Header Ads

10 Resolusi blogger menyambut Tahun Baru 2016

Tidak lama lagi kita akan menyambut tahun baru 2016, dan pasti sebagian dari kita akan berpikir apa yang akan kita rubah di tahun berikutnya agar dapat menjalani kehidupan dengan lebih baik.Tentunya sebagai blogger saya yakin anda pasti sudah menganggap blogging sebagai bagian penting dari hidup. Sebagai pemilik blog kita pasti ingin memberikan sebuah nilai tambah ke dalam blog yang kita punya sebagai bagian dari resolusi tahun baru.

Saya pun adalah seorang blogger dan saya juga ingin melakukan hal yang sama untuk blog saya. Namun tentunya untuk hal ini saya akan menetapkan resolusi/tujuan saya secara hati-hati dan realistis. Karena jika tujuan tidak realistis akan sangat susah menjalaninya dan pada saat tujuan tidak tercapai akan membuat kita kecewa dan berhenti.



Saya ambil contoh, saya bekerja di sebuah perusahaan dealer terkenal di Indonesia yang bergerak di bidang pertambangan. Pada awal tahun 2015 mereka menerapkan target yang menurut saya tidak realistis, karena tidak memperhatikan banyak aspek. Akhirnya yang terjadi adalah kami menutup tahun ini dengan mencapai hanya sedikit dari target yang di tetapkan. Sepanjang tahun kami bekerja dengan mati-matian, dan pada saat tidak mencapai kami sangat kecewa. Dari peristiwa ini saya memutuskan bahwa hal seperti ini tidak boleh terjadi di blog saya.

Jadi mulai tahun depan buatlah resolusi-resolusi apa saja yang ingin anda capai. Jangan membuat resolusi yang muluk-muluk seperti ingin menjadikan blog saya berpage rank 6 padahal sekarang pagerank anda baru 1, atau ingin mencapai traffik pengunjung situs 10,000 padahal per sekarang saja visitor anda 100 naik turun. Ambil langkah-langkah sederhana dan positif untuk membangun blog. Manfaatkan resolusi tahun depan sebagai momentum untuk mencapai tujuan yang lebih besar lagi di tahun berikutnya.

1. Mengganti Template blog dengan template yang lebih segar.
Apakah anda tidak bosan dengan tampilan blog yang hanya itu itu saja, seandainya jawabannya tidak apakah anda yakin kalau pembaca anda tidak bosan dengan tampilan blog anda? segera ganti template anda untuk menyegarkan dengan nuansa baru. Kalau saya biasanya lebih suka dengan template yang fungsional, maksud saya template biasanya di kelompokkan menjadi beberapa jenis. Ada template dengan tampilan untuk blog personal , ada untuk optimasi SEO ada juga template yang khusus untuk optimasi Adsense. Pilihlah yang paling tepat dan gunakan lah tema tersebut.
Selain enak dipandang  dan tidak membosankan itu juga bisa membantu anda untuk meraih tujuan blog di tahun yang baru ini.

2. Jadilah pelaksana SEO bukan sekedar pembaca 
Jangan hanya jadi pembaca jadilah pelaksana. Beberapa tahun ini saya sering merasa bersalah dikarenakan selama ini saya paham tentang konsep SEO dan senang sekali sharing tentang ilmu ini tetapi sayangnya, saya jarang sekali menerapkannya dalam blog yang saya punya. Sekaranglah saat nya terapkan konsep-konsep tersebut, perluaslah ilmu SEO dengan membeli buku-buku SEO atau mencari seorang konsultan SEO untuk blog kita.

3.  Bekerja sama dengan blogger lain.
Ada banyak blogger diluaran sana yang memiliki satu niche dengan anda. Ajak mereka berkolaborasi. Carilah kerjasama yang saling menguntungkan. Bertukarlah komentar dengan blog mereka. Carilah kerjasama yang kira-kira bisa meningkatkan visibilitas blog anda.

4.  Beriklan di blog orang lain.
 Maksud saya beriklan di blog orang lain bukan dengan membayar seperti di google adwords, maksud saya disini adalah jadilah blogger tamu di blog orang lain. Berilah artikel dengan kualitas terbaik dan bukan copy paste. Jadikanlah artikel anda menjadi sarana untuk mengiklankan diri anda. Carilah blog yang sudah populer dan membutuhkan artikel dari pengunjung dan kirimkanlah artikel disana. Santailah dengan penolakan itu hal yang biasa, tetap lah gigih dan tetap kirim artikel-artikel berkualitas sampai nanti artikel anda di terima dan di terbitkan.

