Header Ads

20 istilah dalam SEO yang wajib diketahui blogger



Tips Blog Indonesia - Jika anda memiliki sebuah blog atau website, atau setidaknya jika anda bekerja di bidang yang berhubungan dengan internet. maka anda harus mengetahui paling tidak sedikit tentang hal yang biasanya disebut SEO (Search Engine Optimization). Di artikel ini saya akan berikan istilah-istilah yang berkaitan dengan SEO, dibawah akan saya jabar kan 20 diantaranya. (Untuk anda yang sudah mengetahui tentang SEO anggap ini sebagai artikel penyegaran).


1. SEM (Search Engine Marketing)
Search engine marketing adalah cara memasarkan blog atau produk di internet melalui mesin pencari. Ada 2 hal yang menjadi dasar SEM ini, diantaranya adalah SEO dan PPC. SEO (Search Engine Optimization) adalah memasarkan dengan mengoptimalkan blog atau artikel di dalam blog agar memperoleh peringkat teratas di mesin pencari. PPC (pay per click) adalah cara memasarkan blog atau produk di internet dengan membeli klik melalui jasa mesin pencari seperti adwords atau biasa kita sebut dengan beriklan.


2. Backlink
Biasa disebut inlink atau hyperlink adalah sebuat link yang mengarah ke website lain. Dan backlink adalah link yang berada di website atau blog lain yang mengarah ke blog anda. Semakin banyak backlink yang anda punya, semakin baik blog anda di mata mesin pencari. Karena akan meningkatkan pagerank.blog.


3. Pagerank
Pagerank adalah sebuah indikator kepopuleran sebuah blog. Dan yang menentukan Pagerank adalah algoritma google yang sistem kerjanya adalah menilai seberapa pentingnya semua halaman di semua situs yang ada di dunia. Semakin banyak link yang mengarah ke sebuah halaman web menandakan pentingnya web/blog tersebut. Dan ini akan menaikkan peringkat di mesin pencari.

4. Linkbait
Sebuah web yang bertujuan untuk menarik backlink sebanyak mungkin. Bisa berbentuk artikel,foto atau video. Sebagai contoh jenis web ini adalah social bookmarking seperti digg, stumbleupon dan kalau di indonesia seperti socialbookmarkindonesia.com

5. Linkfarming
Sebuah web yang tidak berisi artikel, hanya link-link yang terdiri dari keyword.Biasanya tujuannya adalah menaikkan pagerank web/blog yang ada di web seperti ini. Sebelum algoritma google yang baru saya seringkali melihat web/blog seperti ini, tapi kalau untuk sekarang sepertinya sudah tidak ada. Karena algoritma google yang baru ini memang sedikit lebih galak daripada sebelumnya karena praktek seperti ini akan dianggap sebagai spam.

6. Anchor Text
Biasa disebut teks jangkar, teks jangkar ini adalah teks yang dapat di klik dan berada di dalam artikel. Sebagai contoh kata Tips Blog , kata tersebut memiliki anchor text Tips blog namun jika di klik akan mengarang kepada blog uangkanblog.blogspot.co.id , ini berfungsi agar mesin pencari mengenal blog uangkanblog.blogspot.co.id dengan kata Tips blog.

7. NoFollow
No Follow merupakan atribut yang dipasang oleh sang empunya blog atau website untuk memberi sinyal pada google, bahwa link yang berada di blog mereka tidak mengarah ke link yang tertera. Dengan adanya atribut ini maka google tidak akan menganggap link yang berada dalam blog ini sehingga tidak menaikkan nilai pagerank dari blog yang tertera di link.

8. Link Sculpting
Link Sculpting adalah praktek yang biasanya di lakukan oleh blogger untuk menyalurkan pagerank sebuah halaman ke halaman yang lain, sehingga membuat halaman lain terdongkrak Page ranknya.Cara ini dilakukan dengan cara memasukkan komentar di halaman yang memiliki pagerank tinggi dan memberi link yang mengarah ke halaman lain. Praktek ini biasanya dilakukan dulu sebelum algoritma terbaru google. Untuk sekarang metode ini sudah tidak terlalu berpengaruh lagi.

