Header Ads

Apa itu Bisnis Afiliasi dan Bagaimana cara menjadi Afiliate Marketer yang sukses

Apakah anda pernah menemukan hal seperti ini, pada saat berkunjung ke suatu blog, anda menemukan kata berupa nama produk dan pada saat anda meng klik tautan tersebut malah mengarah ke situs e-commerce semacam lazada, zalora atau e-commerce lain yang memiliki program afiliasi.
afiliasi marketing
sumber: Drakosha.club

Jika ya, berarti anda sedang menemukan sebuah link afiliasi yang ditanam pemilik blog di dalam artikel blognya. Tujuannya apa? untuk mendapatkan komisi dari hasil penjualan jika ada pengunjung blog yang tertarik membeli barang dari tautan/link tersebut.

Nah, contohnya link afiliasi seperti gambar dibawah ini "Click Here to Order"

contoh affliasi
sumber: ClickNewz.com

Perhatikan di bagian Result, yang bertulis Click Here to Order merupakan link afiliasi. Yang jika anda mengklik di link tersebut, akan langsung mengarahkan anda ke link toko online yang menjual produk tersebut.

Link-link semacam ini seringkali bisa kita temui di blog-blog dengan jumlah traffik yang sudah lumayan. Tujuannya yang untuk mencari komisi per barang yang terjual melalui link tersebut.
Cara menyelipkan link afiliasi kadang tidak selalu melalui kata-kata dalam artikel seperti diatas, terkadang juga ada yang berupa banner promosi.

Tapi sebelum kita lebih jauh membahas tentang bisnis affiliasi, mungkin kita harus tau dulu apa itu afiliasi.

Apa itu Afiliasi

Afiliasi adalah sebuah metode bisnis online dengan cara mengumpulkan komisi dari mempromosikan produk atau jasa milik orang lain atau Perusahaan lain. Semakin banyak produk yang dijual melalui link yang kita punya maka akan semakin besar pula pendapatan dari komisi yang kita dapatkan.

Skemanya seperti ini

skema afiliasi marketing
Skema afiliasi Marketing

1. Afiliater mempost artikel atau memasang banner yang berisi link menuju produk yang di jual
2. Customer yang tertarik meng klik dan melanjutkan ke proses pembelian
3. Konversi menjadi komisi berdasarkan produk yang terjual.
4. Komisi masuk ke Rekening Afiliater.

Apakah Bisnis Affiliasi masih Menguntungkan di tahun 2020 ini?

Jawabanya iya, atau mungkin sangat iya. Asalkan produk yang di jual relevan dan sesuai dengan target market maka saya rasa ini masih sangat menguntungkan untuk melakukan affiliate marketing melalui blog.

Kebanyakan affiliasi marketer yang tidak sukses adalah affiliasi marketer yang menjual barang yang tidak tepat sasaran. Memiliki blog seputar mancing tetapi memasang link affiliasi alat musik jelas tidak nyambung dengan audience yang datang ke blog nya.

Satu lagi yang menyebabkan affiliasi marketer tidak sukses adalah terlalu banyak memasang iklan affiliasi di artikel atau blog nya. Dalam seni penjualan, seorang customer sangat tidak suka dipaksa untuk membeli barang. Tujuan customer membeli ada lah karena mereka butuh, bukan karena ingin membahagiakan anda.

Memasang link terlalu banyak hanya membuat link affiliasi seperti spam , berserakan dimana-mana. Ingat anda sedang merekomendasikan, bukan menjual barang seperti di pasar.



Nah, apa tipsnya untuk menjadi afiliasi marketer yang sukses, simak berikut ini:

Hal yang paling penting dari bisnis affiliasi ini adalah kualiatas konten/artikel yang anda punya. Saat ini sudah ada beribu-beribu artikel sampah di internet, dan mungkin anda tidak ingin menambah satu lagi di sana.

Jika anda ingin membangun bisnis affiliasi ini dari awal, jangan langsung membuat artikel dengan tujuan penjualan produk affiliasi anda, biasanya cara ini kurang baik dimata pembaca. Buatlah blog dengan niche yang disukai dan lakukan proses pembuatan artikel secara konstan dan update secara rutin sesuai dengan passion yang anda punya.

