Pages

Thursday, December 10, 2015

6 cara untuk mengoptimalisasi artikel di blog

Jika anda sudah memiliki sebuah blog berarti kemungkinan anda sudah memahami pentingnya bisnis blogging. Tetapi apakah anda tau bagaimana cara membuat postingan yang ramah dengan mesin pencari?


Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Blogger.com hampir 65% blogger yang memulai bisnisnya dengan blogging tidak pernah mengupdate blog nya selama setahun terakhir. Padahal untuk sebuah blog sangat penting artinya untuk secara berkala memberikan updatean post yang segar dan relevan sehingga google akan cepat menaikkan rank dari sebuah blog, karena seperti yang kita ketahui google sangat menyenangi sebuah blog yang sering update secara rutin.

Berikut ini saya sajikan 6 cara untuk mengoptimalisasi sebuah artikel agar memiliki peringkat tinggi di mesin pencari:

1. Lakukan research keyword.
    Keyword (kata kunci) merupakan bagian penting dalam sebuah artikel. Lakukan search untuk keyword terbaik. Ada beberapa tools dari internet yang akan membantu anda untuk melakukan research keyword. Sebagian pelaku blogging biasanya menggunakan google webmaster tools atau semrush.com untuk melakukan searching keyword, domain, atau memata-matai saingan untuk satu keyword yang sama. Ingat, dengan kata kunci yang tepat , artikel anda akan mudah diindeks google serta memperoleh peringkat yang baik dan tentunya traffik akan mengalir ke blog anda.

2. Optimalisasi kata kunci dalam keseluruhan post. 
    Manfaatkan kata kunci di seluruh post anda. Setelah anda melakukan searching keyword sehingga mendapatkan keyword yang cocok, maksimalkan penggunaannya di seluruh post anda. Sehingga pada saat mesin google menyambangi blog anda, akan cepat terindeks. Gunakan keyword di beberapa bagian seperti berikut :
  • Judul
  • Sub Judul
  • Kata Pengantar
  • Kata penutup
  • inlink (links yang mengarah ke teks lain dalam blog anda)
  • judul tag, dan meta tag
nb: ingat jangan terlalu sering memasang keyword secara tidak relevan, selain membingungkan pembaca bisa juga google akan memberikan sanksi untuk blog anda.

3. Optimalisasikan gambar dalam post.
    Pada saat anda menyelipkan gambar dalam sebuah post, usahakan gambar itu anda beri caption atau keterangan sesuai keyword yang sedang anda bidik. Jika ada deskripsi usahakan beri deskripsi secara relevan yang memuat keyword yang anda pilih. Ini akan sangat membantu SEO artikel tersebut di mesin pencari.

4. Referensi kan blog lain dengan link
    Pada saat anda mencantumkan referensi post anda dengan link yang terselip di dalam post anda, maka itu bukan saja berarti anda menghargai etiket dalam perbloggingan akan tetapi anda juga akan menerima kunjungan balik dari blog yang anda referensikan. Backlink yang berkualitas adalah aset berharga yang dimiliki sebuah blog.

5. Beri kesempatan pembaca anda untuk berlangganan
    Tawarkan kesempatan berlangganan kepada pembaca, melalui email atau rss. Biarkan pembaca anda mendapat berita post-post terbaru anda tanpa harus pergi ke situs/blog anda. Dengan cara ini, pembaca tidak akan pernah melupakan blog anda. Dan tentunya pemilik blog akan mendapatkan kunjungan secara berulang dari pembaca setia.

6. Manfaatkan social media untuk meraih pembaca maksimal.
    Gunakan social media yang anda punya untuk meraih kunjungan dari teman/pengikut anda di sosial media.
Networking yang anda punya merupakan sesuatu yang sangat berharga untuk blog anda. Selain memperoleh exposure secara lebih melalui jaringan pertemanan, ini tentunya juga akan membawa banyak pembaca baru ke dalam blog.

Demikian kira nya 6 tips dalam optimalisasi artikel semoga bermanfaat dan jangan lupa praktekkan dalam blog anda. Selamat bekerja dan tetap fokus. Maju terus blog Indonesia.


0 comments:

Post a Comment