5. Outsourcing
Saya pernah belajar bagaimana melakukan coding untuk website/blog, dan sampai sekarang ini saya masih belum terlalu bisa melakukannya sendiri. Ada banyak orang di luaran sana dengan biaya yang tidak terlalu mahal yang bisa melakukan hal-hal tersebut dan memang memiliki keahlian serta pengalaman di bidang ini. rekrut mereka, gunakan skill mereka untuk hal yang anda ingin mereka lakukan terhadap blog anda. Anda juga bisa melakukan pembelian artikel yang sesuai dengan niche anda. Atau bahkan anda juga bisa meminta untuk membuatkan banner blog kepada ahlinya. Gunakan dana yang anda punya benar-benar untuk kemajuan blog. Jangan pernah terlalu perhitungan untuk hal-hal ini, karena nantinya anda sendiri juga yang akan merasakan hasilnya.

6. Lakukan manajemen waktu dengan baik.
Manajemen waktu merupakan masalah yang paling banyak di dengar dari para blogger part time. Jika anda adalah seorang pekerja kantoran yang memiliki banyak pekerjaan, anda harus menyisipkan waktu setidaknya 1 jam saja di sela-sela waktu kerja anda untuk melakukan blogging. Akali dengan menggunakan notepad atau microsoft word dan lakukan penulisan sedikit demi sedikit. Yang paling sulit adalah membuat artikel, tetapi jika anda sudah biasa melakukannya berarti anda sudah berada di jalur yang benar.

7. Ambil kendali untuk blog anda sendiri.
Biasanya jika kita sudah mempunyai blog yang sudah populer, akan banyak blogger yang menawarkan artikel tamu disana. Jadilah pribadi yang bijaksana, terbitkanlah sebagian artikel tetapi jangan sampai terlalu banyak sehingga postingan anda sendiri tidak terlihat. Ingat pengunjung blog anda ingin membaca apa yang anda tulis jadi tetaplah jaga konsistensi dalam menulis dan jangan terlalu banyak postingan tamu di blog anda. Pembaca tidak mempermasalahkan berapa banyak yang anda tulis, mereka melihat isi artikel yang anda buat.

8. Ambil Waktu Istirahat sejenak.
Jangan terlalu memforsir tenaga anda dalam blogging, pekerjaan yang terlalu dipaksa akan membuat kita menjadi tegang hingga akhirnya kita kehilangan ide dalam menulis. Ambil istirahat sejenak dan lupakan semua masalah tentang blogging sementara waktu. Saya yakin setelah kembali anda akan siap menulis kembali dengan ide penulisan artikel yang banyak

9. Berpartisipasilah di forum.
Untuk para blogger Indonesia, biasanya ada forum-forum yang membahas mengenai dunia blogging, SEO, Monetize dan banyak hal disana. Ikut dan berpartisipasilah disana, manfaat yang anda dapat bukan hanya koneksi antar blogger tetapi disana anda juga bisa memberi pertanyaan ke forum mengenai apa yang anda tidak ketahui dengan kemungkinan besar memperoleh jawaban atas apa yang anda cari. Joinlah ke forum-forum blogger seperti www.ads-id.com

10. Buatlah aktivitas blogging menyenangkan
Blogging pada dasarnya adalah hobi dan bukan pekerjaan. Buatlah hobi anda menjadi menyenangkan bukan justru memberikan anda tekanan berat dalam hidup. Jika anda tidak bisa mengupdate artikel sehari sekali bukan masalah, buatlah 1 artikel berat dalam sebulan itu sudah cukup. Karena kualitas artikel jauh lebih penting dari sekedar jumlah artikel. Buat hari anda menyenangkan dengan blogging, dengan begini anda dapat terus menjaga konsistensi jadwal penulisan artikel.

Buatlah langkah-langkah positif untuk tahun depan. Nikmati proses ini dan buatlah tahun depan menjadi tahun yang hebat untuk anda dan blog anda.


2 komentar:

  1. Jadi blooger emang menyenangkan, akan sangat susah kalau nggak passion di bidangnya :)
    Nice artikel..

    Kunjungi juga http://www.wovgo.com/

    Makasih :)

    BalasHapus
  2. ya betul katie...passion sbenarnya merupakan hal yang paling penting untuk para blogger

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.