Header Ads

4 Tips untuk memaksimalkan pendapatan iklan melalui blog

Beriklan sejauh ini merupakan sarana yang paling populer dalam memperoleh penghasilan lewat blog atau website. Hal itu dikarenakan memasang iklan di sebuah blog atau website sangatlah mudah serta efisien. Mudah karena untuk memasang iklan anda hanya perlu mengcopy sebuah script dan tempelkan di web. Efisien karena jika anda tetap dengan jaringan iklan utama seperti google adsense maka penghasilan anda cukup baik.

Meskipun dengan keunggulan tadi saya masih sering mendengar mengenai keluhan blogger, dimana sang blogger mendapatkan penghasilan yang kurang memenuhi ekpektasi/harapan dia. Kadang kala masalah tersebut bersumber dari website/blog nya. Masalah bisa berupa jumlah pengunjung yang kurang tinggi, atau traffiknya rendah. Jika Traffik ternyata sudah tinggi masalah lain yang kadang timbul adalah, kurang baiknya pengaturan iklan dalam website atau blog tersebut.

Jika anda berada pada situasi yang sama, maka saya akan berikan 3 tips untuk memaksimalkan pendapatan iklan melalui web atau blog anda:

1. Berekperimenlah dengan iklan teks.

Kebanyakan blogger atau pemilik website biasanya sangat bergantung pada iklan banner atau adsense untuk iklan di blog/web mereka. Sebenarnya ada 1 jenis iklan yang sangat bagus untuk diterapkan selain adsense atau banner, iklan yang diselipkan dalam konten atau isi post berupa teks link.

Iklan ini sangat efektiv untuk diterapkan di dalam konten asalkan iklan teks tersebut sesuai dengan isi konten secara keseluruhan. Jadi pengunjung yang tidak melihat adsense yang ada di blog bisa melihat iklan yang ada di teks anda, begitupun sebaliknya.

Jika anda berniat berekperimen dengan jenis iklan ini, anda bisa langsung menuju web untuk penjualan link dalam teks di infolinks.com . Web ini biasanya mempertemukan antara pembeli dan penjual links di dalam satu market.

Tetapi untuk melakukan iklan teks ini anda harus berhati-hati, usahakan iklan teks dengan konteks isi post yang akan diselipkan iklan ini harus satu niche. Mengenai hal ini untuk lebih jelasnya anda dapat membaca post saya "Praktek SEO buruk yang tidak boleh dilakukan"

2. Manfaatkan sumber daya yang anda punya.

Menguangkan blog merupakan permainan angka. Semakin banyak banner iklan terlihat maka semakin besar juga kesempatan pemilik blog untuk memperoleh penghasilan. Jika anda benar-benar ingin mendapatkan hasil yang maksimal dari blog anda maka gunakan juga sepenuhnya seluruh pages/halaman dalam blog anda sebagai tempat iklan. Tetapi tentunya dengan memenuhi standar etika pemasangan banner.
 
Beberapa kasus saya sering melihat sebuah blog hanya memasang 1 banner besar di samping halaman pertama nya, dengan tidak ada banner terlihat di pages lain. Sangat sayank untuk sebuah blog dengan traffik yang tinggi.

3. Gunakan slot untuk banner iklan mandiri.

Beriklan dengan perusahaan yang sudah lama berdiri seperti google adsense mungkin menyenangkan. Anda sudah bisa mulai menghasilkan uang dari hari pertama ,banner anda pasang dan andapun tidak perlu repot-repot bertemu dengan sang pemasang iklan untuk memasang iklan di blog.

Akan tetapi ada beberapa customer (pemasang iklan) yang terkadang lebih suka untuk mengontak pemilik blog secara personal karena dengan cara itu dirasa akan lebih fleksibel, selain mengatur tempat untuk slot iklan, mereka juga bisa membicarakan mengenai desain iklan yang paling sesuai menurut mereka.

Jadi tidak ada salah nya jika pemilik blog memberikan satu atau dua slot untuk iklan jenis seperti ini.
Karena selain customer akan lebih senang, tentunya pendapatan pun bisa di tentukan hari pertama sejak banner dipasang.

4. Uji coba terus letak slot iklan untuk hasil terbaik

 Akan banyak pengunjung datang ke blog anda, dan penempatan iklan akan sangat berpengaruh dalam meraup penghasilan optimal. Anda bisa meletakkan banner dibawah atau diatas, disamping kanan atau kiri, anda bisa mengatur warnanya gelap atau terang dan semua itu tentunya akan berpengaruh.

Jadi lakukan ujicoba untuk kesemuanya dan anda akan bisa menentukan posisi mana yang paling optimal meraih pendapatan. Atau anda juga bisa mengecek melalui www.optimizely.com


      

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.