Sederhana-Riset-KeyWord-Untuk-Blog-Menggunakan-Televisi








Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.