Pages

Friday, December 18, 2015

Bagaimana cara memberi komentar dengan benar, perhatikan 5 hal berikut

Apakah anda suka memberi komentar pada blog yang anda baca? Mungkin beberapa dari kita tidak dan beberapa juga pernah atau bahkan sering. Tapi taukah anda, bahwa memberi komentar pada blog orang lain merupakan salah satu cara yang baik dalam meningkatkan relasi atau hubungan antara blog yang memiliki satu niche.




Dengan manfaat yang sangat bagus itu, masih juga banyak blogger yang tidak tau cara memberi komentar dengan benar. Banyak komentar yang sekedar "artikelnya keren" atau "keep posting bro" atau "sangat bermanfaat bro". Untuk komentar seperti ini hanya akan membuang waktu anda dan juga orang lain yang membacanya.

Begini beberapa cara untuk membuat sebuah komentar yang baik dan bermanfaat.

1. Pikirkan tentang kualitas, bukan kuantitas.

    Jangan memberikan komentar semata-mata hanya untuk mengejar angka backlink. 5 komentar dengan isi yang sesuai dan sangat menyentuh isi artikel jauh lebih bermakna dari 50 komentar tanpa maksud dan isi yang mendalam.

Jika komentar mu:
  • Kurang relevan dengan isi artikel, 
  • Membuat anda terlihat seperti tidak membaca keseluruhan artikel,
  • Banyak kesalahan ketik,
  • Benar-benar tidak berhubungan dengan isi artikel.
Maka bersiaplah untuk sabar menunggu komentar anda di dalam antrian moderasi, dihapus, atau bahkan dianggap spam. Dan akhirnya komentar anda menjadi sangat tidak bermanfaat dan membuang-buang tenaga serta pikiran anda.

2. Fokuslah pada beberapa blog saja.

    Mungkin anda sering mengikuti beberapa blog untuk anda baca, itu bagus untuk mengetahui perkembangan berita terbaru seputar niche anda. Tetapi untuk berkomentar, saran saya fokuslah pada 3-5 blog saja. Karena dengan begitu anda akan membuat komentar-komentar panjang yang berkualitas dan akhirnya pemilik blog akan mengenali anda.

Anda tidak perlu memilih blog yang paling populer di niche untuk diikuti, pilihlah blog yang tidak terlalu terkenal. Lebih baik berkomentar di blog yang hanya diisi 10 komentar tetapi memperoleh perhatian dibanding memberi komentar yang diisi 100 komentar sampai-sampai komentar kita tidak terlihat.

3.  Jadilah orang yang paling pertama dalam memberikan komentar.
   
     Pada beberapa blog populer biasanya komentar pertamalah yang paling banyak memperoleh perhatian. Ikuti beberapa blog yang anda suka dengan menggunakan RSS feed, sehingga setiap posting yang baru terbit anda menjadi orang yang pertama tau dan tentunya menjadi orang pertama juga yang memberikan komentar.

Tapi ingat, jangan menjadi pemberi komentar pertama di semua postingan. Karena ini akan memberi kesan bahwa anda ingin mendominasi diskusi, atau anda memang tidak punya kehidupan lain selain memberi komentar.

4. Berilah komentar yang sesuai dengan isi artikel

    Pada beberapa blog populer saya sering melihat beberapa komentar "wah, bagus nih artikelnya"  atau "numpang lewat bro" , komentar-komentar seperti ini menurut saya sangat tidak bernilai dan sama sekali tidak relevan dengan isi blog.

Jadilah komentator yang mengomentari isi blog dengan relevan, berikan penghargaan atas apa yang mereka tulis, atau bahkan anda dapat memberikan contoh solusi lain sebagai tambahan referensi pembaca. Dengan begini saya yakin anda sedang membangun relasi yang baik dengan pemilik blog atau bahkan dengan pembaca lain di blog yang anda ikuti.

5. Gunakan nama asli anda.
  
    Kebanyakan blogger akan menggunakan nama blog mereka sebagai nama pada saat memberikan komentar. Misalnya pada saat memberikan komentar anda menulis nama "tips SEO" dengan website yang mengacu pada blog. Padahal sebenarnya hal ini tidak akan dianggap link oleh Search Engine. Bahkan pada beberapa kasus ini akan dianggap spam.

Gunakan nama asli, jika anda memberikan komentar yang baik maka yakinlah orang akan berusaha mengenal anda lebih dekat.

Itulah beberapa syarat dalam memberi komentar dengan benar dari saya, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Keep posting, tetep semangat bloggingnya..... Salam



0 comments:

Post a Comment