Header Ads

Cara Menambah Follower Aktif Instagram Tanpa Aplikasi apapun

Instagram sudah menjadi bagian penting dari kehidupan anak muda jaman sekarang. Instagram di lengkapi dengan fitur-fitur yang sangat cocok untuk digabungkan dengan social media lainnya seperti twitter dan facebook. Sudah tidak asing lagi kita sering melihat foto liburan, makanan, baju dan berbagai macam hal lain di Instagram, hal ini dikarenakan instagram memang sudah menjadi gaya hidup media sosial baru buat pengguna sosial muda dan hampir kebanyakan anak muda jaman sekarang.

Sudah berapa banyak foto tentang fashion terbaru, atau video tentang kegiatan selebritis yang tersebar di Instagram. Hal ini membuat Instagram menjadi social media yang sangat di favoritkan, terbukti lebih dari 400 juta pengguna Instagram yang masih terdaftar sebagai pengguna aktif platform ini sebagai social media terfavorit mereka.

Berikut untuk data Statistik serta demografik pengguna Instagram sampai tahun 2022 ini.


sumber : wordstream.com


Jika di lihat dar tabel diatas maka diketahui pengguna Instagram untuk saat ini saja sudah mencapai sekitar 1.480.000.000 pengguna aktif.


Dengan perbandingan gender antara Pria dan Wanita dan umur mereka





Dari tabel diatas diketahui pengguna Instagram masih di dominasi antara usia 25-34 Tahun dengan lebih banyak Pria sebagai pengguna platform tersebut.

Berikut untuk data Pengguna Instagram berdasarkan Negara

Pengguna Instagram Berdasarkan Negara
Pengguna Instagram Berdasarkan Negara (Indonesia di Peringkat 4)


Dengan potensi sebesar ini, seharusnya para pemilik blog, khususnya blog yang memerlukan postingan-postingan bergambar seperti fashion blogger atau blog-blog kuliner harus benar-benar memanfaatkan Instagram untuk membuat mereka lebih dekat dengan audiens yang mereka punya.

Tetapi masalahnya mencari follower Instagram tidak lah semudah yang dibayangkan, kecuali mungkin anda berani mengeluarkan modal untuk memasang iklan di Instagram.

Berikut akan saya berikan 5 Tips mudah bagaimana cara menambah follower aktif Instagram anda tanpa menggunakan Aplikasi apapun.

1. Selalu sertakan Hashtag yang relevan
Salah satu jalan untuk memahami Instagram adalah melalui Hashtags. Hari ini semua tentang hashtag, facebook, twitter, Linkendln dan berbagai macam platform social media lainnya. Saat seseorang memposting sebuah gambar, mereka selalu akan menyertakan deskripsi dan diakhiri dengan hashtags. Ini akan mempermudah anda mencari sesuatu hal di Instagram, cukup dengan melihat hashtags nya.

hashtag yang relevan dan sesuai
Contoh Penggunaan Hashtag Yang lebih Relevan (lihat perbandingannya)


Pada saat ingin mempromosikan akun Instagram, orang terkadang masih bingung tentang hashtags apa yang harus mereka gunakan. Cara termudah adalah dengan menggunakan option pencarian. Disana anda akan mengetahui hashtags apa yang sedang trending. Anda juga dapat menargetketkan hashtags populer pada hari-hari tertentu dalam setahun. Misalnya anda menargetkan hashtags populer pada saat hari raya idul fitri untuk mempromosikan artikel yang berhubungan dengan idul fitri, misalnya tren hijab pada hari raya untuk blog fashion, atau resep membuat opor ayam untuk Instagram kuliner.

Satu strategi yang mungkin cocok untuk anda gunakan adalah, melihat hashtags apa yang digunakan Instgram lain yang satu niche dengan anda. Selanjutnya pasti selalu ada pilihan hashtags yang sesuai, cukup dengan menggunakan tombol search hashtags.

Masalah yang sering muncul pada kebanyakan blogger adalah berapa banyak hashtags yang bisa dipakai? Apakah tidak apa-apa menggunakan terlalu banyak hashtags? Mungkin sebaiknya gunakan beberapa hashtags yang benar-benar relevan dengan apa yang anda posting, tetapi jangan terlalu banyak, karena membuatnya seperti postingan yang berantakan jika anda menggunakan terlalu banyak hashtags dalam satu postingan.


2. Gunakan Foto Hashtag yang menyenangkan, Lucu serta Tidak Membosankan

Selain menggunakan Hashtag secara relevan, anda juga harus belajar bagaimana untuk membuat sebuah Hashtag yang sedikit menyenangkan, menghibur, yang jelas jangan membuat hashtag yang hanya membuat boring.

