Header Ads

Bagaimana cara menggunakan keyword planner, perhatikan langkah-langkahnya disini

Saat masuk di dunia blogging, banyak sekali situs yang menawarkan tool yang di klaim dapat membantu SEO sebuah blog secara lebih efektif. Namun ada satu tool yang dapat anda gunakan dan sangat berguna, tool ini di namakan google keyword planner.

Sebelum kita membicarakan mengenai bagaimana cara menggunakan keyword planner, penting untuk anda mengerti mengapa kita menggunakan tool ini dan untuk mengerti itu anda harus punya sedikit pengetahuan tentang pentingnya riset keyword demi perkembangan blog yang anda punya.

Keyword adalah sejumlah kata atau kalimat yang digunakan oleh seseorang saat melakukan pencarian di mesin pencari. Saat anda berkunjung ke website google.co.id , anda akan mengetikkan beberapa kata misalnya "bagaimana cara menurunkan berat badan" atau "bagaimana cara bermain sepakbola" kedua kalimat itu kita namakan sebagai keyword atau kata kunci.

Tool keyword planner ini akan membantu anda melihat apa yang biasanya di ketikkan orang atau keyword apa yang biasa mereka gunakan untuk mencari sesuatu di Internet. Jika anda ingin agar postingan anda gampang terlihat di mesin pencari, maka keyword planner merupakan tool yang sangat vital untuk blog anda.

Sebagai contoh jika anda ingin membuat artikel tentang menurunkan berat badan, maka judul apa yang sebaiknya anda gunakan. "Mengurangi lemak tubuh" atau "Menurunkan badan cepat". Judul mana yang paling sering di cari orang? Judul mana yang akan menarik trafik lebih? ini lah yang keyword planner akan lakukan untuk anda.

Langkah-langkah menggunakan keyword planner 

1. Anda membutuhkan sebuah akun google.
Jika anda seorang blogger yang menggunakan fasilitas blogspot, mungkin anda sudah memiliki sebuah akun google. Tapi jika anda menggunakan wordpress atau perangkat lainnya, maka anda harus mendaftar dulu ke google untuk dibuatkan 1 akun baru. Atau cara mudah nya langsung saja ke situs keyword planner dan daftarkan diri anda disana.

2. Log In ke dalam keyword planner
Segera log in menggunakan akun google anda ke dalam google adword keyword planner. Sebenarnya tool ini awalnya dibuat untuk blogger yang ingin mengiklankan blog nya di adwords google. Namun alat ini bisa juga di gunakan blogger secara gratis.



3. Mulai melakukan pencarian keyword
Ada 3 cara melakukan pencarian keyword


  • Product atau Service : anda bisa memasukkan produk anda untuk mendapatkan keyword yang paling sesuai. Atau anda juga bisa menuliskan sebuah kalimat untuk produk anda. Anda akan mendapatkan kata-kata mana atau kalimat mana yang paling sering digunakan orang.
  • Your Landing Page : Jika anda memasukkan url tertentu ke dalam kolom ini, anda akan mendapatkan keyword apa yang paling cocok di optimasi dalam url artikel yang anda masukkan ini.
  • Your Product Category : Jujur, saya hampir tidak pernah menggunakan kolom ini. Tetapi buat anda yang menjual barang atau jasa. Anda bisa menggunakan kolom ini untuk mempertajam pencarian, kombinasikan dengan kolom product atau service. 

4. Filter pilihan pencarian anda.
Filter kata ini akan sangat berguna untuk anda dalam mencari keyword tertentu. Filter akan berguna dalam mempertajam pencarian keyword yang anda lakukan.


  • Targeting : Ada 4 pilihan dalam targeting diantaranya adalah
    • Location (Lokasi) : Jika keyword anda menyasar pada suatu daerah tertentu misalnya Indonesia. Ini akan membantu anda dalam mempersempit pencarian. Keyword Planner akan mencari trend pencarian di Indonesia saja.
    • Languange (Bahasa): Ini membantu anda untuk menyaring bahasa apa saja yang di gunakan dalam melakukan pencarian. Jika artikel anda berbahasa Indonesia , maka anda akan menyasar pembaca dengan bahasa Indonesia.
    • Search Type (Tipe pencarian): sebagai seorang blogger akan lebih bagus kalau anda menggunakan google sebagai tipe pencarian. Pilihan lainnya adalah Adsense, ini berguna untuk orang menggunakan iklan adsense sebagai sasarannya.
    • Negative Keyword (negatif keyword): Merupakan kata-kata yang tidak anda inginkan untuk masuk dalam keyword. Misalnya anda menjual "cara belajar bahasa spanyol" namun anda ingin tidak ingin ada kata gratis di dalamnya seperti "cara belajar bahasa spanyol dengan gratis" . Jika anda menggunakan negative keyword gratis maka akan menjadi "cara belajar bahasa spanyol"
  • Customize your search : Di kolom ini kebanyakan lebih di gunakan untuk calon pengiklan yang ingin menggunakan adsense sebagai pilihan beriklannya. Akan tetapi disini anda dapat menfilter untuk kata-kata yang memiliki jumlah pencarian lebih dari 1000 pencarian dalam sebulan. Ini akan berguna untuk anda yang mengincar keyword-keyword terpopuler. 
    •  keyword to include : kalau ini berlawanan dengan Negative Keyword. Kata-kata yang anda di ketikkan dalam kolom ini, akan tampil di hasil pencarian. Ini akan sangat berguna untuk anda yang ingin mengetahui kata-kata panjang dalam pencarian. Misalnya anda ingin menambahkan kata "bagaimana cara".
5. Find your keywords 
Setelah anda mengatur semuanya, mulailah melakukan pencarian. Pertama kali anda akan melihat 2 pilihan pencarian. "Ad Group Ideas" dan "Keyword Ideas". Untuk pilihan "Ad Group Ideas" sebenarnya lebih banyak di gunakan oleh calon pengiklan yang ingin menggunakan adsense sebagai pilihan beriklannya. Akan tetapi tidak ada salah nya anda menggunakan itu untuk mempersempit hasil pencarian anda.



Sekarang coba lah mengklik "Keyword Ideas" anda akan melihat kata-kata kunci yang di tampilkan  google berdasarkan pencarian kata-kata kunci yang relevan dalam satu bulan. Urutkan hasil pencarian berdasarkan jumlah pencarian per bulan.


Pada kolom Average Monthly Search menampilkan hasil pencarian rata-rata dalam 1 bulan.

Kolom competition menampilkan jumlah pengiklan yang menggunakan kata kunci ini sebagai iklan. Semakin tinggi (high) mengindikasikan kata-kata tersebut sudah banyak pemakainya, yang berarti tingkat persaingan untuk kata kunci tersebut tinggi.

Suggested bid menampilkan harga untuk setiap keyword. Semakin tinggi menandakan bahwa kata kunci tersebut banyak peminatnya dan sama dengan kolom competition, ini menandakan jumlah pemakai kata kunci ini cukup tinggi.

Data inilah yang dapat anda gunakan untuk menentukan kata kunci seperti apa yang anda pakai. Keyword planner memang tidak berpengaruh langsung kepada SEO anda. Tapi akan sangat berpengaruh pada hasil pencarian blog anda di mesin pencari google jika pilihan kata kunci yang anda gunakan tepat.

Demikian saya sampaikan tentang bagaimana cara menggunakan keyword planner. Jika ingin bertanya, tuliskan pertanyaan di kolom komentar dan akan saya jawab satu-persatu. Selamat menulis dan Happy Blogging. @Ifex_Xavier

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.