Header Ads

Apa Yang Dimaksud Dengan Blogwalking dan 10 Manfaatnya Untuk Perkembangan Blog

Apa yang dimaksud dengan Blogwalking? Blogwalking adalah suatu tindakan untuk memberi komentar pada sebuah artikel yang ada diblog. Biasanya ini di lakukan oleh sesama blogger untuk menjalin silahturahmi dan pertemanan sesama blogger.

Hal ini dilakukan oleh sesama blogger biasanya dengan menanamkan link pada komentar untuk memperoleh backlink dari komentar tersebut.

Mungkin sebagian anda pernah berpikir, tidak punya waktu untuk mengunjungi blog lain dan meninggalkan komentar disana. Anda mungkin masih beranggapan bahwa akan membuang waktu sia-sia untuk melakukan semua hal tersebut. Masih banyak hal penting lainnya yang harus anda lakukan di banding hanya mengunjungi blog orang lain dan menulis komentar disana.

Manfaat blogwalking dan komentar di blog


Tapi apakah anda tau, banyak sekali hal positif dari blogwalking dan meninggalkan komentar di blog lain. Berikut akan saya jabarkan bagaimana blogwalking dan komentar memberikan anda 10 hal positif untuk blog anda.

1. Membangun relasi
Berbagi informasi dan menuliskan pendapat anda dalam artikel seseorang, akan membangun hubungan yang baik dan membentuk kepercayaan yang kuat antara anda dengan si pemilik blog. Hubungan yang baik ini akan membantu bisnis online anda menjadi lebih berkembang.

Selain itu dengan saling memberi comment di blog akan membuat kita dan si pemilik blog memiliki ikatan yang kuat karena seringnya saling mengunjungi pada blog masing-masing. Hal ini akan membuat blog yang anda punya akan terlihat selalu aktif karena selalu terlihat komunikasi yang intens dengan teman-teman anda di kolom blog commenting.

Ini akan menambah penilaian positif google untuk blog anda, yang tentunya akan berpengaruh pada SERP.

2. Menambah jumlah backlink
Backlink adalah sebuah link yang mengarah ke blog anda yang berasal dari blog lain. Membangun backlink akan membantu dalam menambah lalu lintas traffik ke blog anda.  Semakin banyak backlink berkualitas maka semakin bagus juga posisi blog anda di Mesin pencari. Tulislah komentar di blog lain, dan terlibatlah disana, maka anda sudah berada pada jalur yang benar untuk membangun blog.

Meskipun jumlah link menurut saya sudah tidak menjadi faktor penentu dalam algoritma google di 2020 ini, tetapi dengan backlink yang banyak saya sering mendapatkan traffik referral dari blog-blog yang baru saya komentari.

Dan biasanya memang refferal traffic ini berasal dari blog yang memiliki banyak pengunjung dan memiliki nilai yang tinggi di mata google. Tetapi biasakan jangan memilih-memilih blog yang akan di commenting, karena hal ini sebenarnya adalah sarana membangun silahturahmi antara sesama blogger. Yang penting adalah Blog tersebut selalu aktif, dan isinya tidak melanggar Undang-Undang ITE.

3. Memperluas jaringan
Bagi anda yang bergerak di bisnis online. Memberi komentar selain membangun relasi , juga memberi kesempatan anda di lihat berbagai macam orang, pengusaha, pembeli, blogger. Bukan hanya membangun traffik ke blog/website bisnis online anda, tetapi juga membantu anda memperoleh info-info terbaru serta penawaran-penawaran kerjasama.

Siapa yang tau jika pengunjung blog anda adalah seorang calon customer yang melihat anda melalui komentar anda di salah satu blog? Sebuah artikel yang bagus biasanya akan di share berkali-kali oleh pembacanya. Jika anda berkomentar di artikel tersebut, artinya komentar anda pun juga akan mengalami exposure yang sama dengan artikel tersebut.