Hal ini tentu sangat menyenangkan untuk anda dan jika anda suka dengan aktivitas ini maka hampir dapat dipastikan anda akan secara rutin mengupdate artikel di blog. Setelah memiliki pembaca setia dan traffik sudah lumayan, mulailah menambah link-link affiliasi. Dengan cara ini blog anda memiliki kepercayaan dari para pembaca karena menganggap anda tentunya sudah memiliki pengalaman tentang hal apa yang anda jual.

rahasia afiliasi marketer
sumber : Jakmall.com


Selain itu jika di bisnis affiliasi ini anda hanya mengejar target untuk mendapatkan penjualan besar dari produk-produk terpanas atau populer di internet, justru hanya akan membuat anda lelah dan cepat bosan. Berbeda hal nya jika kita tidak terlalu gencar memasang link produk affiliasi tetapi hanya terus menerus mengupdate artikel yang benar-benar kita suka, maka dipastikan akan berjalan lancar dan mulus.

Traffik akan datang dengan sendirinya, dan tentunya komisi dari penjualan produk affiliasi akan terus mengalir.

Anda dapat mendapat uang dari apa saja secara online, tetapi bukan berarti anda akan melakukan penjualan affiliasi secara frontal dan menggebu-gebu tanpa memperhatikan kualitas dari konten/artikel yang ada.

Memulai sebuah bisnis apapun itu harus diawali dengan kerja keras. Sehingga setiap konten/artikel yang dihasilkan merupakan sebuah artikel yang benar-benar didasari riset secara mendalam dan akhirnya menjadi sebuah konten yang benar-benar berkualitas.

Jika sudah begini saya yakin, apapun niche yang anda pilih sebagai tema blog pasti akan menghasilkan uang yang banyak untuk anda.

Satu Saran dari saya, jangan pernah mengejar uang cepat. Lakukan secara perlahan dan teliti, dasari setiap konten anda dengan riset yang mendalam, buat konten/artikel berdasarkan keinginan pembaca. Artikel yang didasarkan kepada kebutuhan pembaca merupakan artikel dengan nilai yang tinggi. Temukan pertanyaan yang ada dan cari solusinya.



Setelah semua hal itu dilakukan saya yakin, anda akan mendapat kepercayaan dari para pembaca dan jika rasa percaya itu sudah ada pasti akan ada pembelian untuk setiap barang yang anda rekomendasikan. Dan disinilah letak dimana nilai pemasaran affiliasi terletak. Sebagai referensi kunjungi artikel saya "menemukan ide menulis artikel"

Era sekarang ini adalah era informasi, dimana setiap orang bisa menerima informasi dengan sangat mudah. Pengguna internet bisa mencium sebuah artikel yang berkualitas rendah dan hanya bertujuan untuk menjual dan bukan untuk memberi informasi.

Hal ini dikarenakan pengguna internet lebih pintar daripada sebelumnya, dan mereka ingin anda membuktikan lebih jauh, bahwa artikel yang anda tulis itu berisi kebenaran informasi yang berguna bagi mereka.

Pada minggu awal anda membangun blog yang seperti ini tidak sepeserpun dana yang masuk ke rekening anda, tetapi percayalah dalam beberapa bulan setelahnya, pendapatan itu akan mengalir secara terus menerus ke dalam rekening.

Ini lah titik dimana sebuah bisnis yang dibangun dengan pondasi yang solid akan menghasilkan pendapatan tetap dan terus meningkat untuk beberapa waktu ke depan.

Jika blog tersebut sudah pada posisi ini, teruslah membuat artikel berkualitas secara rutin. Buat blog/website baru dengan niche yang berbeda, dan ubah hidup anda menjadi seorang affiliate marketer. 



Website yang membuka affiliasi di Indonesia

Di Indonesia gaya penjualan melalui system afiliasi juga sudah mulai ramai. Setelah Lazada banyak e-commerce yang menyusul. Berikut beberapa website yang mungkin bisa anda datangi jika berminat menjadi affiliasi marketer.

1. Lazada
2. Blibli
3. Bukalapak
4. Tokopedia.
5. Zalora
6. Bhinekka
7. Traveloka
dll.

Masih banyak ecommerce yang menggunakan system affiliasi ini, cukup searching saja di google.
Intinya dari bisnis afiliasi ini anda bisa meraih pendapatan semaksimal mungkin. Banyak contoh orang-orang yang kaya dari bisnis ini.

Melakukan review terhadap produk dan mempostingnya di blog bisa menjadi hal yang menyenangkan apalagi jika ditambah dengan penghasilan yang luar biasa jumlahnya.




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.