Header Ads

Ingin traffik tinggi dari Twitter? perhatikan 4 syarat penting berikut.

Sebelum saya mulai, tolong perhatikan baik-baik angka ini. Setiap detik ada sekitar 6000 tweet yang muncul di twitter, itu berarti 360.000 tweet per menit dan 500.000.000 tweet per hari. Ini bukan data statistik yang asal comot, silahkan cek langsung di twitter official sitenya.

Apakah menurut anda statistik ini mengagumkan? belum, fakta nya statistik ini bukan statistik tetap yang artinya berdasar kan data yang ada jumlah tweet ini terus bertumbuh dan bertambah banyak. Bagi seorang blogger berpengalaman, pengaruh social media seperti twitter ini merupakan tool yang sangat penting untuk meraih jumlah pembaca baru dan menarik traffik dari social media.


Apakah anda tertarik? tunggu dulu, pertanyaannya adalah apakah blog anda layak di share oleh pembaca anda? Selama saya berkecimpung di dunia perblogging an dan berdasarkan pendapat, saran di internet serta pengalaman pribadi. Saya merangkum 4 hal penting yang patut anda perhatikan jika ingin menggunakan twitter sebagai sarana untuk meraih pembaca dan traffik.

1. Apakah judul artikel anda cocok di share di twiiter?
    Sebuah judul bukan saja merupakan bagian yang penting dari sebuah artikel, tetapi hal yang sangat sangat sangat penting untuk sebuah artikel yang ingin di share di social media. Mengapa saya katakan demikian ? karena untuk social media, judul artikel memegang peranan yang sangat penting apakah pembaca akan mengklik tautan anda melalui judul artikel yang terpajang atau hanya di lewatkan saja sama seperti judul artikel lain yang berhamburan di social media.

Berdasarkan kebiasaan pengguan social media rata-rata 8 dari 10 orang akan membaca judul artikel anda di twitter, dan 2 dari 10 akan mengklik tautan anda di twitter. Itulah mengapa saya katakan tadi, judul merupakan hal penting. Semakin bombastis judul artikel anda, semakin besar kemungkinan pembaca mengklik tautan anda.

Judul anda akan bersaing dengan judul-judul lain di twitter. Jadi harus diingat untuk membuat judul semenarik mungkin untuk memperoleh perhatian pembaca.

Satu hal lagi untuk anda pertimbangkan adalah, karakter terbatas yang ada di setiap tweet. Buat judul anda hanya sepanjang yang di perlukan (tapi juga jangan terlalu pendek). Ingat untuk tweet yang ber url terbatas pada 117 karakter tidak perduli seberapa panjang url yang anda tautkan.

Jadi untuk penggunaan maksimal karakter twitter adalah sebagai berikut:
140 (ukuran maksimal tweet) - 23 (disiapkan untuk url) - 20 (untuk komentar pendek) = 97 karakter
Jumlah karakter yang cukup untuk membuat sebuah judul yang menarik.

2. Apakah artikel anda akan populer di twitter? 
   Sebelum anda menyusun artikel yang akan di share, ada baiknya anda melakukan semacam pencarian/searching mengenai topik-topik apa saja yang sedang hangat di twitter.

Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Content explorer dari Ahref. Hanya dengan memasukkan kata kunci atau frase kedalam kolom search, secara otomatis akan menyortir dan mengumpulkan konten-konten serupa dan akan menemukan konten mana yang paling populer di twitter.

Jika anda sudah tau apa yang sedang hangat di twitter, buatlah konten yang serupa dan dipastikan artikel anda akan mampu meraih perhatian yang sesuai dengan minat pembaca.

3. Apakah anda sudah menyetting twitter summary card pada artikel anda? 
   Twitter memberikan kesempatan kepada kita untuk menampilkan ringkasan tepat di samping tweet feed. Dan hasilnya sangat mengagumkan, pembaca potensial dapat melihat deskripsi lengkap mengenai artikel kita sehingga akan menarik mereka untuk mengklik tautan yang kita berikan.

Untuk deskripsi yang anda buat haruslah dibuat selengkap mungkin, sehingga prosentasi pembaca potensial untuk mengklik tautan anda semakin besar. Dalam sebuah deskripsi haruslah memuat syarat-syarat berikut ini:
  • Apa yang dapat ditemukan di artikel anda?
  • Apa keuntungan membaca artikel anda?
  • Mengapa artikel anda harus dibaca?
Contoh summary card twiiter




pembahasan mengenai summary cards secara lebih mendetail dapat anda lihat pada blog sahabat disini http://utekno.com/apakah-itu-twitter-cards-3891 

4. Apakah posisi tombol sharing anda sudah berada pada posisi yang tepat?
    Pada saat awal saya membuat blog ini, saya sama sekali belum pernah terpikir bahwa tombol sharing memainkan peranan penting dalam kelangsungan blog. Tetapi pendapat ini berubah seketika pada saat saya menemukan sebuah artikel yang benar-benar bagus dan saya rasa , saya harus membagikan berita ini kepada teman-teman blogger saya. Apa yang terjadi? saya mencari tombol sharing selama lebih dari 10 detik.

Untuk pembaca konten online, harusnya itu merupakan sebuah waktu yang lama untuk menemukan tombol sharing, sehingga tentu saja menghilangkan kesempatan anda untuk meraih traffik lebih besar.

Menurut coshedule.com penempatan tombol sharing memainkan peranan sangat penting dalam optimasi artikel ke social media. Mengapa demikian? ada faktor psikologis dimana kebiasaan pembaca yang menemukan tombol sharing berada di atas maka dipastikan akan di share lebih banyak dibanding jika tombol share di tempatkan di bagian lain dalam teks artikel.

Apalagi jika blog anda merupakan blog dengan popularitas yang tinggi, pembaca pasti tidak segan-segan untuk menshare berita anda di social network mereka, bahkan sebelum membaca isi artikelnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.