Pages

Friday, January 1, 2016

Apakah google adwords lebih baik dari Facebook ads? berikut pembahasannya

Tips Blog Indonesia - Google dan facebook merupakan dua raksasa bisnis internet yang memiliki cakupan pengguna ratusan juta orang per bulannya. Kedua platform ini pun sama-sama memiliki penawaran kepada pengusaha-pengusaha kecil untuk memperkenalkan produknya ke seluruh dunia. Semua ini mencakup puluhan orang sampai puluhan juta orang tergantung seberapa besar dana yang di gunakan dan kriteria target yang diinginkan si pengiklan.

Tetapi ada saat dimana saya biasanya lebih memilih menggunakan google adwords dibanding facebook ads untuk mengiklankan beberapa toko online yang saya kelola. Kedua platform ini bekerja dengan cara yang sedikit berbeda. Mari kita bahas tentang keduanya, sehingga nantinya setelah anda membaca artikel saya ini, anda mempunyai referensi pilihan beriklan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

Beriklan dengan menggunakan Google Adwords

Figure 1: Perbandingan google ads dan facebook ads


Beriklan dengan google adwords berbicara mengenai menaruh dana iklan untuk membidik sejumlah kata kunci tertentu. Menggunakan google adwords membutuhkan naluri yang pas terutama dalam membidik sejumlah kata kunci yang kira-kira akan digunakan pengunjung. Untuk menggunakan layanan google adwords ini anda akan dibantu dengan tool yang juga dimiliki google yaitu keyword planner, dengan menggunakan layanan ini anda akan dengan mudah melihat kata kunci apa yang paling sering di gunakan untuk mencapai target audiens anda.

Beriklan dengan menggunakan Facebook Ads

Figure 2: Perbandingan google adwords dan facebook ads

Facebook ads merupakan cara yang ampuh untuk meraih audiens dalam jumlah yang besar, sesuai dengan kriteria tertentu yang diinginkan si pengiklan. Facebook menawarkan cara terbaik untuk meraih target pembaca iklan yang didasarkan pada letak geografi, bahasa, ketertarikan dan juga koneksi.  Bahkan sekarang facebook pun punya yang dinamakan facebook video ads.

Keuntungan dari facebook ads ini adalah anda dapat menjangkau audiens yang sebenarnya tidak memerlukan apa yang anda jual. Berbeda dengan google adwords, karena audiens yang mengunjungi iklan adalah audiens yang mengetikkan kata kunci untuk mencari apa yang mereka cari.

Memilih antara google adwords dan facebook ads

Untuk saat ini dana iklan termurah bisa anda dapatkan melalui facebook ads, tetapi ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yaitu nilai keberhasilan iklan akan lebih tinggi jika anda menggunakan layanan google ads, mengapa demikian? hampir sebagian besar audiens yang melakukan klik iklan pada google ads sudah memiliki mindset bahwa mereka akan membeli apa yang mereka cari. Disini letak perbedaannya dengan facebook ads, facebook ads tidak memberikan nilai yang tinggi untuk tingkat konversi pembelian barang yang di iklankan.
Facebook ads hanya berfungsi untuk mengiklankan produk kepada audiens yang masuk dalam kriteria barang yang diiklankan. Tetapi tidak dalam posisi akan melakukan pembelian.

Jika anda sebagai pengiklan ingin mengejar tingkat konversi penjualan maka saran saya gunakanlah google adwords, tetapi jika anda ingin memperkenalkan barang yang anda jual kepada audiens baru tanpa mengharapkan konversi penjualan dalam jumlah tinggi, saran saya gunakan facebook ads.
Dua hal ini pun sebenarnya bisa anda kombinasikan antara google adwords dan facebook ads untuk meraih hasil maksimal. Facebook ads lebih ke branding produk, dan google adwords lebih ke nilai penjualan.


4 comments:

  1. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    Domino 99
    Situs Poker Online
    Domino Qiu Qiu

    ReplyDelete
  2. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    domino99 online terpercaya
    dominoqq
    domino qiu qiu

    ReplyDelete
  3. Informasi yang sangat bagus dan berguna. Ditunggu untuk informasi berikutnya. Thanks gan


    bandarq
    Domino 99
    Situs Poker Online
    Domino Qiu Qiu
    Poker88 Indonesia

    ReplyDelete