4. Membangun reputasi
Bangun reputasi anda sebagai anggota blogger yang aktif di dunia blogging. Buat mereka tau kemana harus mencari jika mempunyai masalah seputar hal-hal yang berkaitan dengan spesialisasi anda. Tunjukkan bahwa anda tidak ragu untuk menolong orang lain sesuai dengan skill yang anda punya. Ini akan membantu orang mengunjungi blog anda secara rutin untuk mengatasi masalah yang mereka punya.

Jika anda tau Neil Patel pemilik dari situs UberSuggest, dia sering melakukan blog walking dan berkomentar di blog-blog terkenal yang ada. Dari sini terkadang Neil Patel membranding dirinya sendiri sebagai seorang pakar SEO yang mengetahui seluk beluk dunia per SEO an.

Alhasil karena branding yang baik, situs ubbersuggest kini menjadi referensi pertama seluruh pemilik blog untuk memperoleh informasi terbaru.

5. Meningkatkan traffik
Selain dari alasan-alasan di atas, sudah nyata bahwa berkomentar di blog orang lain akan membantu meningkatkan traffik blog anda. Semakin bagus komentar yang anda tinggalkan,semakin penasaran orang dengan anda. Mereka akan datang ke blog yang anda punya sekedar untuk melihat siapa anda dan apa yang anda lakukan hanya dengan mengklik link yang anda tinggalkan.

Sama seperti yang saya sebutkan di atas, sering kali traffik-traffik yang saya dapat berasal dari link komentar di blog teman. Bahkan kadang sampai berkali-kali. Semakin tinggi nilai blog yang saya komentari, biasanya akan semakin banyak refferal traffik yang saya terima.

6. Meningkatkan nilai SEO.
Sejalan dengan manfaat di atas, nilai SEO anda akan meningkat dengan sendirinya. Apalagi jika backlink komentar anda peroleh dari blog-blog yang mempunyai nilai popularitas tinggi dan baik di mata google. Semakin tinggi nilai SEO yang anda punya, maka secara otomatis akan meningkatkan nilai hasil pencarian (SERP) di mata mesin pencari.

Secara langsung memang blog komentar tidak meningkatkan SEO secara langsung, tetapi minimal setiap pengunjung yang datang ke blog anda akan mengenal anda dan bisa meningkatkan exposure terhadap blog. Jika pengunjung suka dengan isi konten anda, tentunya dia akan berkali-kali datang ke blog untuk mencari informasi terbaru.

Hal ini seperti ini tentu saja akan menambah pelanggan baru, dan dipastikan peringkat anda di google akan meningkat.

7. Meningkatkan pengetahuan.
Anda akan mendapatkan ilmu-ilmu baru yang belum pernah anda temui. Dengan melakukan aktivitas blogwalking, anda akan menyadari dunia blogging merupakan dunia yang sangat luas, dan banyak hal yang belum anda tau. Bahkan seorang blogger yang sudah lama berkecimpung di dunia per bloggingan pun kadang banyak hal yang belum mereka tau dan baru mereka temukan saat melakukan blogwalking.

Dengan blogwalking benar-benar membuat saya belajar banyak hal. Semakin banyak saya melakukan blogwalking maka semakin banyak hal-hal baru yang saya ketahui, bahkan untuk hal-hal yang belum trend.


8. Mendapatkan inspirasi dan ide baru
Dengan mengunjungi lebih banyak blog, akan membuat pikiran kita semakin terbuka. Anda akan banyak melihat konsep-konsep baru yang di tuangkan dalam blog-blog yang anda kunjungi, dan memberi komentar merupakan hal sederhana yang dapat membantu anda mengeluarkan ide baru sebagai bahan penulisan blog anda.

Seringkali juga saya mendapat ide dari artikel blog lain. Misalnya di artikel blog tersebut membahas tentang cara riset keyword, akhirnya saya coba dengan keyword turunannya seperti cara riset keyword long tail.

Hal-hal seperti ini seringkali terjadi pada saat saya sering melakukan blogwalking. Saya mendapat judul baru terinspirasi dari judul artikel blog lain.