9. Title Tag
Artinya secara umum adalah judul artikel. Memberi Title Tag yang mengandung kata kunci artikel akan sangat membantu mesin pencari untuk melacak artikel ini, dan tentu saja juga akan membantu meningkatkan peringkat artikel di mesin pencari.

10. Meta Tag
Meta tag merupakan deskripsi lengkap tentang blog anda yang biasanya anda buat dan diletakkan di html code layout di bagian . Deskripsi ini biasanya tidak dapat dilihat oleh pembaca, dan hanya dapat di lihat oleh robot.txt.

11. Search Algorithm
Algoritma pencarian merupakan algoritma yang digunakan google untuk menemukan pencarian yang paling relevan dengan kata pencarian. Ada sekitar 200 faktor yang di gunakan algoritma google untuk menentukan urutan pencarian mulai dari pagerank, kualitas artikel, umur domain, meta tag dll.

12. SERP (Search Engine Result Page)
SERP adalah hasil dari pencarian yang didapatkan setelah memasukkan kata pencarian ke mesin pencari. Jumlah traffik yang di dapat halaman blog tergantung pada peringkat web/halaman blog di mesin pencari.

13. Sandbox
Sandbox ini adalah momok bagi semua pemilik web/blog. Karena jika dikatakan sudah masuk sandbox brarti tidak satupun halaman blog tersebut akan dapat di cari di mesin pencari. Sebuah blog biasanya masuk sandbox karena ada beberapa hal ilegal yang di lakukan oleh blog tersebut, bisa karena kecurangan dalam memanfaat kan algoritma google atau karena suatu tindakan yang berlawanan dengan tata tertib google.

14. Keyword density
untuk menghitung keyword density cukup dengan menghitung keyword yang muncul dalam satu artikel blog. Keyword density akan sangat besar pengaruhnya untuk menghitung nilai SEO blog.

15. Keyword Stuffing
Sejak keyword density dijadikan faktor oleh google untuk menentukan nilai sebuah blog, maka kemudian kebanyakan pemilik blog dengan sengaja memperbanyak keyword yang mereka inginkan dalam halaman blog mereka. Ini adalah praktek yang berbahaya dan bisa membahayakan umur blog anda.

16. Cloaking
Cloaking adalah membuat sebuah artikel dengan judul yang sama dengan apa yang di masukkan di mesin pencari, namun berbeda pada saat kontennya dibaca. Biasanya ini di lakukan untuk mendapatkan peringkat atas kata kunci tertentu dan link ke blog yang menjual barang-barang yang tidak berhubungan dengan kata kunci yang dicari. Ini akan dianggap spam oleh google dan akan di masukkan ke dalam sandbox.

17. Web Crawler
Ini adalah perangkat milik mesin pencari yang digunakan untuk menelusuri web yang ada dan menemukan link baru dalam blog yang di kunjungi. Ini adalah langkah pertama google dalam proses index.

18. Duplicate content.
Duplikat konten adalah konten dalam artikel yang memiliki kemiripan identik dengan halaman lain dalam mesin pencari. Hindari adanya duplikat konten dalam blog anda, karena berbahaya untuk blog anda.

19. Canonical URL
Canonicalization adalah proses untuk mengkonversi data yang memiliki lebih dari satu representasi yang mungkin menjadi representasi "standar" kanonik. Sebuah URL kanonik, adalah URL standar untuk mengakses halaman tertentu dalam situs Anda. Sebagai contoh, versi kanonik dari domain Anda mungkin http://www.domain.com bukan http://domain.com.

20. Robots.txt
Ini adalah sebuah file yang berguna untuk menyusuri blog dan menginformasikannya ke dalam algoritma mesin pencari. Biasanya para pemilik blog bisa melakukan blocking agar robots.txt tidak bisa masuk ke dalam bagian blog yang dilarang oleh sang pemilik.


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.