Kata-kata lucu serta menyenangkan yang ada dalam hashtag akan selalu menarik perhatian pembacanya. Entah suka apa tidak dengan isinya yang jelas pembacanya pasti akan penasaran dengan sesuatu yang menyenangkan.

Seperti contoh hashtag dibawah ini


Hashtag Instagram pada masa Corona untuk anjuran "Stay Di Rumah Aja". Dengan foto lalu dibarengi hashtag yang menarik akan membuat mata pembaca tertuju pada anda dan penasaran tentang apa yang anda share.

Tentunya juga hal ini akan menambah visibilitas anda di Instagram, sehingga potensi untuk menambah follower pun juga makin besar.

3. Ikut Terlibat pada pembicaraan yang melibatkan banyak pengikut di Instagram

Ikut terlibat dalam pembicaraan di Instagram yang melibatkan banyak audiens, semakin sering Anda terlibat dalam pembicaran akan semakin besar kemungkinan anda untuk bertemu dengan audiens yang anda inginkan.

Misalkan anda seorang pebisnis tentu anda ingin terlibat pembicaraan dengan sama-sama pebisnis. Ikut terlibat dalam pembicaraan dalam satu hashtag bisnis yang sama memungkinkan anda untuk bertemu dengan orang-orang yang punya latar belakang yang sama dengan anda.



Aktiflah memberi komentar dan like di postingan mereka. Ini adalah cara terbaik untuk melakukan interaksi dengan mereka. Semakin sering anda melakukan interaksi semacam ini, akan membuat orang lain lebih mengenal anda dan bisnis yang anda punya. Tentu saja ini artinya follower baru.

4. Tag pengguna lain

Maksud saya disini, bukanlah meng Tag orang-orang terdekat anda. Tetapi orang-orang yang relevan dengan apa yang anda posting. Hubungan paling dekat dengan pembaca anda adalah melalui follower. Semakin banyak orang yang tertarik dengan apa yang anda posting tentu saja akan menambah jumlah follower anda di Instagram. Semakin banyak follower anda, maka semakin banyak audiens yang mengunjungi profil Instagram anda.



Semakin banyak follower akan mempermudah anda dalam mempromosikan foto-foto terbaru serta produk yang anda jual. Tapi ingat interaksi tidak sebatas promosi, gunakan follower anda untuk melakukan interaksi dengan mereka .


5. Jangan lupa untuk memasukkan lokasi.

Sebagian pengguna seringkali mencari sesuatu berdasarkan lokasi. Ini berguna untuk akun instagram yang biasanya menjual sesuatu, misalnya akun Instagram fashion yang menjual berbagai macam aksesoris fashion.



Masukkan lokasi dimana anda berada. Semakin populer lokasi ,semakin tinggi kemungkinan anda menambah follower sehingga baik untuk akun anda.


6. Promosikan akun Instagram anda

Sama seperti saat anda mempromosikan facebook dan twitter anda, lakukan hal yang sama dengan akun Instagram yang anda punya. Pasang widget akun Instagram anda di sosial media lain yang anda punya. Kenalkan akun Instagram di akun facebook yang anda punya. Buat mereka menyadari bahwa anda juga memiliki akun di Instagram. Beritahu teman, teman kerja, sahabat blogging anda mengetahui tentang akun Instagram yang anda punya. Selipkan juga signature di forum-forum yang anda ikuti.



Demikian 6 tips dari saya, tentang bagaimana cara menambah follower aktif Instagram tanpa harus menggunakan aplikasi apapun secara gratis, jangan lupa temukan hashtags unik yang mewakili akun anda. Ikuti 6 langkah di atas, dan tidak lama lagi akun instagram anda akan di penuhi oleh followers.


7. Post Konten yang diinginkan Follower.

Ini hal yang mudah untuk diucapkan, tapi perlu sedikit usaha untuk di lakukan. Mudah sebenarnya untuk dicari mana yang sedang nge trend di Instagram. Lihat di beranda anda dan disitu anda akan melihat sekiranya konten apa yang sedang trend. Namun cara ini biasanya tidak 100% akurat.

Cara yang mendekati akurat adalah dengan menggunakan beberapa tool tertentu yang tersedia di internet.
Berikut untuk list tool analytic instagram yang free:

1. Instagram Insights
2. Iconosquare
3. Squarelovin
4. Crowdfire
5. Pixlee
6. Union Metrics
7. Social Bakers
8. Social Status.













2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.