9. Melatih keterampilan menulis
Dengan banyak memberikan komentar pada blog lain, anda secara tidak sadar melatih keterampilan menulis anda sendiri. Anda akan melihat jenis tulisan seperti apa yang mampu menarik jumlah pembaca lebih banyak. Dan ide-ide seperti apa yang paling menarik yang disukai oleh pembaca.

Hal ini dapat di lakukan dengan syarat, berilah komentar di blog dengan berkualitas dan berisi. Jangan memberikan komentar dengan "nice artikel bro" atau "Setuju banget", komentar seperti ini sangat tidak membangun dan terkesan hanya ingin memasang link saja.

Buatlah komentar dengan sedikit panjang dan berkualitas, selain ini akan membuat si penulis merasa dihargai, hal ini juga membuat anda melatih ketrampilan menulis.

10. Mampu mengikat pembaca
Faktanya adalah, dengan komentar yang menarik di blog lain. Akan mampu meningkatkan pengunjung kembali ke blog anda dan menuliskan komentar disana. Respon secara cepat komentar yang ada di blog anda, sehingga meningkatkan kecintaan pembaca terhadap blog anda.

Hal ini juga akan membuat ikatan yang kuat antara anda dengan audiens yang memberi komentar di blog. Jalin pertemanan yang kuat antara anda dan audiens, dipastikan mereka akan menjadi pembaca setia dan menunggu untuk artikel-artikel yang belum di terbitkan.


Penutup:

Dahsyat bukan setelah anda mengetahui Apa yang dimaksud dengan Blogwalking dan 10 manfaat blogwalking dan komentar.

Jadi sekarang waktunya anda memulai hal ini sebelum terlambat. Anda tentu tidak ingin blog saingan anda lebih maju dibanding anda karena sudah menerapkan blogwalking dan komentar secara rutin dan terjadwal.

Lakukan secara perlahan, tidak usah terburu-buru dan ingat anda harus memberi komentar secara relevan dengan artikel yang anda baca. Ada baiknya anda membaca artikel saya yang berjudul cara memberi komentar yang baik


Demikian kira nya 10 manfaat dari blogwalking yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Keep posting and happy blogging @Ifex_xavier

14 komentar:

  1. kalau sudah blogwalking sempatkan memberikan komentar yang bagus juga

    BalasHapus
  2. setuju.. setiap ada yang komen di blog saya, selalu saya usahain mampir ke blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi mbak lubena ali...karena dengan begitu kita saling silahturami antara blogger...hehe

      Hapus
    2. Sependapat.
      Dan aku menerapkan begitu juga, selalu blogwalking balik sebagai bentuk terimakasih ��

      Hapus
  3. setuju.. setiap ada yang komen di blog saya, selalu saya usahain mampir ke blognya :)

    BalasHapus
  4. Benar bgt sih.Saya rutin blogwalking setiap hr tp sbg silent reader krn khawatir gak sempet reply satu persatu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya sayank sekali kalau blogwalking tetapi ga berkomentar mbak...ada beberapa manfaat yang hilang, tapi yang paling utama menjalin relasi antar blogger,,,,

      Hapus
  5. Aku baru tahu kalo blogwalking ngefek ke SEO juga. Thanks ya insightnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya masih banyak perdebatan antar para master SEO apakah blogwalking berpengaruh ke SEO, akan tetapi jika dilihat blogwalking mempengaruhi jumlah traffik dari backlink, itu akan menambah nilai popularitas sebuah blog dan popularitas blog merupakan bagian penting dari penilaian mesin pencari google terhadap blog kita... jadi dengan kata lain mempengaruhi SEO secara tidak langsung...hehe salam kenal mbak Ruth

      Hapus
  6. ya betul, saya juga kadang mendapat ide baru setelah BW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti kita sama mbak, saya pun kalau sudah mentok mau nulis apa pasti saya akan cari referensi lain dengan blogwalking

      Hapus
  7. Betul. Blogwalking utamanya mendapat inspirasi. Syukur-syukur yang dimampiri juga mau membangun relasi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. yoi bang doel..saya pun begitu..hehe salam kenal

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.