Header Ads

Ini lah caranya membuat aktivitas blogging anda menjadi lebih menyenangkan.

Aktivitas blogging kadangkala merupakan sesuatu hal yang memakan sangat banyak waktu dan kadangkala justru membuat frustasi si empunya blog. Melalui artikel ini saya ingin mengajak kita untuk menjadikan aktivitas blogging ini lebih menyenangkan.

Yang harus anda ingat pertama kali adalah tidak ada yang namanya polisi blog, maksud saya disini adalah anda bebas menuliskan tentang apa saja, kapan saja dan berapa kali anda hendak melakukan posting. Tidak ada yang membatasi hal-hal tadi. Tulislah hal-hal yang berhubungan dengan niche anda, atau hal-hal yang terdekat dengan niche yang anda punya. Tetapi saya rasa sekali-kali keluar jalur juga tidak ada salahnya. Ingat tidak ada polisi dalam dunia blog.

Jika anda punya jadwal yang padat dan kaku, dan aktivitas blogging ini justru membuat anda semakin susah dalam mengurusi urusan wajib anda. Stop blogging anda, hilangkan untuk sementara waktu. Ingat yang saya katakan tadi, tidak ada polisi dalam dunia blogging. Lakukan hanya pada saat ada waktu, jadikan aktivitas ini sebagai jalan untuk bersenang-senang bukan untuk melakukan sebuah kewajiban.

Tantanglah diri anda sendiri, berikan sesuatu hal yang cukup lucu yang harus anda lakukan dengan sesuatu hal yang berhubungan dengan blog anda sendiri. Biarkan orang membaca dan terlibat dengan apa yang anda lakukan, buatlah sesuatu yang menyenangkan. Misalnya anda memiliki blog dengan tema fashion, buatlah artikel dengan judul seperti ini "uji tahan malu part#1 dst...." disini misalnya anda menantang diri and sendiri untuk berjalan kaki di tengah keramaian orang dengan fashion/gaya request pembaca anda. Semakin aneh mungkin semakin baik. Karena semakin heboh biasanya membuat berita menjadi viral dimana-mana.

Menulis dengan cara seperti ini mungkin menyenangkan, tetapi ingat anda harus tetap fokus dalam menulis. Dan tentunya anda juga harus mengingat tentang beberapa hal yang pernah saya tulis di beberapa artikel sebelumnya tentang 13 hal yang harus anda perhatikan sebelum mempublish sebuah artikel.
Kesemuanya harus anda perhatikan agar meskipun menyenangkan ,aktivitas anda tetap juga menghasilkan sesuatu yang berkualitas.

Ada baiknya juga anda membuat kalender untuk blog. Buat jadwal terencana untuk aktivitas ini, jadi melakukannya juga akan terasa lebih mudah. Misalnya Senin saya jadwalkan untuk mencari permasalahan, Selasa saya mulai mencari sumber-sumber referensi terpercaya, rabu mulai melakukan riset, kamis saya mulai dengan penulisan artikel, jumat saya mulai melakukan optimasi artikel, sabtu dan minggu saya istirahat dan memperhatikan hasil nya.

Gunakan sabtu dan minggu sebagai waktu evaluasi artikel anda mulai hasil affiliasi, hasil adsense anda dan berbagai hal yang dapat anda monetisasi melalui blog anda. Perhatikan juga traffik pembacanya.

Demikian kiranya yang dapat saya sampaikan tentang bagaimana membuat aktivitas blogging anda menjadi menyenangkan.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.