Header Ads

5 Tips sederhana agar blog anda masuk di top pencarian google

Tips Blog Indonesia - Kebanyakan orang lebih sering mengunjungi sebuah blog/website, jika blog tersebut berada di urutan teratas dari hasil pencarian google. Tips atau cara untuk menempatkan blog anda masuk di urutan teratas pencarian google tanpa harus membayar iklan atau menaruh uang di google biasa disebut dengan Search Engine Optimization.

Pencarian teratas google


Dari hasil pencarian organic, pengunjung akan mengetikkan kata kunci yang ingin mereka cari. Dan jika kata kunci yang mereka ketikkan sesuai dengan kata kunci yang ada di blog anda, maka kemungkinan besar blog anda bisa masuk di hasil pencarian google. Jadi, bagaimana menempatkan blog anda masuk di urutan pencarian teratas? berikut 5 tips sederhananya

1. Keyword (kata kunci) yang anda gunakan.
    keyword merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi sebuah blog berada di urutan teratas pencarian google atau tidak. Apa itu keyword? keyword adalah sejumlah kata yang diketikkan oleh seseorang di mesin pencari. Jika kata yang diketikkan oleh seseorang tersebut sesuai dengan yang ada di blog anda, maka akan ada kemungkinan blog anda masuk di hasil pencarian google. Urutan pencarian biasanya nanti akan di pengaruhi oleh faktor lain, misalnya kepopuleran blog. Biasanya ada tingkat persaingan tinggi jika menggunakan 1 keyword, tetapi jika anda mau menggunakan 2 atau lebih keyword maka peluang untuk tampil di urutas teratas pencarian google semakin besar.

2. Update konten secara teratur.
    Pada saat pengguna search engine google mengetikkan kata kunci pencariannya, maka secara otomatis google akan menampilkan blog-blog yang paling relevan. Dan apakah anda tahu bahwa google selalu memberikan informasi terbaru kepada penggunanya. Sehingga untuk update secara teratur adalah hal yang sangat penting. Jika blog tidak ada update selama lebih dari 1 bulan maka google akan menganggap blog anda sudah tidak relevan lagi dengan hasil pencarian.

3. Selipkan keyword pada deskripsi gambar
    Sudah bukan rahasia lgi kalau google tidak bisa membaca gambar, tetapi bukan berarti gambar merupakan hal yang tidak penting dalam mempengaruhi hasil pencarian. Setiap gambar selalu dilengkapi dengan deskripsi, ini lah yang harus anda perhatikan. Karena google memang tidak membaca gambar, tetapi membaca apa yang menjadi deskripsi di gambar yang ada pada blog. Jadi mulai sekarang pastikan gambar yang ada di dalam artikel selalu di lengkapi dengan deskripsi.

4. Link yang masuk dan keluar dari blog.
    Link yang berada dalam blog, akan dilihat google sebagai tanda popularitas. Semakin banyak link yang mengarah ke blog anda, maka semakin tinggi juga google menilai popularitas blog. Perbanyaklah link yang mengarah ke dalam blog dengan menggunakan berbagai macam cara misalnya blogwalking atau melakukan submit artikel ke berbagai social media atau social bookmark. Selain link dari luar ada baiknya anda juga menyelipkan link keluar website sebagai bahan referensi. Usahakan selipkan link yang bernilai tinggi, misalnya link yang memiliki nilai popularitas tinggi. Gunakan juga anchor text, anchor text adalah link yang berada dalam artikel yang mengarahkan pembaca ke halaman lain dalam blog.

5. Publikasikan artikel yang benar-benar berguna untuk pembaca.
    Misalnya blog anda sudah berada dalam urutan teratas pencarian google tetapi pengunjung tidak melakukan klik terhadap blog tersebut, berarti dapat dikatakan anda telah gagal memberikan informasi yang berguna untuk pembaca. Jika sudah begini, maka mencapai urutan teratas google sudah tidak ada gunanya. Berikan lah informasi yang benar-benar berguna buat pembaca, dan isilah meta deskripsi blog anda secara lengkap, karena sangat berpengaruh pada mengklik tidaknya pengunjung ke tautan ke blog yang anda punya.


4 komentar:

  1. Masih setia blogwalking nih demi mendapatkan ranking yang bagus di Google, kalau ada waktu mampir ke blog saya ya mas http://penjajakata.com/ :D

    BalasHapus
  2. blogwalking sambil nitipin "mampir ke blog saya" gitu maksudnya ya?

    BalasHapus
  3. saya jadi malu ini, pantas blog saya jarang memperoleh top rank dalam pencarian google. makasih atas penjelasannya!!

    jangan lupa mampir ke dokterforamen.com juga ya!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.