Pages

Tuesday, December 8, 2015

4 Strategi sederhana untuk meningkatkan traffik blog anda

Satu hal paling umum yang sering dikeluhkan oleh para blogger baru adalah susahnya untuk meraih traffik pengunjung tinggi ke blog mereka, tak perduli seberapa besar mereka berusaha tetapi tetap saja traffik blog tidak lebih dari 100 perhari. Hal-hal ini memang saya rasa wajar, karena pada saat awal membangun sebuah blog merupakan hal yang paling sulit, karena akan penuh dengan kerja keras tanpa tau pasti bakal hasilnya seperti apa.

Jika anda punya masalah yang sama maka ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan traffik anda lebih dari 1000 pageviews. Bahkan strategi ini bisa juga berguna buat anda yang telah memiliki blog lebih dari 1000 pageviews.

Inti dari strategi ini adalah anda harus benar-benar melaksanakan 4 langkah yang akan kita bahas nanti. Dan ingat, lakukan secara terencana dan konsisten. Sediakan waktu setidak nya 2.5 jam sehari untuk fokus blogging.

Langkah pertama : Artikel Utama (1 jam setiap hari)

Artikel utama ini biasanya di sebut juga sebagai Killer article, tiang artikel dll. Merupakan artikel yang benar-benar terencana dan memuat berbagai macam informasi penting yang sangat berguna bagi pembaca blog anda.
luangkan waktu setidaknya 1 jam sehari untuk melakukan brainstorming, survei, dan searching mengenai hal-hal yang akan anda buat artikelnya.

Anda harus memiliki tujuan untuk menghasilkan artikel utama ini setidaknya 1 artikel per minggu, jika dirasa terlalu berat mungkin bisa anda buat 1 artikel per 15 hari. Tetapi jika dirasa anda bisa melakukannya, akan lebih bagus jika artikel utama ini dibuat per 5-10 jam kerja.

Bagi yang belum tahu, artikel utama berarti sebuah artikel yang panjang dan terstruktur yang mempunyai tujuan untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah yang sangat besar. Sebagai contoh jika anda memiliki blog tentang web design anda harus membuat sebuah artikel utama dengan judul "100 free resources for designers" sebagai artikel utamanya, berikut beberapa hal penting yang harus anda perhatikan tentang artikel utama:
  • Berisi daftar/list yang banyak dari berbagai sumber tentang sesuatu hal.
  • Buat panduan untuk melakukan sesuatu hal dengan secara mendetail
  • Cari solusi dari sebuah masalah umum yang sesuai dengan niche mu dan tulis tentang itu.
  • Tulis dengan analisis secara mendalam tentang masalah-masalah umum yang sedang terjadi.
Pada saat seorang pengunjung datang ke blog anda, kemungkinan mereka akan berkata "Wow , ini keren banget. Bagusnya saya bookmark aja nih" atau "Oh, info penting nih...gw share ke temen-temen ah" biasanya lewat facebook atau twitter.


Langkah kedua : Networking (30 menit sehari)


Networking merupakan hal yang sangat penting, apalagi jika blog anda masih terhitung sebagai blog yang baru. Ambil 30 menit dari waktu anda sehari untuk melakukan networking dengan cara sebagai berikut:
  • Beri komentar pada blog yang memiliki 1 niche dengan blog anda.
  • Beri tautan ke post blog yang memiliki 1 niche dengan blog anda.
  • Interaksi dengan sesama blogger yang memiliki niche sama, lewat IM, facebook atau twitter.
Ingat, anda membangun sebuah relasi yang original. Jadi jangan pernah meminta mereka untuk mempromosikan blog anda. Anda memiliki relasi dengan mereka karena anda respek terhadap hasil karya mereka. Untuk masalah traffik , jangan khawatirkan masalah itu karena akan datang sendiri jika relasi anda sudah terjalin.


Langkah ketiga: Promosi (30 menit sehari)

Langkah pertama setelah anda mempublish Artikel utama adalah melakukan promosi segencar-gencarnya.
contohnya ada lah sbb:
  • Beritahu orang lain yang berada dalam networkmu tentang artikel utama mu yang baru.
  • Beritahu teman-teman blogger yang memiliki satu niche dengan anda.
  • Biarkan temanmu untuk submit ke dalam social bookmarking
  • Biarkan temanmu untuk men share artikel kedalam sosial media yang mereka punya.
  • Posting artikel ini di forum online atau newsgroup.
Jika masih ada waktu tersisa maksimalkan dengan mensubmit ke mesin pencari terkenal seperti yahoo, google dan bing.

Langkah keempat: Buat postingan biasa (30 menit sehari)

Sebuah blog tidak bisa berdiri hanya dengan beberapa artikel utama saja, harus ada beberapa post biasa yang secara rutin di publish setiap harinya. Sebagai contoh seorang blogger dapat mempublish sebuah artikel utama setiap hari minggu, dan artikel biasa setiap Senin-Sabtu. Berikut beberapa ide untuk postingan biasa:
  • Sebuah postingan tentang postingan orang lain yang 1 niche, dan pendapat anda mengenai hal tersebut.
  • postingan yang berisi berita tentang niche blog anda.
  • sebuah post yang berisi tentang sebuah pertanyaan, dan biarkan itu menjadi diskusi di comment postingan anda
  • postingan yang berisi trik-trik baru tentang sesuatu hal dan bermanfaat untuk si pembaca.



0 comments:

Post a Comment