Pages

Monday, December 7, 2015

Apa itu bounce rate? disini penjelasannya

Hari ini saya akan membahas tentang bounce rate, kebanyakan blogger blogger baru masih kurang mengerti tentang apa yang dimaksud dengan bounce rate. Salah pengertian itu biasanya diakibatkan karena kurang nya keinginan dari pemilik blog untuk mencari arti dari bounce rate.

Hari ini kita akan bahas tentang bounce rate, untuk yang sudah tau anggap artikel ini sebagai penyegaran.

ilustrasi bounce rate

Apa itu Bounce Rate?

Data bounce rate merupakan salah satu indikator penting yang wajib di perhatikan oleh si empunya blog.
Dalam dunia per blogging an, bounce rate ini mempunya arti nilai presentase dimana pengunjung web yang pergi meninggalkan blog setelah baru masuk di halaman pertama  sebuah blog.
Biasanya ada beberapa alasan mengapa bounce rate sebuah blog tinggi, diantaranya sbb:

1. Visitor meng klik back button pada browser setelah masuk di halaman pertama blog.
2. Visitor meng close browser
3. Visitor meng klik salah satu iklan yang ada pada sebuah blog.
4. Visitor meng klik salah satu link yang mengarah keluar blog.
5. Visitor menggunakan search box pada browsernya.
6. Visitor mengetik new URL di browsernya.

Dari semua tindakan diatas akan menyebabkan visitor meninggalkan blog anda. Visitor yang melakukan salah satu dari ke 6 tindakan diatas sebelum mengklik halaman kedua maka akan dihitung sebagai bounce.
Berikut ada lah rumus untuk menghitung persentase bounce rate di blog anda:



Bounce rate : Pengunjung yang meninggalkan blog anda sebelum menuju ke halaman kedua / Total kunjungan ke blog

Sebagai contoh misalnya bulan ini blog anda menerima kunjungan sekita 120.000 visits , dan 80.000 diantaranya hanya mendarat pada halaman pertama di blog anda dan kemudian pergi. Maka akan dihitung bounce rate nya adalah 80.000 dari 120.000 equal dengan 0.66 atau 66% bounce rate. Anda dapat menghitung bounce rate untuk satu website atau per artikel. Oleh karena itu di artikel sebelumnya saya suka menekankan bagaimana untuk membuat pengunjung berlama-lama dalam sebuah artikel apalagi mengklik internal link dalam artikel. (baca artikel sebelumnya: blog portal game).

Kesimpulannya, semakin kecil bounce rate yang anda punya maka akan semakin baik untuk kesehatan blog anda. Dan itu berarti pengunjung menyenangi artikel dan tema blog yang anda miliki, sehingga pengunjung meng klik halaman kedua, ketiga dst.

Untuk melihat bounce rate di blog anda sendiri, anda dapat melihatnya melalui fasilitas yg google miliki yaitu google analytics.


4 comments: