Header Ads

Bingung karena Tidak Ada Ide Dalam Menulis, Begini Cara Mengatasinya

Pernahkah anda duduk didepan komputer dan menatap kosong layar monitor blank yang terpampang di hadapan anda sambil bergumam, apa yang akan saya tulis hari ini? Saya akui saya sering kali terperangkap dalam kondisi yang sama.



Mungkin jika anda mengalami hal ini mungkin anda sedang mengalami writer's block. Writer block adalah kondisi dimana seorang penulis/blogger tidak sedikit pun menemukan ide di kepalanya untuk dituangkan ke dalam article.

Ada banyak penyebab terjadi writer's block diantaranya sbb:

  • Kejenuhan, biasanya terjadi pada blogger baru yang terlalu bersemangat menulis artikel pada awal-awal blog di buat. Sampai pada titik, sudah kehabisan ide dan lelah karena merasa hasil yang di dapatkan tidak seinstan dengan yang diharapkan
  • Apatis, terjadi karena seorang blogger terlalu bergantung pada kaidah-kaidah penulisan yang baku dan tidak berani untuk menulis keluar dari aturan tersebut, padahal di zaman sekarang menulis baku tidak menjamin tulisan anda menjadi menarik.
  • Emosi, terkadang emosi yang labil akan membuat kita sebagai penulis tidak bisa berpikir jernih dalam menentukan ide dan alur tulisan. Sering kali kita stuck pada paragraph pertama dan tidak tau mau menulis apa lagi.
  • Kegelisahan, pada saat anda menulis kemudian di pertengahan berhenti kemudian anda beranggapan bahwa yang anda tulis tidak bagus. Jika benar itu terjadi lebih baik anda melanjutkan tulisan besok atau beberapa hari setelahnya, karena itu artinya anda sedang mengalami writer's block.


Padahal sebagai seorang blogger kita semua tahu bahwa artikel/konten sebuah blog adalah raja. Tanpa artikel tidak mungkin ada sebuah blog. Jadi, dimana biasanya saya mendapat inspirasi?

Biasanya pada saat-saat seperti itu saya akan berpikir mengenai hari-hari terakhir yang saya lewati, mengingat kembali berita-berita apa saja yang saya sudah dengar, instastory terbaru apa saja yang sudah saya lihat dan baca, apa yang saya dengar dari TV dan Radio, apa yang baru saja saya obrolkan dengan teman-teman.

Biasanya akan ada saja sesuatu yang berisi hal-hal menarik yang bisa saya jadikan bahan untuk menulis artikel.

Selain dengan cara tadi, biasanya saya juga biasanya membuat segelas kopi, di luar rumah sambil menatap bintang dan sambil memikirkan berbagai macam hal. Karena biasanya di saat santai itu saya seringkali menemukan inspirasi membuat artikel.

Jika masih buntu juga, ada hal lain yang bisa anda manfaatkan. Gunakan social media yang anda punya. Tanyakan kepada follower anda, topik apa yang mereka ingin anda bahas di dalam blog. Gunakan polling yang biasanya ada di fasilitas social media. Hal memberikan nilai plus terhadap artikel anda karena ada interaksi antara blogger dan pembaca blog.

Tentunya anda sering bertanya-tanya, artikel apa yang akan saya tulis hari ini? Setelah berpetualang kesana kemari dan membaca berbagai referensi blogger dari sahabat-sahabat blogger saya merangkum ada sekitar 10 jenis konten/blog post yang dapat anda gunakan sebagai referensi dasar membuat artikel baru pada saat anda sedang mengalami kehabisan ide dalam menulis.

Berikut daftarnya:
  1. Artikel yang berisi daftar : Buatlah daftar apa saja bisa judul buku, lagu, album yang ada di pasaran dan bisa digunakan oleh pembaca.
  2. Artikel yang berisi cara melakukan: Artikel ini berisi tutorial melakukan sesuatu hal dari awal sampai akhir , misalnya: bagaimana membangun SEO sebuah blog, bagaimana memasak ikan asam manis dll
  3.  Artikel yang berisi studi kasus: Artikel ini berisi sebuah kasus yang di temukan dalam buku atau seminar-seminar yang anda ikuti, dalami dan lakukan analisis secara lebih mendalam dan tuangkan ke dalam tulisan.
  4. Artikel yang berisi solusi: Temukan masalah yang biasanya ada di sekitar anda dan sesuai keahlian anda. Temukan solusinya dan tuangkan ke dalam naskah artikel anda.
  5. SAQ "Should Asking Question"  artikel adalah sebuah artikel yang biasanya berisi jawaban dari pertanyaan yang ingin di ketahui pembaca. Misalnya: Siapa penulis blog ini? , Berapa penghasilan dari blog ini atau hal-hal lain yang biasanya ingin diketahui oleh pembaca anda.
  6. Artikel riset adalah sebuah artikel hasil dari penelitian secara mendalam yang di lakukan oleh blogger.
  7. Artikel dari artikel terbaik adalah sebuah artikel yang membahas atau menyoroti artikel anda sebelumnya yang populer/meraih banyak pembaca.
  8. Artikel post yang berisi tips penggunaan sebuah produk, artikel ini membahas bagaimana menggunakan sebuah produk tertentu. Biasanya artikel ini paling sangat berguna untuk pembaca dan traffiknya pun besar.
  9. Artikel reaksi yang merupakan artikel reaksi dari hasil membaca artikel orang lain atau sesuatu berita.
  10. Artikel review , artikel ini hampir sama dengan artikel tips tadi. Hanya saja bedanya artikel ini memberikan penilaian tentang sebuah produk. Artikel ini juga biasanya meraih traffik tinggi karena bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah barang.
Itulah jenis-jenis artikel yang saya ketahui dan semoga bisa menjadi referensi anda jika sedang kehabisan ide dalam menulis artikel. Melalui artikel ini juga mungkin saya akan memberikan sedikit nasihat untuk kawan-kawan yang baru mulai membuat sebuah blog, untuk tidak terlalu memforsir waktu anda hanya untuk menulis dan menulis.

Lakukan kegiatan menulis sesuai dengan mood dan ide yang tercetus, jangan dipaksakan seperti mengejar deadline. Nikmati aktivitas nya dan jalani se menyenangkan mungkin.

4 komentar:

  1. ane tertarik sama yang no 5 gan, kayaknya bagus tu masih jarang hehe

    BalasHapus
  2. Aku pengen nyoba bikin yg riset hehe. Selama ini senemunya nulis yg santai-santai, pengen sekali-kali serius deh.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.