Header Ads

5 hal yang harus ada dalam sebuah website toko online

Seiring berjalannya waktu, website membuktikan eksistensi nya dalam dunia pemasaran. Website menjadi sebuah tool penting dalam menjalan kan berbagai macam jenis jual beli online. Anda mungkin dapat melihat berbagai macam situs baru yang menawarkan berbagai macam barang seperti Lazada, berrybenka, OXL, tokopedia, sipshops dll.

5 hal yang harus ada di sebuah website toko online

Dengan fenomena baru ini mulai banyak jenis website bermunculan. Hampir semua perusahaan mempunyai website sebagai usaha dari branding produk mereka. Apalagi untuk website-website yang berplatform toko online. Alhasil sekarang banyak anda temukan berbagai macam situs yang menawarkan pembuatan website murah. Tapi kah anda tau bahwa sebuah website yang sukses tidak bisa di lakukan oleh pembuat website dalam waktu yang singkat. Anda harus melakukan sesuatu agar website anda mendapat perhatian lebih dari pembaca.

Berikut akan sampaikan 5 hal penting yang harus anda punya jika anda memiliki sebuah toko online.

1. Format yang teratur dan bersih
Toko online harus memiliki format yang teratur, format dengan 1 kolom dan terdiri atas beberapa kategori akan membuat calon pembeli anda melihat dengan mudah berbagai jenis barang dari berbagai macam kategori. Gunakan font sederhana untuk tulisan di website sehingga tidak membuat sakit mata pengunjung website anda. Gunakan navigasi toko yang tidak terlalu ribet, sehingga calon pembeli mudah untuk melakukan pencarian barang.

2. Email Marketing
Bagaimana cara membuat pengunjung anda berkali-kali menyambangi website toko online yang anda punya. Gunakan email sebagai tools untuk melakukan marketing penjualan. Dewasa ini hampir semua toko online besar selalu menggunakan email marketing. Anda bisa menggunakan fasilitas feedburner untuk mengirimkan email marketing sekaligus ke semua kontak yang anda punya. Pasang widget newsletter email di website anda, sehingga semua pengunjung bisa memperoleh info updatean terbaru barang yang baru di publish di toko online.

3. Gunakan sosial media.
Dengan sosial media anda bisa melakukan interaksi secara lebih intens dengan pembaca. Bukan hanya calon pembeli, tetapi pengunjung situs yang hanya sekedar bertanya mengenai barang yang anda jual, cara transaksi, cara pengiriman dll. Anda juga bisa memperoleh banyak masukan dari pengunjung website anda melalui kritik di media sosial yang anda punya. Gunakan media sosial seperti facebook, twitter dan instagram untuk berinteraksi secara langsung dengan pelanggan anda. Media sosial seperti facebook, twitter dan instagram juga akan sangat membantu dalam melakukan penjualan.

4. Miliki blog di website toko online anda.
Ada perbedaan mendasar antara website dan blog. Di website anda bisa mempromosikan produk, dilengkapi dengan keterangan dan kategorinya, tetapi kurang cocok jika anda menceritakan kegiatan toko online anda, mungkin disini anda bisa melihat contoh di website tokopedia. Tokopedia mempunyai blog yang menceritakan tentang sejarah tokopedia didirikan, contoh-contoh penjual yang sukses, kegiatan di kantor tokopedia. Semua hal yang tidak bisa anda lakukan di website toko online. Dengan adanya blog membuat anda lebih dekat dengan customer. Anda bisa menjawab pertanyaan mereka langsung di kolom komentar. Anda bisa membantu mengarahkan cara memilih produk yang cocok. Dengan adanya blog, toko online anda terlihat lebih hidup.

5.Beri keterangan tentang diri anda sebagai pemilik toko.
Dalam beberapa tahun belakangan ini banyak sekali kita temukan tindak penipuan yang di lakukan toko online tidak bertanggung jawab. Hal ini sangat berpengaruh terutama terhadap penjualan-penjualan yang di lakukan toko online. Oleh karena itu keterangan pemilik toko akan sangat berguna untuk meningkatkan kepercayaan pembeli.

Demikian 5 faktor penting yang harus anda punya sebagai pemilik toko online. Semoga tulisan ini bermanfaat dan keep posting... @Ifex_Xavier

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.