Pages

Friday, December 25, 2015

5 cara mempromosikan produk affiliasi tanpa menggunakan website

Tips Blog Indonesia - Bisnis Affiliasi merupakan bisnis dimana kita sebagai marketer, mempromosikan barang affiliasi melalui link-link yang kita selipkan di dalam sebuah artikel atau website yang kita punya. Tapi apakah anda tau bahwa sebenarnya untuk pemasaran affiliasi tidak melulu harus menggunakan website atau blog. Jaman sekarang ini sudah banyak metode dalam mempromosikan produk affiliasi. Diantaranya adalah melalui email marketing, bergabung di grup diskusi, atau bisa juga melalui e-book gratis yang anda sebar secara cuma-cuma.


Berikut akan saya jabarkan tentang metode-metode lain yang bisa membantu anda memperluas jaringan dalam mempromosikan produk affiliasi, berikut daftarnya:

1. Marketing melalui email
Metode ini bekerja mempromosikan produk affiliasi anda tanpa perlu berkunjung ke web/blog yang anda punya. Cukup kirimkan email pemasaran ke ribuan email kontak yang anda punya dan biarlah pembaca yang tertarik dengan penawaran anda mengklik link yang tertera di sana hingga langsung menuju ke website pemilik barang untuk melakukan pembelian.

Dalam menjalankan metode ini yang paling penting adalah, bagaimana memperoleh ribuan kontak email yang akan digunakan nantinya sebagai sarana promosi produk. Cara yang terbaik biasanya adalah dengan memberikan tawaran untuk memperoleh updatean artikel terbaru melalui email. Kebanyakan blogger biasanya menggunakan widget feedburner, dll. Nantinya dengan data kontak email yang anda kumpulkan itu akan menjadi sebuah aset penting dalam promosi produk. Ingat, dalam memberikan updatean email berikanlah update yang bermanfaat bagi pembaca bukan yang sekedar hanya untuk promosi produk. Jika anda hanya melakukan promosi produk tanpa memperhatikan kualitas artikel yang dikirimkan, maka pasti pelanggan pembaca email anda akan melakukan unregister dan jika sudah begitu anda akan kehilangan kontak email dan itu juga berarti anda kehilangan calon pembeli. Jadi berhati-hati dalam menggunakan daftar email yang anda punya.

2. Pemasaran di dunia nyata.
Metode ini biasanya akan melibatkan dana dalam jumlah besar untuk memperoleh hasil yang besar. Gunakan lah iklan di koran, media TV atau radio untuk mempromosikan barang yang anda jual. Semakin gencar promosi yang anda lakukan maka akan semakin besar pula kesempatan anda untuk memperoleh pendapatan dalam jumlah yang besar.

3. Pemasaran melalui ebook
Ebook ini hampir sama dengan pemasaran melalui email, cuma bedanya ini yang anda gunakan adalah ebook yang anda buat sendiri. Gunakan subscribe email tadi dan kirimkan ebook buat pembaca anda. Ebook harus berkualitas sehingga pembaca juga tertarik membacanya. Sisipkan link affiliasi anda di dalam artikel ebook yang anda buat, sehingga pada saat dibaca oleh pembaca anda akan langsung diarahkan ke website milik owner produk, dan tentunya jika terjadi transaksi disana anda pun akan menerima sejumlah komisi penjualan.

4. Bergabung di grup diskusi dalam forum.
Bergabunglah dengan forum yang sesuai dengan produk yang anda jual, buatlah diskusi atau semacamnya disana. Lakukan komunikasi yang intense dengan penghuni forum. Jadilah user forum yang aktif, sehingga anda akan dikenal oleh penghuni forum lain. Jika sudah dirasa cukup aktif mulailah tawarkan produk affiliasi anda. Semakin anda dikenal dan dipercaya di forum maka semakin tinggi kemungkinan untuk user lain mengklik link/tautan affiliasi yang anda selipkan.

Saran saya gunakan lah perangkat media sosial dalam mempromosikan forum tersebut, dengan semakin tinggi partisipan yang ikut dalam diskusi anda makan semakin tinggi juga kemungkinan anda memperoleh komisi.

5. Buat artikel dan submit ke berbagai artikel direktori
Buat artikel dengan gaya sendiri, carilah ide penulisan artikel yang benar-benar sempurna, berikan tips yang berguna bagi para pembaca. Cari permasalahanan umum dan buat pemecahan nya dengan melakukan riset dari berbagai referensi. Selipkan link affiliasi anda di akhir atau di tengah-tengah artikel. Dalam melakukan penulisan akan lebih baik anda menyertakan gambar atau spanduk agar lebih menarik buat pembaca. Semakin pembaca tertarik dengan artikel yang anda buat, akan semakin baik juga untuk menarik jumlah pengunjung artikel anda. Jangan lupa lakukan share artikel ke berbagai sosial media dalam rangka menarik jumlah pembaca lebih besar lagi.

Demikian kiranya beberapa tips blog dari saya, semoga bermanfaat untuk anda semua.


4 comments: